1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

PERCERAIAN

marrid CopyPernikahan adalah Suatu Perjanjian Seumur Hidup
[AkhirZaman.org] Di dalam pikiran orang muda, pernikahan itu diselubungi dengan perbuatan romantis dan sulit untuk membuang anggapan yang demikian,  terselubung dalam angan-angan yang begitu, dan pikiran diberi kesan dengan tanggung jawab yang begitu berat yang tercakup dalam sumpah pernikahan. Sumpah pernikahan ini mengikat kedua oknum itu dalam satu nasib, yaitu ikatan yang tidak dapat dilepaskan oleh tangan siapa pun kecuali olah kematian.

Setiap janji persekutuan untuk menikah harus dipertimbangkan dengan matang karena pernikahan itu adalah suatu langkah untuk seumur hidup. Baik pria maupun wanita harus memikirkan dengan hati-hati apakah mereka dapat bergantung satu dengan yang lain melalui gelombang kehidupan selama mereka hidup bersama-sama.

Yesus Memperbaiki Pengertian yang Salah Mengenai Pernikahan
Bagi orang Yahudi seorang pria diizinkan untuk meninggalkan istrinya karena pelanggaran yang sepele saja, dan wanita itu bebas untuk menikah kembali. Kebiasaan ini terbawa kepada kesalahan dan dosa yang besar. Pada waktu Yesus berkhotbah di atas gunung, mengatakan dengan tegas bahwa pernikahan itu tidak dapat diputuskan oleh sesuatu apa pun kecuali karena tidak setia pada sumpah (janji) pernikahan. "Barang siapa," kata-Nya "yang menceraikan istrinya, lalu menikah dengan perempuan lain, ia berbuat jina; dan barang siapa menikah dengan perempuan yang diceraikan suaminya, ia berbuat zina."

Ketika orang Farisi mengajukan pertanyaan kepada-Nya mengenai untung-undang perceraian, Yesus mengarahkan para pendengar-Nya kembali kepada lembaga pernikahan sebagaimana yang diurapi pada waktu permulaan dunia dijadikan. "Oleh lsebab keras hatimu Musa meluluskan kamu menceraikan istrimu; tetapi pada mulanya bukan demikian." Ia tujukan pikiran mereka kepada dhari-hadri bahagia di Eden, ketika Allah mengumumkan segala perkara "Sungguh amat baiklah" di sinilah pernikahan dan hari Sabat itu dimulai, kedua lembaga yang kembar itu diberikan untuk menjadi kemuliaan Allah dan berfaeldah (keuntungan) bagi manusia. Kemudian, sementara Khalik memegang kedua tangan sejoli yang suci itu Ia berkata, "Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan istrinya, sehingga keduanya menjadi satu daging." Ia menegaskan tentang undang-undang poernikahan bagi semua anak Adam pada akhir zaman ini. Apa yang telah diumumkan oleh allah Bapa yang kekal itu, ialah menjadi undang-undang berkat tertinggi dan demi kperkembangan bagi manusia.

Yesus telah datang ke dunia kita ini untuk mempergaiki kesalahan dan untuk memulihkan peta Allah itu di dalams manusia. Perassan yang salahs mengenai pernikahan telah mendapt tempat di dalam pikiran guru-guru bangsa Israel. Mereka telah menganggap remeh tentang kesucian lembaga pernikahan itu. Seorang suami yang keras hati dengan mudah saja mengadakan alasan yang biasa supaya dapat menceraikan istrinya, atau kalau dia mau pilih, ia pisahkan istrinya dari anak-anaknya dan mengusir dia supaya pergi. Hal yang demikian dirasa sebagai suastu penghinaan dan sering disertai denan penderitaan yang pahit pada pihak yang disingkirkan.

Kristus telah datang sduntuk memperbaiki kejahatan ini, dan mukjizat-Nya yang pertama telah diadakan pada peristiwa pesta. Itulah sebabnya Ia mengumumkan kepada dunia bahwa pernikahan itubila dipelihara kesuciannya adalah suatu lembaga yang kudus. 

Nasihat kepada Seorang yang Merenungkan Perceraian
Pendapatmu mengenai hubungan pernikahan sudah salah benar. Tidak ada sesuatu kecuali perzinaan dalam pernikahan yang dapat merombak janji itu. Kita sedang hidup dalam saat yang berbahaya, apabila tidak ada jaminan di dalam hal apa pun, kecuali di dalam iman yang teguh kepada Yesus Kristus. Tidak ada hati yang tidak dapat ditarik dari Allah oleh tipuan Setan, kalau orang itu tidak berjaga-jaga dalam permintaan doa.

Kesehatanmu akan jauh lebih baik keadaanny, kalau pikiranmu dapat tenang dalam damai; tetapi pikiran akan kacau dan tidak seimbang, kalau alasanmu melakukan perceraian tidak diperbaiki. Pandanganmu itu tidak dapat dipertahankan dari dasar mana pun datangnya alasan itu. Manusia tidak boleh bebas membuat sesuatu standar hukum dari dirinya sendiri, sehingga menyingkirkan hukum Allah demi mengikuti kemauannya. Mereka harus tunduk kepada standar moral Allah yang agung itu menjadi standar kebenaran....

Allah hanya memberikan satu-satunya alasan mengapa seorang istri harus meninggalkan suami, atau seorang suami harus juga meninggalkan istri, yaitu karena perzinaan. Biarlah dasar pertimbangan ini didoakan dengan sungguh-sungguh.

Nasihat kepada Suami Istri yang Berpisah 
Saudara dan saudariku, pada suatu saat kamu belumlah dikatakan hidup bersama-sama. Sebenarnya kamu tidak boleh melakukan perbuatan ini kalau saja hamu berdua memupuk sifat kesabaran, manis budi, panjang sabar, yang seharusnya senantiasa ada di antara suami dan istri. Tak seorang pun di antara kamu masing-masing mau mengikuti kemauan dan pikiran serta rencana sendiri dengan tidak mempertimbangkan terlebih dahulu apakah yang menjadi akibatnya. Biarlah pengaruh Roh Allah yang lemah lembut dan yang menaklukkan itu bekerja di dalam hatimu dan melayakkan kamu untuk tugasmu dalam mendidik anak-anakmu....Mintalah kepada Bapamu yang di sorga untuk menolong engkau sehingga tidak menyerah dalam penggodaan, tidak berbicara dengan kasar, menunjukkan sikap yang tidak senonoh terhadap satu dengan yang lain, yaitu suami terhadap istri dan istri kepada suami. Kamu berdua mempunyai tabiat yang tidak sempurna. Karena kamu belum berada di bawah pengawasan Allah, tingkah lakumu terhadap satu dengan yang lain tidak bijaksana.

Saya memohon kepadamu agar menyerahkan dirimu di bawah pengendalian Allah. Apabila tergoda untuk berkata yang menyakiti hati, tahanlah dirimu untuk tidak berkata sesuatu apa pun. Kamu dapat digoda dalam hal ini oleh karena belum pernah mengalahkan tabiat yang buruk ini. Akan tetapi setiap kebiasaan yang salah patut dikalahkan. Adakanlah penyerahan yang sempurna kepada Allah. Jatuhkan dirimu di atas Batu itu, yaitu Yesus Kristus dan hancurkanlah dirimu. Sebagai suami dan istri, disiplinlah dirimu sendiri. Pergilah kepada Kristus untuk meminta pertolongan. Ia akan memberikan simpati-Nya kepadamu dengan rela dan anugerah-Nya dengan cuma-cuma....

Bertobatlah di hadapan Allah dari segala perbuatanmu di masa yang lalu. Tunjukkanlah saling pengertian, kembalilah bersatu sebagai suami dan istri. Buanglah segala penglaman hidup yang tidak disukai dan yang tidak bahagia di masa yang lalu. Bersemangatlah di dalam Tuhan. Tutuplah jendela jiwa yang menuju kepada dunia dan bukalah kepada yang menuju surga. Jikalau suaramu dinaikkan di dalam doa ke surga untuk mencari terang, Tuhan Yesus sebagai terang dan kehidupan, damai dan kesukaan, akan mendengar suaramu. Ia adalah Matahari Kebenaran, akan bersinar ke dalam lubuk hatimu, menerangi bait suci jiwamu. Kikalau engkau menyambut terang hadirat-Nya ke dalam rumah tanggamu, engkau tidak akan mengucapakan kata yang menimbulkan perasaan yang tidak senang.

Kepada Seorang Istri yang Putus Asa karena Salah Diperlakukan
sad-bride CopySaya telah menerima suratmu dan untuk menjawabnya saya hendak katakan, bahwa saya tidak dapat menasihatkan engkau untuk kembali kepadanya kecuali engkau melihat perubahan yang benar di dalam dirinya. Tuhan tidak berkenan dengan pendapatnya di masa yang lalu terhadap seorang istri....Jikalau ia tetap pada pendiriannya yang pertama itu, maka masa depan tidak akan menjadi lebih baik bagimu daripada masa lalu. Ia tidak mengetahui bagaimana caranya memperlakukan diri terhadap istri.

Saya merasa sedih dengan masalah ini. saya merasa kasihan terhadap diri D. Tetapi saya tidak dapat menasihatkan engkau untuk kembali kepadanya jikalau melawan angan-angan hatimu. Saya berkata kepadamu sebagaimanha saya telah berkata kepadanya; akan sangat berbahaya bagimu untuk menempatkan dirimu kembali kepada sifatnya yang suka mendikte itu. Saya sangat mengharapkan bahwa ia akan berubah....

Tuhan mengerti segala pengalamanmu....Tetapkanlah hatimu di dalam Tuhan; Ia tidak akan meninggalkan engaku atau tidak mengabaikan engkau. Hati saya turut merasa simpati bersama engkau.

Kepada Suami yang Ditinggalkan, "Pikullah Salibmu." 
Saya tidak dapat melihat sesuatu yang dapat dilakukan dalam kasus ini, dan menurut pendapat saya bahwa satu-satunya hal yang dapat engkau lakukan ialah membiarkan istrimu. Jikalau ia telah mengambil keputusan untuk tidak hidup lagi hersama engkau, baik engkau maupun dia akan lebih buruk jika hendak mencoba untuk hidup bersama kembali. sebagaimana ia telah bertekad untuk memikul hidup sendirian maka engkau sabagai seorang laki-laki pikullah salibmu, dan tunjukkanlah dirimu sebagai seorang pria yang berpendirian.

Masih Suami Istri pada Pemandangan Allah, walaupun terlah Bercerai
Seorang wanita boleh jadi secara syah telah bercerai dari suaminya menurut undang-undang negara, tetapi belum bercerai pada pemandangan Allah dan menurut undang-undang yang lebih tinggi. Hanya ada satu dosa, yaitu perzinaan, yang dapat menempatkan suami atau istri di dalam suatu posisi di mana mereka dapat bebas dari sumpah (janji) pernikahan pada pemandangan Allah. Walaupun undang-undang negara dapat mengbulkan perceraian, tetapi mereka masih juga suami istri di dalam terang Alkitab, menurut undang-undang Allah. Saya melihat bahwa Saudari...; tidak mempunyai hak untuk menikah dengan lelaki lain; tetapi jikalau dia, atau wanita lain, harus mendapat izin cerai secara syah karena suaminya telah berdosa dengan zina barulah ia bebas untuk menikah kembali dengan siapa saja yang ia pilih.

Berpisah dari Seorang Kawan yang Tidak Beriman
Kalau sang istri adalah seorang yang tidak beriman dan seorang penantang agama, maka menurut pandangan hukum Allah sang suami tidak boleh menyingkirkan dia dengan dasar itu saja. Agar sesuai dengan hukum Yehovah, ia (suami)haus tinggal bersama dia (istri) kecuali ia sendiri yang memilih untuk berpisah. Mungkin ia (suami)akan menderita banyak perlawanan, ditekan dan diganggu di dalam banyak hal; ia akan mendapat penghiburan, kekuatan dan pertolongan dari Allah, yang sanggup memberi kasih karunia bagi sitiap keadaan darurat. Ia patutlah menjadi sorang pria yang berpikiran suci, berpendirian teguh, patuh pada prinsip, maka Allah akan memberikan kepadanya hikmat di dalam hal yang patut ia kejar. Dorongan hati tidak akan dapat mengendalikan pertimbangan, tetapi pertimbangan akan memegang garis pengendalian di dalam tangannya yang teguh, sehingga hawa nafsu itu dapat dikekang.

Seorang Istri Diajak untuk Mengubah Pendirian, bukan Statusnya Pernikahan
Saya telah menerima sebuah surat dari suamimu. Saya patut mengatakan bahwa hanya satu perkara saja seorang suami boleh secara syah bercerai dari istrinya atau seorang istri dari suaminya ialah karena perzinaan. Kalau pendirian (watakmu) tidak sesuai (cocok), bukankah tidak lebih baik demi kemuliaan Allah, engkau mengubah pendirianmu itu? Seorang suami dan istri patutlah memupuk rasa hormat dan kasih mereka, kata-kata dan tingkah laku agar tidak ada sesuatu yang dikatakan atau dilakukan yang mengganggu perasaan mereka. Masing-masing patut memperhatikan satu dengan yang lain, berusaha dengan seberapa dapat untuk menguatkan cinta kasih mereka secara timbal balik. Saya beri dorongan kepadamu berdua supaya mencari Tuhan. Di dalam cinta dan sikap manis budi, lakukanlah tugasmu terhadap satu dengan yang lain. Para suami patut memupuk kebiasaan yang rajin, perbuatlah seberapa banyak untuk membantu keluargamu. Hal ini akan menuntun istrimu untuk menghormati suaminya....Saudariku, engkau tidak dapat menyenangkan hati Allah dengan mempertahankan sikap yang ada sekarang ini. Ampunilah suamimu, ia adalah suamimu, dan engkau akan diberkati dalam usaha untuk menjadi seorang istri yang bertanggung jawab dan mencintainya. Engkau dapat dan harus mengubah sikapmu. Kamu berdua haruslah belajar bagaimana caranya dapat menyesuaikan diri satu dengan yang lain, bukan berlawan-lawanan....Dengan menggunakan metode yang lemah lembut akan menghasilkan suatu perbedaan yang mengagumkan di dalam kehidupanmu.

Perceraian dan Keanggotaan Gereja
Mengenai perkaranya saudari A.G. yang terlukai, kita patut mengatakan sebagai jawaban pada pertanyaan...bahwa sebagai suatu kasus dalam peristiwa bagi banyak orang yang telah jatuh dalam dosa, sebagai suaminya, mereka tidak begitu merasa akan kesalahan mereka. Tetapi ada beberapa yang telah diterima ke dalam jemaat, tetapi setelah mereka mendapat kepercayaan umat Allah oleh suatu pengakuan dan suatu masa pertogatan yang sungguh-sungguh. Kasus ini memberikankesulitan bukan terdapat hanya pada beberapa orang saja dan kita hanya dapat menambahkan hal-hal sebagai berikut:

1. Di dalam kasus pelanggaran hukum ketujuh di mana pihak yang bersalah tidak menunjukkan pertobhatan yang benar, jika pihak yang tidak bersalah (hanya mendapat sakit hati) boleh mendapat hak cerai tanpa menjadikan keadaannya dan anak-anaknya (kalau ada) lebih buruk dengan berbuat demikian, mereka harus dibiarkan bebas.

2. Kalau dengan bercerai ia hanya menempatkan dirinya dan anaknya pada keadaan yang lebih buruk, tidak ada tulisan Alkitab yang kita ketahui yang menyatakan bahwa yang tidak bersalah itu salah oleh tetap tinggal bersama-sama.

3. Waktu pekerjaan, doa, kesabaran, iman dan kehidupan yang suci dapat mengadakan sesuatu perubahan. Untuk hidup dengan seorang yang telah melanggar janji pernikahan dan disalut dengan cinta yang telah bersalah yang mempermalukan, dan menyadari bahwa hal itu bukanlah sebagai penyakit kanker yang menggerogoti jiwa; namun suatu perceraian adalah suatu luka dalam hati seumur hidup. Allah mengasihi pihak yang tidak bersalah. Pernikahan harus dipertimbangkan dengan matang sebelum bersatu dalam janji pernikahan.

4. Mengapa! Aduh, mengapa! Pria dan wanita yang boleh menjadi orang-orang terhormat, manusia yang baik, dan dapat mencapai surga akhirnya menjual diri mereka kepada kejahatan dengan harga yang sangat murah, melukai hati teman hidupnya, memalukan nama keluarganya membawa nama buruk kepada pekerjaan dan akhirnya masuk ke neraka? Allah itu mempunyai rakhmat! Mengapa mereka yang telah jatuh dalam kejahatan tidak mau menyatakan pertobatan setimpal dengan besarnya kejahatan mereka dan datang kepada Kristus untuk mendapat belas kasihan dan kesembuhan sebarapa dapat, atas luka-luka yang mereka telah perbuat?
-----------

-RTA

Artikel Terkait:

1. 5 ALASAN KITA TIDAK BERHAK MENILAI DAN MENGHAKIMI HIDUP ORAN

5

[AkhirZaman.org] Manusia hidup di muka bumi untuk sawang-sinawang, saling 'memandang' dan introspeksi. Tetapi bukan berarti kita memiliki hak untuk berkomentar, menilai, apa lagi menghakimi tindak-tanduk manusia lain. ...
149 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. KUNCI PERNIKAHAN BAHAGIA

Kunci

[AkhirZaman.org] Sebagaimana yang mungkin sudah Anda ketahui, hampir 50 % dari pernikahan di zaman sekarang berakhir dengan perceraian, meninggalkan pasangan yang sakit hati dan anak-anak yang kehilangan pegangan. ...
154 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. HOMOSEKSUALITAS

Homoseksualitas

[AkhirZaman.org] Ketidakmurnian Sodom. Aduh, betapa menjengkelkan bagi Allah kurangnya usaha yang dilakukan oleh mereka yang mengaku hamba Allah untuk memurnikan sidang-Nya, usaha yang nampaknya dilakukan dengan sambil lalu saja, tak bersemangat dan tidak menyatakan Roh Kristus. ...
164 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. PERLAKUAN TERHADAP PIKIRAN DAN ANJURAN YANG TIDAK MURNI

Perlakuan

Perlu Kejernihan Pandangan Mata Rohani. [AkhirZaman.org] Belum pernah ada zaman seperti sekarang ini di mana pria dan wanita Kristen dari segala lapisan memerlukan pandangan mata rohani yang jernih. Tidaklah aman mengalihkan pandangan dari Kristus untuk sesaat pun. ...
170 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. MENGABAIKAN HUKUM KETUJUH

Mengabaikan

Hukum Allah Jalan Kebahagiaan. [AkhirZaman.org] Sebelum dunia dibinasakan oleh air bah pada zaman Nuh, penduduk dunia hidup dalam kebejatan. Segala jenis dosa dan kejahatanlah yang mereka lakukan. ...
184 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. DOSA DALAM KELAKUAN YANG TIDAK SENONOH

Dosa

Penyelamatan Dari Dosa Dan Kenajisan. [AkhirZaman.org] Apabila hukum Allah tertulis dalam hati maka itu akan nampak dalam kehidupan yang murni dan suci. Hukum-hukum Allah bukanlah huruf-huruf yang mati. ...
189 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. PERPISAHAN DAN ALASAN PERCERAIAN

PERPISAHAN

PerpisahanSeorang Istri Yang Dikuasai Setan.[AkhirZaman.org] Saudara D yang terhormat: Saya harap perubahan yang nampak dalam diri istrimu pada waktu pertemuan di Chicago akan berlangsung terus dan saya sangat bersyukur kepada Bapa kita yang di surga ketika saya mendengar ...
194 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. TEMAN HIDUP YANG SENGAJA DIBUAT CACAT

TEMAN

Nasihat Untuk Walter dan Laura (Janji Pernikahan Yang Mengikat)[AkhirZaman.org] Tanggal 9 Januari 1888, saya mengadakan wawancara dengan saudara Walter C. Permohonannya yang sungguh-sungguh telah berhasil membujuk saya untuk pergi bersama-sama ke St. Helena untuk berbicara dengan istrinya.... ...
198 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. MENIKAH DENGAN YANG TIDAK SEIMAN

MENIKAH

Kelakuan Teman Hidup Kristen (Tidak Ada Pikiran Untuk Bercerai)[AkhirZaman.org] Ditinjau dari sudut pandang hukum-hukum Tuhan, jika sang istri adalah seorang yang tidak seiman dengan suami dan bersifat menentang, suaminya yang beriman tidak boleh menceraikannya hanya berdasarkan hal tersebut sebagai alasan. ...
202 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. PERNIKAHAN JANDA DENGAN DUDA

Pernikahan

Pernikahan Dalam Usia Lanjut Yang Membawa Kebaikan. [AkhirZaman.org] Saudara Hare yang terhormat: Menjawab surat saudara yang pertama saya terima, saya tidak mempunyai penjelasan mengenai hal yang menjadi perhatian saudara. ...
217 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
Tujuh Cara Meredam Stress...
[AkhirZaman.org] Apakah Anda pernah mengalami kesulitan mengatasi anak-anak...
Read More...
IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...
IMAGE
[RH] KOTA-KOTA HARUS DIBE...
Dan seorang malaikat lain, malaikat kedua, menyusul dia dan berkata, "Sudah...
Read More...
IMAGE
[RH] SETIAP ORANG MENURUT...
Sebab hal kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar...
Read More...
IMAGE
[RH] KHIDMATNYA PENGHAKIM...
Maka la akan menjawab mereka, Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala...
Read More...
IMAGE
[RH] PERSATUAN YANG DICAR...
Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
RI Sayangkan Sikap Malays...
[AkhirZaman.org] Kementerian Luar Negeri Indonesia menyangkan sikap Polisi...
Read More...
IMAGE
Rusia: Kebijakan AS di Su...
[AkhirZaman.org] Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan, kebijakan...
Read More...
IMAGE
Sudah 40 Tahun Tinggal di...
[AkhirZaman.org] Seorang dokter yang telah berada di Amerika Serikat (AS)...
Read More...
IMAGE
Turki Bombardir Afrin, DK...
[AkhirZaman.org] Dewan Keamanan (DK) PBB membahas serangan intensif Turki...
Read More...
IMAGE
China Sebut AS Pembuat On...
[AkhirZaman.org] Surat kabar China menyebut Amerika Serikat sebagai pembuat...
Read More...

Data Kunjungan

017279410
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
5220
10874
22233
104662
272718
16583202
17279410

IP Anda: 54.234.45.10
Tanggal: 2018-01-23 16:23:38

Online Saat Ini

We have 75 guests and no members online