1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

BAGAIMANA SAYA MENGATASI MASALAH? Belajar Tentang Menang Dari Raja Yosafat

akhir zaman

[AkhirZaman.org] Secara manusia terkadang kita merasa tidak sanggup dalam mengatasi setiap permasalahan yang datang mendera kehidupan kita, sering terlontar dari bibir kita, bahkan karena semakin merasa tidak sanggup lagi, jalan keluar terbaik ialah lari dari masalah itu sendiri ataupun bertindak nekat tanpa mau menyelesaikan permasalahan itu sendiri. Mari lihat petunjuk dari Firman Tuhan melalui Pengalaman Raja Yehuda yaitu Yosafat dalam 2 Taw 20:1-25. Perhatikan prinsip-prinsip dibawah ini!

Prinsip pertama: Kenali Musuhmu!

2 Tawarikh 20:1,2 Setelah itu bani Moab dan bani Amon datang berperang melawan Yosafat bersama-sama sepasukan orang Meunim. Datanglah orang memberitahukan Yosafat: "Suatu laskar yang besar datang dari seberang Laut Asin, dari Edom, menyerang tuanku. Sekarang mereka di Hazezon-Tamar," yakni En-Gedi.

Sering kita berpikir musuh itu ada di luar diri kita padahal sangat sering musuh itu adalah: sikap kita sendiri. Apa yang terjadi pada kita (situasi) tidak lebih hebat daripada apa yang terjadi di dalam kita (tanggapan kita terhadap situasi itu).

Apa Reaksi Yosafat? 2 Tawarikh 20:3 Yosafat menjadi takut. Ia takut karena menghadapi suatu situasi yang kelihatannya tidak ada harapan.

Prinsip Kedua: Bawalah Kepada Tuhan Dalam Doa!

2 Tawarikh 20:3,4 ” ......lalu mengambil keputusan untuk mencari TUHAN. Ia menyerukan kepada seluruh Yehuda supaya berpuasa. Dan Yehuda berkumpul untuk meminta pertolongan dari pada TUHAN. Mereka datang dari semua kota di Yehuda untuk mencari TUHAN.

Doa adalah senjata pertama kita yang kita dapat gunakan pada saat kita menghadapi masalah kehidupan, dan bukan yang terakhir.

Raja Yosafat memimpin doa. Dalam (6-12) ”Dan berkata: "Ya TUHAN, Allah nenek moyang kami, bukankah Engkau Allah di dalam sorga? Bukankah Engkau memerintah atas segenap kerajaan bangsa? Kuasa dan keperkasaan ada di dalam tangan-Mu, sehingga tidak ada orang yang dapat bertahan melawan Engkau. Bukankah Engkau Allah kami yang menghalau penduduk tanah ini dari depan umat-Mu Israel, dan memberikannya kepada keturunan Abraham, sahabat-Mu itu, untuk selama-lamanya? Lalu mereka mendiami tanah itu, dan mendirikan bagi-Mu tempat kudus untuk nama-Mu. Kata mereka: Bila sesuatu malapetaka menimpa kami, yakni pedang, penghukuman, penyakit sampar atau kelaparan, kami akan berdiri di muka rumah ini, di hadapan-Mu, karena nama-Mu tinggal di dalam rumah ini. Dan kami akan berseru kepada-Mu di dalam kesesakan kami, sampai Engkau mendengar dan menyelamatkan kami. Sekarang, lihatlah, bani Amon dan Moab, dan orang-orang dari pegunungan Seir ini! Ketika orang Israel datang dari tanah Mesir, Engkau melarang mereka memasuki negerinya. Oleh sebab itu mereka menjauhinya dan tidak memusnahkannya. Lihatlah, sebagai pembalasan mereka datang mengusir kami dari tanah milik yang telah Engkau wariskan kepada kami. Ya Allah kami, tidakkah Engkau akan menghukum mereka? Karena kami tidak mempunyai kekuatan untuk menghadapi laskar yang besar ini, yang datang menyerang kami. Kami tidak tahu apa yang harus kami lakukan, tetapi mata kami tertuju kepada-Mu."

Prinsip ketiga : Akui Keterbatasan dan Kelemahanmu!

Pada saat kita minta pertolongan Tuhan, itu berarti kita mengakui kelemahan dan keterbatasan kita. Hidup kristiani adalah kehidupan supranatural dan kita butuh kuasa Tuhan untuk kehidupan itu. Hidup kristiani, ”Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan Roh Tuhan”

Prinsip keempat: Mengandalkan Sumberdaya Tuhan.

”........Kami tidak tahu apa yang harus kami lakukan, tetapi mata kami tertuju kepada-Mu." 2 Tawarikh 20:12

Tuhan yang sanggup memecahkan masalah kita, karena itu arahkan matamu kepada Dia. Seperti juga pengalaman Pemazmur: “Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung; dari manakah akan datang pertolonganku?  Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi” (maz 121:1,2). Kalau mata kita tetap tertuju kepada Dia kita akan berada di atas situasi-situasi kita.

Prinsip kelima : Tenanglah di Dalam Iman!

Perhatikan jawaban Tuhan atas doa Yosafat: ”Janganlah kamu takut dan terkejut karena laskar yang besar ini, sebab bukan kamu yang akan berperang melainkan Allah.”

Selanjutnya Tuhan berfirman: (20:17)  ”Dalam peperangan ini tidak usah kamu bertempur. Hai Yehuda dan Yerusalem, tinggallah berdiri di tempatmu, dan lihatlah bagaimana TUHAN memberikan kemenangan kepadamu. Janganlah kamu takut dan terkejut. Majulah besok menghadapi mereka, TUHAN akan menyertai kamu."

Prinsip Keenam: Beriman Kepada Tuhan dan Kepada Nabi-Nabinya.

Ketika mereka hendak berangkat, berdirilah Yosafat, dan berkata: "Dengar, hai Yehuda dan penduduk Yerusalem! Percayalah kepada YAHWEH, Tuhanmu, dan kamu akan tetap teguh! Percayalah kepada nabi-nabi-Nya, dan kamu akan berhasil!" (20:20).

Musuh-musuh itu saling membunuh sampai binasa semuanya.

Tuhan menyediakan perlengkapan bagi umat-Nya untuk bertahan terhadap tantangan terberat apapun yang akan dihadapi oleh jemaat-Nya. Dengan Firman Tuhan sebagai jangkar jiwa dan karunia-karunia Roh (1 kor 12) termasuk karunia nubuat (kenabian) di  akhir zaman, umat akan memperoleh penghiburan dan kekuatan di tengah badai yang akan dilepas pada peristiwa-peristiwa akhir menjelang penutupan sejarah dosa.

Prinsip Ketujuh: Berterimakasihlah Kepada Tuhan di Depan Atas Pemberian Kemenangan Untukmu Nanti!

2 Tawarikh 20:21Setelah ia berunding dengan rakyat, ia mengangkat orang-orang yang akan menyanyi nyanyian untuk TUHAN dan memuji TUHAN dalam pakaian kudus yang semarak pada waktu mereka keluar di muka orang-orang bersenjata, sambil berkata: "Nyanyikanlah nyanyian syukur bagi TUHAN, bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya!"

Biduan yang menyanyikan lagu pujian ditempatkan paling depan disusul pasukan bersenjata. Aneh tapi nyata, bukan! Dan Tuhan memberi kemenangan itu. Kemenangan yang luar biasa.

2 Tawarikh 20:25 ”Lalu Yosafat dan orang-orangnya turun untuk menjarah barang-barang mereka. Mereka menemukan banyak ternak, harta milik, pakaian dan barang-barang berharga. Yang mereka rampas itu lebih banyak dari pada yang dapat dibawa. Tiga hari lamanya mereka menjarah barang-barang itu, karena begitu banyaknya.”

James Stewart, (baca kisahnya) seorang remaja anti-kristen namun oleh doa ucapan syukur di depan oleh ibunya utuk pertobatannya, dia kemudian menjadi seorang Kristen, doa ibunya dijawab Tuhan. Ada kuasa di dalam ucapan syukur.

Artikel Terkait:

1. KEPUTUSAN YANG TEPAT DALAM MEMILIH TEMAN HIDUP

KEPUTUSAN

Pernikahan Bahagia atau yang Malang. [AkhirZaman.org] Jika orang yang bermaksud menikah tidak menginginkan kesengsaraan, bayangan kemalangan sesudah nikah, mereka memikirkan soal itu dengan sungguh-sungguh dan tekun.  Kalau langkah ini diambil dengan tidak bijaksana, ini akan menjadi salah satu alat yang efektif untuk meruntuhkan daya guna ...
1833 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. 8 CARA MENYELESAIKAN KONFLIK RUMAH TANGGA

8

[AkhirZaman.org] Konflik dalam rumah tangga tidak terhindarkan. Para suami dan istri melihat bebagai hal secara berbedah, dan pernikahan akan sangat membosankan kalau tidak seperti itu. Tetapi dari perbedaan-perbedaan itu bisa muncul ketidak cocokan, dan dari ketodak cocokan itu timbul konflik yang bisa mengakibatkan rasa frustasi dan amarah yang ...
2021 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. ASI: ANTARA KASIH DAN KEJIWAAN

ASI:

[AkhirZaman.org] Pemberian ASI seorang bayi 4-6 bulan pertama cukup mengembangkan nilai kasih dan pertumbuhan jiwa anak. Pentingnya memberi ASI kepada bayi ialah untuk mencegah timbulnya diare  pada anak yang sepenuhnya masih bergantung pada ibunya. Ada bukti pertumbuhan yang memiliki resiko kematian dan penyakit yang diakibatkan karna infeks...
2072 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. JANGAN SEPELEHKAN DIA

Jangan

[AkhirZaman.org] Sudah dapat dipastikan seorang anak yang sudah dapat berbicara, ia akan banyak melontarkan pertanyaan yang aneh. Dan tidaklah aneh bila pada suatu ketika, anak anda akan mengajukan sederet pertanyaan yang berkaitan dengan sex. Seperti halnya pertanyaan yang lain pertanyaan ini membutuhkan jawaban yang dapat diterima anak anda. Dan...
2099 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. SIAPA CALON SUAMIMU?

Siapa

[AkhirZaman.org] Kalau ada sesuatu pokok pikiran yang harus dipertimbangkan dengan pertimbangan yang tenang dan tidak disertai emosi, itulah pokok pikiran tentang perkawinan. Kalau Kitab Suci begitu diperlukan sebagai penasihat, hal itu harus diadakan sebelum pria dan wanita dipersatukan dalam ikatan seumur hidup.  Kalau mereka biasa berdoa d...
2101 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. SIAPA CALON ISTRIMU?

Siapa

[AkhirZaman.org] “Seorang istri yang berakal budi adalah karunia Tuhan.” “Hati suaminya percaya kepadanya, suaminya tidak kekurangan keuntungan. Ia berbuat baik kepada suaminya dan tidak berbuat jahat, sepanjang umurnya.” “Ia membuka mulutnya dengan hikmat, pengajaran yang lemah lembut ada di lidahnya. Ia mengawasi segala perbuatan ...
2102 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. TUTUP PELUANG UNTUK ORANG KE TIGA

Tutup

[AkhirZaman.org] Hadirnya “The other women” atau orang ketiga, tetap merupakan sebuah ancaman dalam rumah tangga. Tidak sedikit, keluarga yang harmonis menjadi runyam atau lebih dari itu, berantakan sama sekali karenanya.  Isu ini bukan monopoli ‘satu zaman’. Dari zaman dahulu sampai kini isu ini terus ditelaah. Mengapa terjadi adanya...
2120 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. 10 KESALAHAN MENDIDIK ANAK

10

 [AkhirZaman.org] Bila Anda berpikir apakah Anda adalah orang tua yang teladan ? Maka jawaban Anda, pasti tentu saja saya orang tua teladan bagi anak saya. Mana ada sih “Harimau yang memakan anaknya sendiri”, atau mungkin mana mungkin sih kita mencelakakan anak kita sendiri. Orang tua selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi putra...
2163 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. MEMILIH PENDAMPING HIDUP

MEMILIH

[AkhirZaman.org] Tidak ada seorangpun yang hendak menikah ingin sengsara, atau menjalani kehidupan yang malang dalam pernikahan, akan tetapi banyak yang gagal mencegahnya.  Kalau langkah-langkah menujuh pernikahan diambil dengan tidak bijaksana, tidak ada pertimbangan yang tekun dan sungguh-sungguh, maka pernikahan akan menjadi salah satu ala...
2168 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
[RH] DIRI HARUS MATI
Dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa...
Read More...
IMAGE
[RH] PANDANG TERUS KE ATA...
Karena kita mempunyai banyak saksi bagaikan awan yang mengelilingi kita,...
Read More...
IMAGE
[RH] KEHIDUPAN YANG SENAN...
Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki...
Read More...
IMAGE
BERANI DI DALAM TUHAN
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang...
Read More...
IMAGE
HRW (Human Rights Watch) ...
[AkhirZaman.org] Catatan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tentang...
Read More...
IMAGE
Badai Terjang Belanda, Pe...
[AkhirZaman.org] Tiga orang tewas di Belanda, kemarin, akibat badai yang juga...
Read More...
IMAGE
Bill Gates Lunasi Utang N...
[AkhirZaman.org] Miliarder Amerika Serikat (AS) Bill Gates kembali menunjukkan...
Read More...
IMAGE
Tidak Menggunakan Nama Re...
[AkhirZaman.org] Korea Utara (Korut) menyebut tingkah laku Amerika Serikat (AS)...
Read More...
IMAGE
Trump Tuding Rusia Bantu ...
[AkhirZaman.org] Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menuding Rusia...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...
IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
Jenis-jenis Penyakit dan ...
Adenoids (Membesarnya hulu kerongkongan ) [AkhirZaman.org] Adenoids terdiri...
Read More...

Data Kunjungan

017240309
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
3506
19688
87794
81804
233617
16583202
17240309

IP Anda: 54.227.6.156
Tanggal: 2018-01-20 04:14:05

Online Saat Ini

We have 281 guests and no members online