1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Perlakuan Terhadap Anak Adopsi

 

1030590 35899993 Copy

[AkhirZaman.org] Ketika mencapai usia remaja, banyak anak adopsi tampak memiliki lebih banyak masalah daripada yang seharusnya. Beberapa dari mereka bisa secara tiba-tiba berbalik menentang orang-orang yang menyelamatkan mereka beberapa tahun lalu, yaitu keluarga yang mengadopsi mereka. Mengapa demikian?

Kesadaran diri mulai tumbuh pada awal-awal masa remaja, maka anak-anak angkat mulai bergumul dengan pertanyaan "siapa" yang mengadopsi mereka saat ini dan "mengapa" -- bahkan, demikian juga anak-anak yang diangkat sejak lahir. Perasaan terbuang terhadap ibu kandung mereka dapat muncul ke permukaan dan menambah kesan emosi remaja, yang digerakkan oleh pencarian jati diri, rasa dimiliki, dan kebenaran dalam hidup mereka.

Banyak anak angkat mempertanyakan identitas mereka yang sebenarnya selama masa remaja. Bagi orang tua angkat yang malu memiliki anak angkat, anak-anak remaja mereka mungkin akan menunjukkan kurangnya penghargaan yang besar dan mengejutkan, dan bahkan kebencian sesaat terhadap orang tua mereka. Jadi, pertanyaan jelas dari orang tua demikian ini adalah "Kesalahan apa yang sudah kami lakukan?" Jawaban saya kepada mereka dalam kebanyakan kasus adalah bahwa mereka tidak melakukan kesalahan apa pun.

Seperti setiap remaja, anak-anak angkat pun berusaha menemukan identitas mereka dan menerima diri mereka sendiri sebagaimana adanya. Mereka berusaha merasa nyaman dalam hidup mereka sendiri. Namun, anak-anak remaja yang diadopsi semakin terbeban untuk mencari tahu, "Mengapa ibu kandungku membuangku? Seperti apakah ibuku? Apa yang sebenarnya terjadi pada ibuku saat itu? Siapakah sebenarnya aku ini? Apakah ada sesuatu dalam diriku yang tidak bisa ia terima? Siapa dan di mana keluarga biologisku? Apakah aku mirip dengan ayahku? Apakah aku memiliki saudara kandung?"

Daftar pertanyaan di atas, ditambah dengan kebutuhan yang sangat besar akan rasa dimiliki, keingintahuan akan asal-usul, dan perasaan menjadi anak yang berbeda, dapat menjerumuskan anak ini ke dalam dunia yang penuh dengan perilaku yang tidak baik. Bahkan, pertanyaan-pertanyaan yang dipikirkan oleh anak ini akan semakin kompleks meskipun mereka dibesarkan dengan kasih sayang dan dukungan yang besar dari orang tua angkat mereka.

Beberapa alasan lain mengapa anak-anak adopsi bergumul dengan kenyataan:

1.    Kehamilan yang Berisiko Tinggi

Beberapa anak adopsi terlahir dari kehamilan yang berisiko tinggi karena si ibu bermasalah dengan kecanduan alkohol atau obat terlarang, mengalami gizi buruk pramelahirkan, atau mungkin kurangnya peralatan medis yang memadai. Masalah-masalah tersebut mungkin tidak diketahui oleh keluarga yang mengadopsinya, atau bahkan oleh agen adopsi. Bahkan, jika mereka mengetahuinya, semua masalah itu sering kali diabaikan atau benar-benar dilupakan begitu anak adopsi tersebut tinggal di rumah. Akibat dari kehamilan berisiko tinggi adalah adanya kemungkinan anak memiliki perilaku hiperaktif (Attention Deficit Hyperactive Disorder/ADHD), ketidaknormalan secara psikis atau emosi, atau tindakan spontan yang ekstrem dan emosi yang labil. Efek-efek kehamilan berisiko tinggi ini biasanya tidak langsung muncul, namun akan semakin terlihat jelas seiring berjalannya waktu, dan mungkin akan mencapai titik klimaks.

2.    Rasa Ingin Tahu yang Berkepanjangan

Anak-anak angkat juga bergumul dengan berandai-andai, alangkah bedanya hidup ini seandainya mereka tidak "dibuang" oleh orang tua kandung mereka. Berbagai pertanyaan berputar-putar di benak mereka, seperti "Siapa namaku sebenarnya? Gen apa yang akan saya turunkan kepada anak-anak saya, yang tidak saya ketahui? Di mana kedua orang tuaku saat ini? Bagaimana hidup saya akan berbeda jika seandainya orang tua sayalah yang merawat saya? Bagaimana kehadiran saya di keluarga yang mengadopsi saya memengaruhi anak-anak biologis mereka, apakah kehadiran saya mengganggu keluarga ini?"

3.    Perayaan-Perayaan Tertentu Bisa Memicu Perilaku yang Sulit

Jika anak adopsi merasa begitu kehilangan identitas, maka orang tua angkat perlu memahami bahwa peringatan hari-hari tertentu seperti Hari Ibu, Hari Ayah, hari ulang tahun, atau perayaan-perayaan lain seperti penyerahan anak atau pembaptisan yang terbukti cukup sulit dilakukan. Perayaan-perayaan ini dapat memicu ledakan emosi ataupun perilaku sulit lainnya.

4.    Apa yang Dapat Dilakukan oleh Orang Tua Angkat?

Perlu diingat bahwa tidak salah bagi remaja angkat jika bergumul dengan semua masalah tersebut, ataupun untuk meminta orang tua untuk tidak melakukan kesalahan yang mengakibatkan masalah perilaku pada remaja. Begitulah hidup. Sebaliknya, orang tua dapat melihat hal itu sebagai sebuah kesempatan untuk menanggapi seperti Kristus; tidak egois, seperti yang mereka lakukan saat menandatangani kesepakatan di agen adopsi dan membawa anak adopsi ke rumah.

983338 44707458 Copy

“Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah. Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Dia.”
1 Yohanes 3:1

Saya percaya bahwa Allah adalah otoritas tertinggi dalam adopsi. Dia menempatkan anak-anak dengan orang tua untuk alasan tertentu. Allah mungkin telah memberikan seorang anak kepada Anda karena Dia tahu, bahwa anak tersebut akan membutuhkan Anda dalam pergumulan semacam itu. Jadi, yakinlah bahwa Dia juga siap membantu Anda mengatasinya. Dan, sama seperti Dia, Bapa surgawi kita, yang telah memulihkan kita; demikianlah kita seharusnya mengasihi, mengasuh, dan memulihkan anak adopsi melalui kasih dan pengertian.

“Tetapi bagian TUHAN ialah umat-Nya, Yakub ialah milik yang ditetapkan bagi-Nya. Didapati-Nya dia di suatu negeri, di padang gurun, di tengah-tengah ketandusan dan auman padang belantara. Dikelilingi-Nya dia dan diawasi-Nya, dijaga-Nya sebagai biji mata-Nya.”
Ulangan 32:9-10

Hanya dengan mengetahui bahwa perilaku sulit bukanlah sesuatu yang tidak biasa bagi anak adopsi selama masa remaja, maka orang tua akan tertolong untuk menghadapinya dengan benar. Jangan tersinggung! Ini bukan sebuah tamparan (meskipun Anda mungkin merasa tertempelak). Ini bukan pemberontakan remaja (meskipun bisa juga tercampur di dalamnya). Ini tidak berarti bahwa mereka tidak menghargai atau mengasihi Anda. Ini adalah sesuatu yang hanya dapat dipahami sepenuhnya oleh mereka, dan peran Anda adalah untuk terus mengasihi mereka selama menjadi orang tua mereka. Sebaliknya, jika kita meninggalkan peran itu atau berusaha "memperbaiki" masalah dengan "cara-cara tertentu" atau mengelak darinya, itu hanya akan menambah kebingungan anak adopsi remaja.

Lebih dari semua, yang dibutuhkan anak adopsi Anda adalah stabilitas keadaan di rumah, pengertian, dan waktu untuk menyelesaikan masalah-masalah ini, ditambah dengan kasih dan dukungan Anda. Mereka memerlukan Anda tetap teguh, sementara dunia mereka terbalik. Dan, yang terutama dari semua itu, saya percaya bahwa sidik jari Allah ada pada kehidupan setiap anak, termasuk pada setiap anak adopsi. Pemulihan berasal dari pengetahuan tentang berbagai tantangan unik si anak adopsi pada masa-masa remaja, dan itu akan menimbulkan perbedaan dalam respons kita.

“Mari, hai kamu yang diberkati oleh Bapa-Ku, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan. Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawat Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku… Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.” Matius 25:34-36,40

Artikel Terkait:

1. METODE MENGAJAR ANAK (2)

Metode

"Katakan Itu dengan Sederhana; Seringlah Katakan Itu." [AkhirZaman.org] Mereka yang mengajar anak anak harus menjauhkan diri dari pembicaraan yang membosankan. Kata kata yang singkat dan langsung kepada tujuannya akan memberikan suatu pengaruh yang menggembirakan. Jikalau ada banyak hal yang harus dikatakan, berikan itu dengan singkat tetapi ...
1443 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. METODE MENGAJAR ANAK (1)

Metode

Pemerintahan Orang Tua Harus Menjadi Suatu Bahan Pelajaran. [AkhirZaman.org] Pekerjaan orang tua jarang dilaksanakan sebagaimana mestinya.... Para orang tua, sudahkah engkau mempelajari pemerintahan orang tua agar engkau dapat dengan bijaksana mendidik kemauan dan perasaan anak anakmu? Ajarlah ranting ranting yang masih muda ini untuk bergant...
1445 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. APAKAH PASANGAN ANDA TIDAK NORMAL?

Apakah

[AkhirZaman.org] Setiap orang membawa perbedaan, baik latar belakang atau juga tingkat ekspektasi yang berbeda dalam satu perkawinan. Berikut adalah cara bagaimana membangun satu keadaan baru yang “normal.” Sementara anda berbaring di dalam kamar yang hangat, dan hendak melayang kedalam mimpi, tiba- tiba istri anda datang dengan rasa ketakutan...
1448 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. ANAK ANDA KHAWATIR

Anak

[AkhirZaman.org] Anak-anak tidak bertanggung jawab membayar angsuran bulanan, memasak, bekerja mencari uang. Tetapi seperti orang dewasa, mereka memiliki kekhawatiran tersendiri. Biasanya mereka khawatir tentang nilai di sekolah, ujian- ujian, serta perubahan bentuk fisik, serta target yang tidak tercapai serta hal kecil lainnya. Secara alamiah, ma...
1451 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. 10 CARA HINDARI SI KECIL DARI STRESS

10

[AkhirZaman.org] Semakin bertambahnya usia si kecil, beban sekolah yang dia hadapi juga semakin besar. Bagaimana tidak, menyeimbangkan antara tugas sekolah, pekerjaan rumah, ujian, kegiatan ekstrakurikuler, les, hingga pergaulan dengan teman-teman bukanlah hal yang mudah dilakukan anak. Itulah mengapa, anak-anak mungkin tak luput dari stres. ...
1459 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. TAK TERGANTIKAN [PENTINGNYA FIGUR SEORANG AYAH BAGI ANAK-ANA

TAK

[AkhirZaman.org] Di Amerika Serikat, setiap tahunnya sekitar 28% penduduknya mengalami gangguan mental, termasuk di antaranya tujuh juta anak-anak serta remaja dan 15% hingga 25% di antaranya adalah orang tua yang berusia 65 tahun ke atas. Lebih lanjut, kira-kira 30.000 orang mengakhiri hidup mereka setiap tahunnya. berita yang dipublikasikan ole...
1545 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. MEMBENTUK KARAKTER-KARAKTER AGUNG PADA ANAK - TEKUN DAN TABA

Membentuk

[AkhirZaman.org] Kepuasan dalam Tugas yang Diselesaikan. Anak‑anak sering memulai suatu macam pekerjaan dengan penuh semangat; tetapi, oleh karena merasa susah dan jemu dengan itu, mereka ingin menukar dan mengerjakan sesuatu yang baru. Dengan demikian mereka mengerjakan beberapa macam pekerjaan, kemudian menghadapi sedikit kekecewaan dan menin...
1670 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. SALURAN BERKAT DAN TERANG

Saluran

[AkhirZaman.org] Kita adalah saluran saluran yang sudah disucikan, untuk menyalurkan hidup surgawi kepada orang lain. Roh Kudus akan menghidupkan dan menguasai seluruh jemaat, menyucikan dan mempererat hati dengan hati. Testimonies Jld. 9, hal. 20. Sebagai misionaris bagi Kristus, setiap pengikut Nya mempunyai pekerjaan untuk dilakukan di dalam ...
1680 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. KEBAHAGIAAN KELUARGA DAN MURAH HATI

Kebahagiaan

    [AkhirZaman.org] Sesungguhnya ada keterkaitan yang erat antara kebahagiaan rumah tangga dan sikap murah hati. Keluarga yang bahagia adalah keluarga yang murah hati. Tidak ada keluarga yang bahagia bila anggotanya bersikap kikir terhadap satu sama lain. Jadi, bila kita ingin membangun keluarga yang bahagia, bersikaplah murah hat...
1684 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. PENDIDIKAN PENATALAYANAN BAGI ANAK-ANAK ANDA

PENDIDIKAN

(Ayat-ayat: 3 Yohanes 1:4; Bilangan 6:5-9; Amsal 29:15; 22:6) Tuhan telah memberikan kepada setiap anak sebuah penatalayanan. CG 248. [AkhirZaman.org] LINGKARAN KELUARGA—Lingkaran keluarga adalah sebuah sekolah dalam mana anak menerima pelajaran yang pertama dan yang menentukan. Sejak saat itu orang tua harus lebih sering berada di rumah. Mel...
1695 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
[RH] DIRI HARUS MATI
Dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa...
Read More...
IMAGE
[RH] PANDANG TERUS KE ATA...
Karena kita mempunyai banyak saksi bagaikan awan yang mengelilingi kita,...
Read More...
IMAGE
[RH] KEHIDUPAN YANG SENAN...
Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki...
Read More...
IMAGE
BERANI DI DALAM TUHAN
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang...
Read More...
IMAGE
HRW (Human Rights Watch) ...
[AkhirZaman.org] Catatan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tentang...
Read More...
IMAGE
Badai Terjang Belanda, Pe...
[AkhirZaman.org] Tiga orang tewas di Belanda, kemarin, akibat badai yang juga...
Read More...
IMAGE
Bill Gates Lunasi Utang N...
[AkhirZaman.org] Miliarder Amerika Serikat (AS) Bill Gates kembali menunjukkan...
Read More...
IMAGE
Tidak Menggunakan Nama Re...
[AkhirZaman.org] Korea Utara (Korut) menyebut tingkah laku Amerika Serikat (AS)...
Read More...
IMAGE
Trump Tuding Rusia Bantu ...
[AkhirZaman.org] Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menuding Rusia...
Read More...
IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
Jenis-jenis Penyakit dan ...
Adenoids (Membesarnya hulu kerongkongan ) [AkhirZaman.org] Adenoids terdiri...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...

Data Kunjungan

017230730
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
13615
4822
78215
81804
224038
16583202
17230730

IP Anda: 54.234.0.2
Tanggal: 2018-01-19 16:20:08

Online Saat Ini

We have 300 guests and no members online