1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

BIMBINGAN ORANGTUA DALAM URUSAN SOSIAL

drink CopyPengaruh Kejahatan hampir Melampaui Batas.
[AkhirZaman.org] Pengaruh kejahatan terhadap anak-anak kita hampir melampaui batas; kejahatan itu akan merusak pikiran mereka dan menuntun mereka terjerumus kepada kebinasaan. Pada waktu masih sangat muda, sebelum tabiat mereka dibentuk dan pertimbangan mereka belum cukup matang, pada saat itulah pikiran anak-anak muda diperdaya atau ditipu si jahat. Sering mereka menyatakan kegemaran mereka untuk bergaul yang terutama membawa suatu pengaruh yang merusak terhadap diri mereka sediri.

Dapatkah suara saya menjangkau para orangtua yang berada di seluruh negeri, saya akan amarkan mereka supaya keinginan-keinginan anak-anak mereka itu tidak diserahkan untuk memilih teman atau mengadakan pergaulan tanpa ada pertimbangan. Hanya sedikit orangtua yang memikirkan bahwa kesan yang merusak itu lebih diterima oleh para pemuda daripada kesan-kesan Ilahi. Olah sebab itu hendaklah pergaulan mereka itu mendukung pertumbuhan dalam kasih karunia dan kebenaran yang dinyatakan dalam firman Allah yang akan dibentuk dalam hati mereka.

Sedapat mungkin biarlah orang muda itu ditempatkan dalam suatu lingkungan yang pengaruhnya berada dalam keadaan yang baik. Karena pergaulan yang mereka pelihara, prinsip-prinsip yang mereka terima, sifat-sifat yang mereka bentuk akan menentukan kegunaan mereka di dunia ini dan di masa yang datang, yaitu kesenangan yang kekal dengan kepastiannya yang sempurna itu. 

Resikonya Kebebasan yang Tanpa Batas.
Hai para orangtua anak-anakmu pria dan wanita itu belum dijaga sebagaimana yang semestinya. Sekali-kali mereka tidak boleh dibiarkan pergi dan datang sesukanya atas kemauan mereka tanpa engkau ketahui dan tidak atas persetujuanmu. Kebebasan yang diberikan kepada anak-anak pada zaman ini membawa akibat kebinasaan terhadap beribu-ribu orang. Betapa banyaknya orang muda yang berkeliaran di jalanan pada waktu malam dan para orangtua merasa puas tanpa mengetahui dengan siapa anak-anak mereka bergaul. Terlalu sering bahwa pengruh teman-teman yang dipilih itu hanya membawa kecenderungan kemerosotan moral.

Di bawah naungan yang gelap anak-anak pria berkumpul dalam kelompok-kelompok untuk mempelajari pelajaran-pelajaran mereka yang pertama ialah bermain kartu, berjudi, merokok dan mencicipi minuman anggur atau minuman bir sedikit demi sedikit. Anak laki-laki dari orangtua yang beragama berani pergi ke warung minuman keras untuk menikmati makanan malam dengan sesuka hatinya, maka dengan demikian menempatkan dirinya ke tempat penggodaan. Suasana tempat-tempat seperti ini dipenuhi dengan hujan dan keonaran. Tiada seorang pun yang dapat bertahan di tempat seperti ini tanpa tergoda untuk menjadi jahat. Dengan pergaulan yang demikian inilah maka para pemuda yang tadinya dapat diandalkan, kini menjadi pemabuk dan penjahat. Kejahatan itu hendaklah dibendung sedini mungkin. Hai para orangtua, sebelum engkau mengetahui lingkungan mereka itu tidak mendatangkan keragu-raguan, jangan izinkan anak-anakmu pergi ke jalanan pada malam hari untuk diajak berolahraga di luar rumah atau mengujungi teman laki-laki lain untuk menikmati hiburan. Jikalau peraturan ini dijalankan dengan ketat, penurutan kepada peraturan itu akan menjadi kebiasaan dan keinginan untuk melanggar akan segera lenyap. 

Para Orang Tua harus Memilih Pergaulan Anak-anaknya.
Para orangtua itu haruslah mengingat bahwa pergaulan dengan mereka yang berakhlak lemah dan bertabiat kasar akan mempunyai pengaruh yang merusak kepada orang-orang muda. Jikalau mereka gagal memilih perkumpulan yang layak bagi anak-anaknya, seandainya mereka biarkan anak-anak itu bergaul dengan orang muda yang diragukan akhlaknya, berarti para orangtua menempatkan mereka, atau mengizinkan mereka untuk menempatkan diri mereka ke dalam sebuah sekolah di mana pelajaran kebejatan moral dipraktekkan. Mungkin mereka merasa bahwa anak-anak mereka cukup kuat untuk menahan pencobaan, tetapi bagaimana mereka mengetahui dengan pasti hal yang demikian? Karena adalah lebih mudah menyerah kepada pengaruh-pengaruh kejahatan daripada melawan penggodaan. Mereka akan menyadari hal itu dengan segera, karena anak-anak mereka akan diilhami dengan roh pergaulan mereka dan mungkin merendahkan martabat atau merusak akhlak mereka. 

Bahaya-bahaya yang dihadapi orang muda makin bertambah besar, sementara mereka dibiarkan saja ke dalam perkumpulan yang besar yang sebaya dengan mereka, karena di sana mereka menemukan tabiat dan kebiasaan-kebiasaan hidup untuk mempengaruhi mereka. Di bawah keadaan yang demikian banyak orangtua cenderung merasa tidak mau tahu dari pada membuat usaha dua kali lipat untuk menjaga dan mengendalikan anak-anak mereka.

Dengan bertekun dalam permintaan doa, ibu dan bapa harusahalah bersatu padu memikul tanggung jawab menuntun anak-anak mereka ke jalan yang benar. Apa pun yang menjadi kealpaan mereka, sekali-kali mereka tidak boleh membiarkan anak-anak mereka bebas mengembara dalam liku-liku dosa. Banyak orangtua membiarkan anak-anak mereka pergi dan melakukan sesuatu atas kemauannya sendiri, menghibur diri sendiri dan memilih pergaulan yang jahat. Dalam pengadilan yang akan diadakan nanti para orangtua yang demikian akan menemukan bahwa anak-anak mereka telah kehilangan surga karena mereka tidak dipelihara di bawah pengendalian peraturan rumah tangga. 

Di Manakah Mereka Bermalam?
Setiap anak pria dan wanita harus diminta pertanggungjawabannya jikalau menghilang dari rumah pada malam hari. Para orangtua harus mengetahui siapa teman anak-anaknya malam itu dan di rumah siapa mereka bermalam. Ada beberapa anak menipu orangtuanya dengan membohongi untuk menutupi kesalahan mereka. 

Rumput-rumput Liar Menguasai Ladang yang Tidak Ditanami.
menasehati CopyTerlalu sering para ibu bapa membiarkan anak-anak mereka untuk memilih bagi diri sendiri hiburan, teman mereka dan pekerjaan mereka sendiri. Sebagai hasilnya, kita akan terima apa yang layak dari perbuatan itu. Dengan ditinggalkannya sebuah ladang tanpa ditanami, maka sebagai akibatnya akan tumbuh unak dan tanaman berduri. Engkau tidak akan pernah melihat sekuntum bunga yang indah atau semak belukar di atas rerumputan liar yang beracun dan yang indah dipandang mata. Rumput-rumput yang tidak berguna akan bertumbuh dengan suburnya tanpa dipelihara atau dihiraukan, sementara tanaman yang berguna, karena dapat dimanfaatkan atau sesuatu yang indah menuntut pemeliharaan yang terus-menerus. Demikianlah dengan orang-orang muda kita. Jikalau kebiasaan-kebiasaan yang benar dibentuk dan prinsip-prinsip yang tidak benar dibuang, adalah pelajaran bermanfaat yang dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Jikalau sifat-sifat yang salah diperbaiki, dituntut ketekunan dan kesabaran untuk melaksanakan tugas itu.

Membiasakan Anak untuk Mempercayai Pendapat Orangtua.
Hai para orangtua, berjaga-jagalah terhadap prinsip-prinsip dan sifat-sifat kehidupan anak-anakmu sama seperti menyayangi biji mata kita. Jangan biarkan mereka bergaul kepada seorang yang belum dikenal tabiatnya. Jangan biarkan dia mengadakan pergaulan yang akrap sebelum engkau tahu dengan pasti bahwa itu tidak akan membahayakan mereka. Biasakan anak-anakmu untuk mempercayai pendapat dan pengalamanmu. Ajarlah mereka bahwa engkau sebagai orangtua mempunyai penglihatan yang lebih jelas tentang tabiat daripada apa yang dapat dialami mereka dan keputusanmu seharusnyalah jangan mereka bantah dan abaikan.

Kendalikan Anak Itu agar Tetap Tabah, Tetapi Baik Hati.
Janganlah para orangtua itu mau menyerah kepada kecenderungan anak-anak mereka. Tetapi haruslah mengikuti jalan yang datar dalam melaksanakan tugas yang digariskan Allah. Kendalikanlah mereka dalam kebaikan, penyangkalan diri dengan kepastian dan ketengasan, namun dengan kasih. Dengan doa yang sungguh-sungguh, dan usaha yang tekun perbaikilah keinginan mereka yang salah, tuntunlah langkah-langkah mereka, jauhkan diri dari keduniaan untuk menuju surga. Anak-anak itu jangalah dibiarkan untuk menyimpang kepada jalan kecenderungan hatinya, dan masuk ke dalam kesempatan yang berbahaya yang terbuka di setiap segi kehidupan, yang akan menuntun mereka jauh dari jalan kebenaran. Bahaya yang paling besar ialah, bahwa banyak orang yang tidak mau mengerti bahaya sifat kurang sabar, tidak mau menerima amaran dan peringantan.

Lindungilah anak-anakmu dari pengaruh yang tidak dapat diakui; karena dalam masa anak-anak mereka lebih peka untuk menerima kesan, apakah itu kesan yang murni, derajat yang baik dan keindahan tabiat, atau kesan-kesan mementingkan diri, kenajisan dan ketidaksetiaan. Sekali mereka dibiarkan terpengaruh oleh roh bersungut-sungut, kesombongan, kenajisan, maka noda itu tidak terhapuskan sama seperti kehidupan itu sendiri.

Hanya pendidikan rumah tangga yang rusaklah yang menyebabkan mengapa orang muda tidak mau tunduk kepada peraturan dengan wajar. Saya adalah seorang ibu rumah tangga; saya tahu artinya bilamana saya berbicara bahwa para pemuda dan anak-anak bukan hanya lebih selamat, tetapi lebih berbahaya di bawah pengendalian secara sehat daripada mengikuti kecendrungan hati mareka.

Anak Berkunjung Tanpa Ada yang Menyertai tidak Bijaksana.
Beberapa orangtua telah bersalah dalam memberikan kebebasan terlalu banyak kepada anak-anaknya. Para orangtua kadang-kadang terlalu percaya kepada mereka, sehingga orangtua itu tidak melihat kegagalan-kegagalan anak-anak mereka. Adalah salah untuk membiarkan anak-anak untuk bepergian ke tempat yang jauh, dengan biaya yang mahal, tanpa disertai orang tua atau pengawal mereka. Ini mempunyai suatu pengaruh yang salah terhadap anak-anak, Para orangtua merasa bahwa merekalah yang menanggung resikonya dan anak-anak mempunyai hak-hak tertentu, jikalau kesempatan ini tidak diberikan kepada mereka, para orangtua menganggap diri mereka terlalu kejam. Para orangtua menyerahkan kepada anak-anak kesempatan untuk pergi dan datang, sementara mereka itu hanya mempunyai sedikit.

Dan ibu itu merasa takut, kalau-kalau anak-anaknya menganggap bahwa dia tidak adil, sehingga dia memuaskan keinginan-keinginan mereka, terbukti pada akhirnya membawa kerugian besar kepada mereka. Orang muda yang berkunjung, yang tidak disertai orang tua untuk mengawasi dan memperbaiki kesalahan-kesalahan mereka sering menerima kesan dan pengaruh yang akan memakan waktu bertahun-tahun untuk menghapuskannya.

Bagaimana Menghadapi Nasihat yang Tidak Bijaksana.
Peliharalah anak-anak itu di dalam rumahmu; dan jikalau ada orang yang berkata kepadamu, "Anak-anakmu tidak akan tahu mengendalikan diri mereka di dunia ini," katakanlah kepada temanmu itu bahwa engkau tidak menaruh perhatian kepada persoalan itu, tetapi engkau menginginkan supaya membawa mereka kepada Tuhan sehingga memperoleh berkat-Nya, sama seperti ibu-ibu dahulu kala membawa anak-anak mereka kepada Kristus. Katakanlah kepada penasehastmu itu: "Anak-anak itu adalah warisan dari Allah dan saya akan membuktikan kesetiaan saya kepada apa yang saya percayai....Anak-anak saya harus saya bawa dengan cara demikian, sehingga tidak digoncangkan oleh pengaruh dunia ini, tetapi kapan dan di tempat mana pun mereka dicobai untuk berbuat dosa, mereka akan sanggup berkata dengan jujur dan sungguh-sungguh "tidak." Katakanlah kepada sahabat-sahabatmu dan kepada tetanggamu bahwa engkau ingin melihat keluargamu berada di dalam gerbang kota yang indah itu.

Ujian yang Sangat Berat Ada di Hadapan Anak-anak Mudamu.
Anak-anak itu haruslah dilatih dan dididik supaya mereka tahan menghadapi kesukaran, pencobaan dan bahaya yang diharapkan datang. Mereka harus diajar untuk mengendalikan diri sendiri dan sanggup mengatasi kesukaran dengan cermat, Jikalau mereka tidak sengaja terjunkan diri ke tepat pencobaan yang berbahaya itu, jikalau mereka menghindarkan pengaruh-pengaruh yang jahat dan masyarakat yang kejam, dan kemudian tidak dihindarkan terpaksa berada dalam pergaulan yang berbahaya, maka mereka akan mempunyai tabiat yang kuat untuk berdiri demi kebenaran dan mempertahankan prinsip dan akan maju terus dalam kekuatan Allah dengan akhlak yang tidak bercacat cela. Kuasa moral dari para orang muda yang dididik dengan selayaknya, jikalau mereka percaya kepada kuasa Allah, mereka akan tahan berdiri untuk menghadapi ujian yang berat sekalipun.

 

-RTA

Artikel Terkait:

1. 5 ALASAN KITA TIDAK BERHAK MENILAI DAN MENGHAKIMI HIDUP ORAN

5

[AkhirZaman.org] Manusia hidup di muka bumi untuk sawang-sinawang, saling 'memandang' dan introspeksi. Tetapi bukan berarti kita memiliki hak untuk berkomentar, menilai, apa lagi menghakimi tindak-tanduk manusia lain. ...
148 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. KUNCI PERNIKAHAN BAHAGIA

Kunci

[AkhirZaman.org] Sebagaimana yang mungkin sudah Anda ketahui, hampir 50 % dari pernikahan di zaman sekarang berakhir dengan perceraian, meninggalkan pasangan yang sakit hati dan anak-anak yang kehilangan pegangan. ...
153 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. HOMOSEKSUALITAS

Homoseksualitas

[AkhirZaman.org] Ketidakmurnian Sodom. Aduh, betapa menjengkelkan bagi Allah kurangnya usaha yang dilakukan oleh mereka yang mengaku hamba Allah untuk memurnikan sidang-Nya, usaha yang nampaknya dilakukan dengan sambil lalu saja, tak bersemangat dan tidak menyatakan Roh Kristus. ...
163 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. PERLAKUAN TERHADAP PIKIRAN DAN ANJURAN YANG TIDAK MURNI

Perlakuan

Perlu Kejernihan Pandangan Mata Rohani. [AkhirZaman.org] Belum pernah ada zaman seperti sekarang ini di mana pria dan wanita Kristen dari segala lapisan memerlukan pandangan mata rohani yang jernih. Tidaklah aman mengalihkan pandangan dari Kristus untuk sesaat pun. ...
169 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. MENGABAIKAN HUKUM KETUJUH

Mengabaikan

Hukum Allah Jalan Kebahagiaan. [AkhirZaman.org] Sebelum dunia dibinasakan oleh air bah pada zaman Nuh, penduduk dunia hidup dalam kebejatan. Segala jenis dosa dan kejahatanlah yang mereka lakukan. ...
183 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. DOSA DALAM KELAKUAN YANG TIDAK SENONOH

Dosa

Penyelamatan Dari Dosa Dan Kenajisan. [AkhirZaman.org] Apabila hukum Allah tertulis dalam hati maka itu akan nampak dalam kehidupan yang murni dan suci. Hukum-hukum Allah bukanlah huruf-huruf yang mati. ...
188 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. PERPISAHAN DAN ALASAN PERCERAIAN

PERPISAHAN

PerpisahanSeorang Istri Yang Dikuasai Setan.[AkhirZaman.org] Saudara D yang terhormat: Saya harap perubahan yang nampak dalam diri istrimu pada waktu pertemuan di Chicago akan berlangsung terus dan saya sangat bersyukur kepada Bapa kita yang di surga ketika saya mendengar ...
193 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. TEMAN HIDUP YANG SENGAJA DIBUAT CACAT

TEMAN

Nasihat Untuk Walter dan Laura (Janji Pernikahan Yang Mengikat)[AkhirZaman.org] Tanggal 9 Januari 1888, saya mengadakan wawancara dengan saudara Walter C. Permohonannya yang sungguh-sungguh telah berhasil membujuk saya untuk pergi bersama-sama ke St. Helena untuk berbicara dengan istrinya.... ...
197 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. MENIKAH DENGAN YANG TIDAK SEIMAN

MENIKAH

Kelakuan Teman Hidup Kristen (Tidak Ada Pikiran Untuk Bercerai)[AkhirZaman.org] Ditinjau dari sudut pandang hukum-hukum Tuhan, jika sang istri adalah seorang yang tidak seiman dengan suami dan bersifat menentang, suaminya yang beriman tidak boleh menceraikannya hanya berdasarkan hal tersebut sebagai alasan. ...
201 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. PERNIKAHAN JANDA DENGAN DUDA

Pernikahan

Pernikahan Dalam Usia Lanjut Yang Membawa Kebaikan. [AkhirZaman.org] Saudara Hare yang terhormat: Menjawab surat saudara yang pertama saya terima, saya tidak mempunyai penjelasan mengenai hal yang menjadi perhatian saudara. ...
216 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
Tujuh Cara Meredam Stress...
[AkhirZaman.org] Apakah Anda pernah mengalami kesulitan mengatasi anak-anak...
Read More...
IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
China Sebut AS Pembuat On...
[AkhirZaman.org] Surat kabar China menyebut Amerika Serikat sebagai pembuat...
Read More...
IMAGE
Menguak Tempat Rahasia K...
[AkhirZaman.org] Umumnya perhiasan disimpan di dalam lemari atau brankas. Itu...
Read More...
IMAGE
Pilih Diet Sama Sulitnya ...
[AkhirZaman.org] Sebagai seorang ahli gizi, seringkali diberi pertanyaan dari...
Read More...
IMAGE
HRW (Human Rights Watch) ...
[AkhirZaman.org] Catatan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tentang...
Read More...
IMAGE
Badai Terjang Belanda, Pe...
[AkhirZaman.org] Tiga orang tewas di Belanda, kemarin, akibat badai yang juga...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...
IMAGE
[RH] SETIAP ORANG MENURUT...
Sebab hal kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar...
Read More...
IMAGE
[RH] KHIDMATNYA PENGHAKIM...
Maka la akan menjawab mereka, Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala...
Read More...
IMAGE
[RH] PERSATUAN YANG DICAR...
Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
[RH] DIRI HARUS MATI
Dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa...
Read More...

Data Kunjungan

017270837
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
7521
6139
13660
104662
264145
16583202
17270837

IP Anda: 54.226.179.247
Tanggal: 2018-01-22 14:51:12

Online Saat Ini

We have 70 guests and no members online