1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

TUTUR BAHASA

bicarasamaanak CopySuara adalah Suatu Talenta
[AkhirZaman.org] Suara adalah suatu talenta yang dipercayakan, suara itu haruslah digunakan untuk menolong memberi semangat dan menguatkan sesama manusia. Jikalau para orang tua mau mengasihi Allah dan mau memerlihara jalan Tuhan demi melakukan keadilan dan ketetapan, tentu bahasa mereka tidak akan membangkitkan rasa sentimentil yang sakit. Hendaklah tutur bahasa itu masuk akal, murni, mendatangkan perbaikan terhadap tabiat. apakah mereka berada dengan baik. Jangan menurunkan martabat sampai mermutu rendah.

Setiap Kata Mempunyai Pengaruh.
Setiap kata yang diucapkan oleh para bapa dan ibu mempunyai pengaruh untuk kebaikan atau kejahatan bagi anak-anak. seandainya para orangtua berbicara dengan nafsu, jikalau mereka tunjukkan roh yang seperti dipertunjukkan oleh anak-anak dunia ini, maka Allah akan menganggap mereka sebagai anak dunia, bukan seperti anak-anak-Nya laki dan perempuan.

Satu perkatan yang diucapkan pada waktunya bisa seperti bibit yang baik dalam pikiran anak muda dan boleh menghasilkan jalan yang benar untuk menuntun kaki mereka ke dalam jalan kebiasaan.

Para malaikat mendengarkan kata-kata yang diucapkan di dalam rumah tangga. Oleh sebab itu janganlah mencaci-maki; tetapi biarlah pengaruh kata-katamu itu diatur sedemikian rupa sehingga akan naik ke surga seperti dupa yang harum semerbak.

Hendaklah Para orangtua memelihara suasana rumah tangga dengan murni, harum semerbak dengan kata-kata yang baik, dengan simpati yang lemah lembut dan dengan kasih. Tetapi pada waktu yang sama, biarlah kata-kata itu tegas dan jangan mau mundur dalam prinsip. Jikalau engkau tegas terhadap anak-anakmu, mungkin mereka berpendapat bahwa engkau tidak mengasihi mereka. Engkau boleh mengharapkan yang demikian, tetapi jangan tunjukkan kepada mereka tindakan yang kasar. Keadilan dan kemurahan haruslah bergandengan tangan; tidak perlu ada keragu-raguan atau gerak-gerik yang timbul karena dorongan hati.

Bahasa yang Keluar dari Dalam Hati Hendaklah Mengandung Karunia.
Bahasa yang sangat dibutuhkan ialah bahasa yang murni, ramah dan benar, "ungkapan yang keluar dari dalam hati yang mengandung kasih karunia"....Sekolah yang terbaik untuk mempelajari tutur bahasa ini adalah rumah tangga.

Kata-kata yang lemah lembut bagaikan embun dan pencuran air yang mengegarkan jiwa. Alkitab mengatakan Kristus bahwa anugerah dicurahkan ke dalam mulut-Nya, agar Ia dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu," dan Tuhan mengajak kita, "Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih," "supaya mereka yang mendengar, beroleh kasih karunia."

Pemeliharaan Suara harus Diajarkan dalam Rumah Tangga.
Petunjuk cara pemeliharaan suara harus diberikan dalam lingkungan rumah tangga. Para orangtua haruslah mengajar anak-anak mereka untuk berbicara dengan jelas supaya orang yang mendengar dapat mengerti setiap kata yang diucapkan. Mereka harus mengajar anak-anak itu untuk membaca Alkitab dengan jelas, dengan terang, dengan cara yang demikian mereka memuliakan Allah. Jangan biarkan mereka menutup muka dengan tangan ketika bertelut mengelilingi mezbah keluarga dan muka jangan diletakkan di atas kursi apabila mereka memusatkan perhatian kepada Allah. Biarlah mereka mengangkat kepala dan dengan merasa kagum, kudus disertai dengan keberanian datang menghadap takhta kasih karunia itu.

Hendaklah murni di dalam tutur bahasa. Perkembangan suara yang lembut dan yang meyakinkan, jangan dengan kasar dan dengan cara diktator. Berikan pelajaran kepada anak-anak tentang pemeliharaan suara. Latihlah mereka supaya biasa berbicara dengan baik, sehingga tidak keluar dari bibir mereka kata-kata yang kasar atau buruk secara spontan bilamana pencobaan datang kepada mereka. 

Pemeliharaan suara adalah suatu mata pelajaran yang banyak gunanya untuk dipelajari demi kesehatan para pelajar. Para orang muda haruslah diajar bagaimana cara bernafas yang tepat, cara membaca yang baik, dengan demikian tidak akan ada ketegangan otot pada paru-paru dan kerongkongan. Tetapi pernafasan itu perlu dibantu oleh otot-otot perut. Jikalau seorang berbicara dari keringkongan maka atat-alat pernafasan itu akan terganggu dan efisiensinya akan berkurang. Gangguan itu akan terjadi jikalau suara dikeluarkan dari alat-alat suara bagian atas. Seharusnyalah otot-otot pada bagian perut itu memikul pekerjaan yang paling berat, hendaklah kerengkongan itu digunakan sebagai saluran saja. Banyak orang yang wafat yang seharusnya masih dapat hidup seandainya mereka diberi pelajaran bagaimana menggunakan suara itu dengan cara yang benar dan tepat. Penggunaan otot-otot perut dengan tepat waktu membaca dan berbicara terbukti menjadi suatu obat mujarab bagi banyak orang yang mendapat kesukaran pernafasan dalam dada dan ini berarti menolong supaya umur penjang.

Akibat Kata-kata Kasar dan Caci Maki.
Seorang anak akan banyak menangis, bilamana di dalam rumah tangga itu dibiasakan kata-kata kasar, cerewet dan caci makian sering diucapakan; anak yang masih lemah dan peka itu akan dipengaruhi dengan gejala tidak senang dan tidak merasa puas. Kemudian, hai para ibu, biarlah wajahmu penuh kegembiraan, jikalau mungkin, senyumalah sebanyak-banyaknya, maka hati dan pikiran anak-anak akan memantulkan cahaya yang dari wajahmu, sama seperti piring yang mengkilat yang datangnya dari para seniman yang melukiskan gambaran manusia. Sadarilah dengan sungguh-sungguh hai para ibu, bahwa Kristus berada dalam hidupmu, sehingga pikiran anak-anak yang masih jernih itu boleh ditanamkan Keilahian Kristus yang sama.

Jangan ada Catatan yang Mengejutkan.
Jangan biarkan perselisihan atau pemberontakan masuk ke dalam rumah tanggamu. Berbicaralah dengan lemah sembut. Jangan gunakan suara yang melengking dan kasar. Peliharalah dirimu dalam keadaan tenang. Buanglah sifat-sifat mencari kesalahan dan ketidakjujuran. Katakan kepada anak-anakmu bahwa engkau ingin menolong mereka untuk sedia bagi kerajaan surga, segala kedamaian ada di sana, di sana tidak akan kedengaran lagi catatan hidup yang menggentarkan. Bersabarlah dengan pergumulan anak-anak itu, mungkin tampak kecil kepadamu tetapi itu besar kepada mereka.

Apabila para bapa dan ibu telah bertobat, akan ada sesuatu perubahan prinsip untuk pengaturan kekuasaan mereka. Pikiran mereka akan bertobat; dan lidah mereka juga akan bertobat....

Tidak akan ada lagi pembicaraan amaran dan kekasaran dalam rumah tangga. Sifat kata-kata itu akan memberi ketenangan dan akan memberkati pendengarannya....Buanglah nada suara yang buruk dari kata-katamu.

Sifat kita yang cepat-cepat marah haruslah kita atasi dan mengendalikan kata-kata itu, maka di dalam hal ini kita memperoleh kemenangan yang besar. Sebelum kita dapat mengalahkan kemarahan kita dan tidak dapat mengendalikan kata-kata, maka kita akan menjadi hamba kepada Setan. Kemudian kita akan dituntun Setan menjadi tawanannya. Segala kata-kata kasar yang tidak menyenangkan, tidak bersabar dan cerewet adalah persembahan yang dipersembahkan kepada istana Setan. Semuanya itu adalah persembahan yang mahal, lebih mahal dari para pengorbanan apa pun yang dapat kita peroleh untuk dipersembahkan kepada Allah; karena perembahan seperti itu merusakkan kedamaian dan kebahagiaan segenap kelurga, merusak kesehatan dan akhirnya akan kehilangan kebahagiaan hidup yang kekal.

Dapatkah Kata-kata Itu menjadi Kegembiraan atau Duka Cita?
Adalah penting mendidik anak-anak dan orang muda agar berhati-hati di dalam perkataan dan kelakuan; karena tingkahlaku mereka itu dapat menyebabkan kebembiraan atau duka cita, bukan hanya dalam rumah tangga mereka, tetapi juga terhadap semua orang kepada siapa mereka bergaul.

Ketidakbahagiaan itu sering disebabkan oleh penggunaan talenta berbicara dengan tidak bijaksana. Firman Allah itu tidak memberi kuasa kepada siapa pun untuk berbicara secara kasar, kalau dituruti akan menciptakan perasaan tidak memuaskan dan ketidakbahagiaan dalam keluarga. Anggota keluarga yang lain dalam keluarga itu tidak menghormati orang yang berbicara demikian, seandainya dia dapat mengendalikan perasaannya sediri, dia dapat memenangkan kepercayaan dan cinta kasih semua anggota keluarga.

Kata-kata yang Menyenangkan kepada Anak-anak; Kata-kata Penghormatan kepada Orangtua.
Biarlah kata-kata yang menyenangkan saja yang diucapkan para orangtua kepada anak-anak dan kata-kata penghormatan diucapkan oleh anak-anak kepada para orangtua. Perhatian haruslah dicurahkan kepada perkara tadi; karena dalam pembentukan tabiat anak-anak itu mereka juga sudah membentuk kebiasaan yang lebih memudahkan untuk diajar oleh Allah dan menjadi penurut kepada tuntutan-Nya.

Dalam segala Bentuk Hindarkanlah Ketidaksopanan.
Hai para bapa dan ibu, para suami dan istri, saudara dan saudariku, janganlah mendidik diri dalam tindakan yang tidak sopan, didalam perkataan dan pikiran yang tidak sopan. Tutur bahasa yang kasar, senda gurau yang rendah, kurang kesopanan dan kurangnya keramahan dalam rumah tangga itu akan menjadi sifat kedua kepadamu dan hal ini membuat engkau tidak cocok kepada kelompok orang yang telah disucikan melalui kebenaran. Rumah tangga itu terlalu suci untuk dinodai oleh ketidaksopanan, hawa nafsu, tuduh menuduh dan perbuatan yang memalukan. Hilangkanlah perkataan yang jahat; buanglah pikiran yang tidak suci, karena Saksi Yang Benar itu akan menimbang setiap perkataan, menentukan nilai seiap tindakan dan mengumumkan, "Saya tahu setiap pekerjaanmu."

Pembicaraan yang rendah, murahan dan yang biasa-biasa saja seharusnya tidak ada tempatnya dalam keluarga. Apa bila hati itu sudah murni, akan mengalir dari dalamnya kekayaan hikmat yang melimpah.

Jangan diikuti pembicaraan yang boleh dalam rumah tanggamu. Walaupun anak-anak msih kecil akan mendapat faedah dari "bunyi kata-kata yang dibentuk." Tetapi omong kosong dan tutur bahasa kebodohan yang saling ducapkan di antara bapa dan ibu akan menuntun kepada cara berbicara yang sama di antara anak-anak. Sedangkan kata-kata yang benar, tulus ikhlas, jujur dan kata-kata yang sungguh-sungguh itu akan menuntun kepada hal yang sama, terhadap semua anggota keluarga dan juga akan menuntun kepada tindakan yang benar.

Jahatnya Kata-kata Amarah dan Kata-kata yang Gegabah.
Memarahi-Anak CopyApabila engkau mengucapkan kata-kata amarah kepada anak-anakmu berarti engkau sedang menolong pekerjaan segala musuh kebenaran. Biarlah setiap anak mempunyai kesempatan yang wajar sejak dari masih anak-anak. Pekerjaan untuk pengajaran itu haruslah dimulai dalam masa anak-anak, jangan disertai dengan kekasaran dan cerewet, tetapi dalam kesabaran dan kebaikan. Pengajaran itu harus diteruskan sepanjang tahun pada masa muda dan pada masa remaja mereka.

Biarlah setiap keluarga berusaha meminta pertolongan Tuhan dalam doa yang sungguh-sungguh untuk melaksanakan pekerjaan Allah. Biarlah sifat berbicara dengan gegabah mereka atasi dan mengatasi keinginan mempersalahkan orang lain. Biarlah mereka belajar menjadi sopan dan menggunakan tutur bahasa yang baik dalam rumah tangga, belajarlah membentuk kebiasaan memperhatiakan dan memikirkan orang lain.

Betapa bahayanya lingkungan keluarga itu oleh kata-kata amarah yang diucapkan, dengan kata-kata amarah yang diucapakan seseorang akan menuntun orang lain untuk menjawab dengan bahasa yang pedas, dalam roh dan cara yang sama. Kemudian datanglah kata-kata pembalasan, kata-kata pembenaran diri sendiri dan dengan kata-kata yang demikian itu akan menghasilkan suatu kuk yang berat di atas leher dan menyakitkan di dalam hati. Segala kata-kata yang pahit ini akan datang kembali sebagai hasil tuaian kepada jiwamu.

Kata-kata tajam atau kasar yang masuk melalui telinga akan menusuk hati, akan menimbulkan nafsu yang paling buruk pada jiwa, menarik para pria dan wanita untuk melanggar hukum-hukum Allah....Kata-kata itu adalah seperti benih yang ditanamkan.

Kata-kata Bernafsu itu Sejenis Sumpah.
Ada praktek yang dibiasakan di antara anggota keluarga, yaitu membicarakan sesuatu hal dengan sembrono dan bebas. Kebiasaan berbicara dengan kata-kata yang kasar, menggiurkan yang dibiarkan sedemikian rupa akan semakin kuat dan bertambah kuat dan akhirnya kata-kata yang melawan diucapkan sesuai dengan kemauan Setan dan tidak merurut perintah Allah....Kata nafsu yang membakar itu sekali-kali janganlah diucapkan, karena di pemandangan Allah dan para malaikat kudus kata-kata seperti itu sama seperti seonggok sumpah.

Bagaimana caranya Seorang Bapa yang Kehilangan Kepercayaan Anak-anaknya.
Saudaraku yang kekasih, kata-katamu yang memaksa itu menyakiti hati anak-anakmu. Sementara mereka bertumbuh dari tahun ke tahun, kecenderungan mereka untuk mengritik akan bertumbuh. Sifat suka mencela itu sedang merusak kehidupanmu dan itu akan meluas kepada kehidupan istri dan anak-anakmu. Dengan demikian akank-anakmu tidak akan didorong untuk memberikan kepercayaannya kepadamu atau untuk menyadari kesalahan mereka, karena mereka tahu bahwa omelanmu yang kasar itu harus mereka ikuti dengan pasti. Kata-katamu sering seperti hujan es yang menghancurkan sehingga meremukkan tumbuh-tumbuhan yang masih lemah dan masih lembut. Tidak mungkin mengukur kehancuran yang diakibatkannya. Anak-anakmu itu mempraktekkan penipuan untuk menghindarkan kata-kata keras yang akan engkau ucapkan. Mereka mengelakan kejujuran untuk melepaskan diri dari kecaman dan hukuman. Perintah yang keras dan dingin tidak mendatangkan kebaikan kepada mereka.

Suatu Janji Bentuk Usul.
Ada baiknya bagi setiap orang untuk menandatangani sebuah perjanjian untuk berbicara lemah lembut dalam rumah tangganya, untuk membiarkan hukum itu yang mengendalikan tutur bahasanya. Hai para orangtua, sekali-kali janganlah berbicara dengan gegabah. Jika anak-anakmu bersalah perbaikilah mereka, tetapi biarlah perkataanmu penuh dengan kasih dan lemah lembut. Setiap saat engkau mencaci maki anak-anakmu, engkau kehilangan suatu kesempatan yang indah untuk memberikan pelajaran kesabaran dan ketabahan. Biarlah ciri-ciri kasih itu yang paling menonjol dalam usaha memperbaiki kesalahan anak-anakmu.

Pembicaraan di Meja Makan.
Betapa banyaknya keluarga membumbui suasana makan sehari-hari mereka dengan keragu-raguan dan bertanya-tanya. Mereka mengomentari tabiat sahabat-sahabatnya dan disuguhkan seperti suatu hidangan yang lezat. Sedikit fitnahan yang seolah-olah baik disajikan di atas meja untuk dikomentari, bukan hanya oleh orang-orang dewasa, tetapi juga oleh anak-anak. Dalam suasana seperti ini Allah yang dihinakan.

Roh mengritik dan mencaci maki orang tidak ada tempatnya di dalam rumah tangga. Damai yang ada dalam rumah tangga itu terlalu suci untuk dinodai oleh roh yang demikian. Tetapi betapa sering, ketika sudah duduk menghadap meja makan para anggota keluarga menyuguhkan sebuah piring yang berisi kritikan, caci makian dan perbuatan-perbuatan yang memalukan.

Sekiranya Kristus datang pada hari ini, apakah Dia tidak menemukan keluarga yang mengaku diri Kristen sedang mengizinkan roh mengritik dan mempunyai difat-sifat yang tidak baik? Para anggota keluarga yang yang demikian itu tidak bersedia untuk bersatu dengan keluarga yang di surga.

Biarlah pembicaraan keluarga diatur sedemikian rupa di meja makan sehingga akan menumbuhkan suatu pengaruh yang harum semerbak kepada pikiran anak-anak.

Memfitnah dan Mengumpat.
Kita berpendapat bahwa orang jahat yang masih biadap itu kejam, yang berpersta pora di atas daging mengsanya yang masih hangat dan yang masih menggigil; akan tetapi adpakah akibat kebiasaan yang salah ini tidak lebih menerikan daripada kesengsaraan dan kehancuran yang disebabakan oleh motivasi yang memberi bambaran, mejelekkan reputasi seseorang dan merusak tabiat? Biarlah anak-anak dan para orang muda mempelajari apa yang dikatakan Allah mengenai hal ini: "Hidup dan mati dikuasai lidah."

Mengumpat orang dan roh yang suka memfitnah adalah salah satu dari agen Setan yang khusus untuk menaburkan benih perselisihan dan percekcokan, memecah belah antara para orang yang bersahabat dan meruntuhkan keutuhan iman orang banyak dari keadaan yang sebanyaknya.

Menabur Benih Kecurigaan adalah Suatu hal Penolong kepada Setan.
Adalah suatu kebiasaan bagi umat manusia untuk mengucapkan kata-kata tajam. Mereka yang menyerah kepada kecenderungan ini berarti membuka pintu hatinya untuk dimasuki Setan dan membuat mereka cepat mengingat kesalahan dan kekeliruan orang lain. Kegagalan mereka disimpan, kekurangan mereka dicatat dan kata-kata yang diucapkan mengakibatkan kurangnya kepercayaan pada seseorang yang melakukan dengan segenap kesanggupannya untuk melaksanakan tugasnya sebagai teman sekerja bersama Allah. Seringkali benih kecurigaan ditaburkan karena seseorang berpendapat bahwa dia seharusnya disenangi tetapi nyatanya tidak.

Allah perintahkan supaya orang percaya itu berhenti mencari-cari kesalahan, untuk tidak berbicara kasar dan gegabah. Hai para orangtua, biarlah kata-kata yang engkau ucapkan itu baik dan menyenangkan, supaya para malaikat mau menolong engkau untuk menarik anak-anakmu kepada Kristus. Suatu reformasi yang sungguh-sungguh diperlukan di dalam gereja rumah tangga itu. Biarlah reformasi itu dimulai dengan segera. Biarlah dihentikan segala kata-kata yang suka menggerutu, caci makian dan kata-kata cerewet. Mereka yang mencaci maki dan suka menggerutu menutup pintu bagi malaikat surga, dan membuka pintu bagi para malaikat jahat. 

Suatu Permohonan supaya Orangtua dan Mengendalikan Diri.
Hai para orangtua, bilamana engkau merasa ada sesuatu yang menggelisahkan, janganlah engkau melakukan suatu dosa yang besar untuk meracuni segenap keluarga dengan sifat yang lekas marah. Pada saat seperti ini engkau harus menjaga diri sendiri, dan tetaplah di dalam hati untuk tidak menyinggung perasaan orang lain dengan bibirmu, dengan demikian engkau hanya mengucapkan kata-kata yang menyenangkan dan menggembirakan. Berkatalah kepada diri sendiri: "Saya tidak akan merusak kebahagiaan anak-anak saya oleh satu perkataan yang meresahkan." Oleh berbhuat demikian engkau mengendalikan diri sendiri, engkau akan bertumbuh semakain kuat. Urat syarafmu tidak terlalu peka lagi. Engkau akan dikuatkan oleh prinsip-prinsip yang benar. Kesadaran dalam melakukan tugasmu dengan setia akan menguatkan engkau. Para malaikat Allah akan tersenyum atas usahamu ini dan akan menolong engkau.

Hai para ibu bapa, berbicaralah dengan manis dan sopan kepada anak-anakmu. Ingatlah betapa peka perasaan mereka, bayangkanlah ketika engkau masih kecil, dapatkah engkau memikul beban karena dipersalahkan dan sadarlah bahwa anak-anakmu itu sama seperti engkau dahulu. Sesuatu yang engkau tidak dapat pikul waktu itu jangan ditanggungkan kepada mereka. Jikalau engkau tidak dapat dipersalahkan dan dikecam, demikian juga anak-anakmu tidak kuat untuk dipersalahkah dan dicerca yang lebih lemah daripadamu dan belum kuat menanggung beban yang demikian. Biarlah kata-katamu menyenangkan, menggembirakan seperti sinar matahari di dalam keluargamu. Buah-buah pengendalian diri, keprihatinan dan kesungguh-sungguhan yang menjadi bagianmu itu akan dilipatgandakan seratus kali.

Ada Waktu untuk Berdiam atau Menyanyi.
Pencobaan akan datang, memang ini adalah benar, biarpun kepada orang-orang yang berserah dengan sepenuhnya, pencobaan itu akan datang. Orang yang paling sabar sekalipu akan diuji dengan pencobaan yang keras. Suami atau istri dapat mengucapkan kata-kata yang menggusarkan hati seseorang dan dijawab lagi dengan gegabah, tatapi biarlah orang yang berbicara itu berdiam. Dalam berdiam akan terdapat keselamatan. Berdiam itu sering menjadi teguran yang sangat keras, yang dapat diberikan kepada seorang yang berdosa dengan bibirnya.

Apabila mereka (anak-anak dan orang muda) tidak dapat mengendalikan diri dan mengucapkan kata-kata dengan nafsu, suatu sikap berdiam adalah cara terbaik untuk menghadapinya, bukan bersikap mencela atau bersoal-jawab dan tidak menghukummi. Sebagai hasilnya, pertobatan akan terjadi dengan segera. Berdiam itu adalah emas, yang sering bekerja lebih baik daripada segala kata-kata yang dapat diucapkan.

Bilamana orang-orang lain tidak lagi dapat bersabar, cerewet, dan bersungut-sungut karena tidak dapat menahan diri, mulailah menyanyikan beberapa nyanyian dari buku LAGU SION atau nyanyian rohani lainnya. Sementara Kristus bekerja sebagai tukang kayu, beberapa orang katang-kadang mengerumuni Dia, mereka coba membuat sesuatu yang gaduh menguji kesabaran-Nya. Tetapi Dia akan mulai menyanyikan beberapa nyanyian mazmur, dan sebelum mereka sadar dengan apa yang mereka lakukan, mereka sudah terpengaruh, sehingga mereka menggabungkan diri menyanyikan bersama Dia, oleh pengaruh Roh Suci mereka berbuat demikian. 39
Bergumul Mengendalikan Diri dalam Tutur Bahasa.

Allah menuntut kepada orang tua untuk menyebarluaskan sinar kesukaan di tengah-tengah kawanan domba mereka yang masih kecil-kecil itu oleh mengendalikan diri dan oleh teladan pembentukan tabiat yang kuat. Tidak membuang-buang waktu dengan pemanjaan omong kosong yang tidak berguna. Allah memandang ke dalam segala rahasia kehidupan. Oleh pergumulan yang senantiasa diadakan maka pengendalian diri dapat dipertahankan. Setiap hari mereka berusaha keras dengan diam-diam dan berdoa dengan sungguh-sungguh melawan kekasaran tutur bahasa dan kemarahan. Pergumulan ini mungkin tidak pernah dihargakan oleh umat manusia. Mereka mungkin tidak akan mendapat pujian dari bibir manusia karena dapat berusaha menahan diri untuk tidak mengucapkan kata-kata yang gegabah. Dunia ini tidak pernah melihat pergumulan hati itu dan kalau pun mereka dapat melihatnya, dunia ini hanya memandang hina kepada pemenangnya. Tetapi di dalam catatan surga mereka telah didaftarkan sebagai para pemenang. Ada satu Oknum yang dapat menyaksikan segala rahasia pergumulan itu dan atas kemenangan yang diam-diam itu Dia berkata, "Orang yang sabar melebihi seorang pehlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota."

Jikalau engkau mau menolak semburan kata-kata cerewet atau caci maki, Tuhan akan menunjukkan jalan kepadamu bagaimana cara mengatasinya. Dia akan menolong engkau untuk menggunakan talenta berbicara seperti yang digunakan olah Kristus, dengan demikian engkau akan membawa hasil yang indah dari kesabaran, kesenangan dan kasih itu di dalam rumah tangga.

 

-RTA

Artikel Terkait:

1. 5 ALASAN KITA TIDAK BERHAK MENILAI DAN MENGHAKIMI HIDUP ORAN

5

[AkhirZaman.org] Manusia hidup di muka bumi untuk sawang-sinawang, saling 'memandang' dan introspeksi. Tetapi bukan berarti kita memiliki hak untuk berkomentar, menilai, apa lagi menghakimi tindak-tanduk manusia lain. ...
150 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. KUNCI PERNIKAHAN BAHAGIA

Kunci

[AkhirZaman.org] Sebagaimana yang mungkin sudah Anda ketahui, hampir 50 % dari pernikahan di zaman sekarang berakhir dengan perceraian, meninggalkan pasangan yang sakit hati dan anak-anak yang kehilangan pegangan. ...
155 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. HOMOSEKSUALITAS

Homoseksualitas

[AkhirZaman.org] Ketidakmurnian Sodom. Aduh, betapa menjengkelkan bagi Allah kurangnya usaha yang dilakukan oleh mereka yang mengaku hamba Allah untuk memurnikan sidang-Nya, usaha yang nampaknya dilakukan dengan sambil lalu saja, tak bersemangat dan tidak menyatakan Roh Kristus. ...
165 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. PERLAKUAN TERHADAP PIKIRAN DAN ANJURAN YANG TIDAK MURNI

Perlakuan

Perlu Kejernihan Pandangan Mata Rohani. [AkhirZaman.org] Belum pernah ada zaman seperti sekarang ini di mana pria dan wanita Kristen dari segala lapisan memerlukan pandangan mata rohani yang jernih. Tidaklah aman mengalihkan pandangan dari Kristus untuk sesaat pun. ...
171 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. MENGABAIKAN HUKUM KETUJUH

Mengabaikan

Hukum Allah Jalan Kebahagiaan. [AkhirZaman.org] Sebelum dunia dibinasakan oleh air bah pada zaman Nuh, penduduk dunia hidup dalam kebejatan. Segala jenis dosa dan kejahatanlah yang mereka lakukan. ...
185 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. DOSA DALAM KELAKUAN YANG TIDAK SENONOH

Dosa

Penyelamatan Dari Dosa Dan Kenajisan. [AkhirZaman.org] Apabila hukum Allah tertulis dalam hati maka itu akan nampak dalam kehidupan yang murni dan suci. Hukum-hukum Allah bukanlah huruf-huruf yang mati. ...
190 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. PERPISAHAN DAN ALASAN PERCERAIAN

PERPISAHAN

PerpisahanSeorang Istri Yang Dikuasai Setan.[AkhirZaman.org] Saudara D yang terhormat: Saya harap perubahan yang nampak dalam diri istrimu pada waktu pertemuan di Chicago akan berlangsung terus dan saya sangat bersyukur kepada Bapa kita yang di surga ketika saya mendengar ...
195 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. TEMAN HIDUP YANG SENGAJA DIBUAT CACAT

TEMAN

Nasihat Untuk Walter dan Laura (Janji Pernikahan Yang Mengikat)[AkhirZaman.org] Tanggal 9 Januari 1888, saya mengadakan wawancara dengan saudara Walter C. Permohonannya yang sungguh-sungguh telah berhasil membujuk saya untuk pergi bersama-sama ke St. Helena untuk berbicara dengan istrinya.... ...
199 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. MENIKAH DENGAN YANG TIDAK SEIMAN

MENIKAH

Kelakuan Teman Hidup Kristen (Tidak Ada Pikiran Untuk Bercerai)[AkhirZaman.org] Ditinjau dari sudut pandang hukum-hukum Tuhan, jika sang istri adalah seorang yang tidak seiman dengan suami dan bersifat menentang, suaminya yang beriman tidak boleh menceraikannya hanya berdasarkan hal tersebut sebagai alasan. ...
203 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. PERNIKAHAN JANDA DENGAN DUDA

Pernikahan

Pernikahan Dalam Usia Lanjut Yang Membawa Kebaikan. [AkhirZaman.org] Saudara Hare yang terhormat: Menjawab surat saudara yang pertama saya terima, saya tidak mempunyai penjelasan mengenai hal yang menjadi perhatian saudara. ...
218 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
Tujuh Cara Meredam Stress...
[AkhirZaman.org] Apakah Anda pernah mengalami kesulitan mengatasi anak-anak...
Read More...
IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
RI Sayangkan Sikap Malays...
[AkhirZaman.org] Kementerian Luar Negeri Indonesia menyangkan sikap Polisi...
Read More...
IMAGE
Rusia: Kebijakan AS di Su...
[AkhirZaman.org] Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan, kebijakan...
Read More...
IMAGE
Sudah 40 Tahun Tinggal di...
[AkhirZaman.org] Seorang dokter yang telah berada di Amerika Serikat (AS)...
Read More...
IMAGE
Turki Bombardir Afrin, DK...
[AkhirZaman.org] Dewan Keamanan (DK) PBB membahas serangan intensif Turki...
Read More...
IMAGE
China Sebut AS Pembuat On...
[AkhirZaman.org] Surat kabar China menyebut Amerika Serikat sebagai pembuat...
Read More...
IMAGE
[RH] KOTA-KOTA HARUS DIBE...
Dan seorang malaikat lain, malaikat kedua, menyusul dia dan berkata, "Sudah...
Read More...
IMAGE
[RH] SETIAP ORANG MENURUT...
Sebab hal kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar...
Read More...
IMAGE
[RH] KHIDMATNYA PENGHAKIM...
Maka la akan menjawab mereka, Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala...
Read More...
IMAGE
[RH] PERSATUAN YANG DICAR...
Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...

Data Kunjungan

017284127
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
1972
7965
26950
104662
277435
16583202
17284127

IP Anda: 54.82.57.154
Tanggal: 2018-01-24 04:37:29

Online Saat Ini

We have 196 guests and no members online