1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

SIKAP HORMAT TERHADAP APA YANG SUCI (1)


littlegirl-bible CopyKarunia Sikap Rasa Hormat
[AkhirZaman.org]
 Satu sifat lain yang indah yang harus dipupuk dengan saksama adalah sikap hormat. Pendidikan dan latihan anak-anak muda haruslah bercorak sedemikian rupa sehingga akan meninggikan apa yang suci dan memberikan dorongan terhadap pengabdian kepada Allah di dalam rumah-Nya. Banyak orang yang mengaku diri sebagai anak-anak Raja sorga tidak mempunyai penghargaan yang benar terhadap perkara-perkara baka yang suci itu.

Allah Harus Diperlakukan dengan Sikap Hormat.
Sikap hormat yang sejati bagi Allah diilhami oleh suatu kesadaran akan kebenaran-Nya yang tidak terbatas itu, dan suatu kesadaran akan hadirat-Nya. Dengan kesadaran terhadap Yang Tidak Kelihatan ini hati setiap anak harus diyakinkan dalam-dalam.

"Allah disegani dalam kalangan orang kudus, dan sangat ditakuti melebihi semua yang ada di sekeliling-Nya." Mazmur 89:8.

Nama-Nya Harus Dihormati.
Sikap hormat juga harus ditunjukkan terhadap nama Allah. Jangan sekali-kali nama itu diucapkan dengan sembarangan. Sekalipun dalam doa menyebutkan nama itu dengan sering dan tidak perlu harus dijauhkan. "Nama-Nya kudus dan dahsyat." Mazmur 111:9. Malaikat-malaikat, apabila mereka mengucapkannya, menutup wajah mereka. Dengan sikap hormat seperti apatah seharusnya kita, yang berdosa dan keji ini, mengucapkannya!

Firman-Nya Suci.
Kita harus menghormati Firman Allah. Terhadap buku itu kita harus menunjukkan sikap hormat, jangan sekali-kali menggunakannya dan memegangnya dengan sembarangan. Dan jangan sekali-kali mengutip Alkitab untuk bersenda gurau atau mengubah kalimat-kalimatnya untuk menyebutkan sesuatu yang lucu. "Semua Firman Allah adalah murni"; bagaikan perak yang teruji, tujuh kali dimurnikan dalam dapur peleburan di tanah." (Amsal 30:5; Mazmur 12:6).

Tempat Berdoa--Allah Ada di Sana.
Di dalam setiap rumah tangga Kristen Allah harus dihormati oleh mempersembahkan doa dan pujian setiap pagi dan petang. Anak-anak harus diajar menghormati dan memuliakan jam berdoa.

Jam dan tempat berdoa dan upacara kebaktian umum harus diajarkan kepada anak-anak sebagai sesuatu yang suci oleh karena Allah ada di sana. Dan apabila sikap hormat dinyatakan dalam sikap serta pembawaan, maka perasaan yang mengilhaminya akan bertambah dalam Rumah Allah--Kaabah Kesucian-Nya.

Baiklah bagi orang tua dan orang muda untuk mempelajari dan merenung-renungkan serta sering mengulangi kata-kata dari Kitab Suci itu, yang menunjukkan bagaimana kita harus memandang tempat yang ditandai oleh hadirat Allah.

"Tanggalkanlah kasutmu dari kakimu," Ia memerintahkan kepada Musa di belukar yang menyala-nyala itu, "oleh karena tempat di mana engkau berdiri itu, adalah tanah yang kudus." Keluaran 3:5.

Yakub, setelah melihat khayal tentang malaikat-malaikat itu, berseru "Sesungguhnya Tuhan ada di tempat ini; dan aku tidak mengetahuinya. . . . Ini tidak lain dari rumah Allah, dan ini adalah pintu gerbang sorga." Kejadian 28:16, 17.

"Tuhan ada dalam bait-Nya yang kudus. Berdiam dirilah di hadapan-Nya Habakuk 2:20.9 Banyak orang. . . .tidak memiliki sikap menghargai dengan sebenarnya terhadap perkara-perkara yang baka dan suci. Hampir semua orang perlu untuk diajar bagaimana caranya membawakan diri di dalam rumah Allah. Orang tua bukan saja harus mengajar, melainkan memerintahkan anak-anak mereka untuk memasuki kaabah itu dengan sikap hormat.

Waspadalah Terhadap Sikap Lalai yang Semakin Bertambah-tambah Itu.
Bored-child CopyDari kesucian yang dikaitkan kepada kaabah di dunia ini, orang Kristen dapat belajar bagaimana seharusnya mereka memandang tempat di mana Tuhan bertemu dengan umat-Nya. Telah terjadi satu perubahan yang besar, bukan karena ke arah yang lebih baik, melainkan ke arah yang lebih jahat, di dalam kebiasaan orang banyak sehubungan dengan kebaktian keagamaan. Perkara-perkara yang indah dan suci yang menghubungkan kita dengan Allah sedang merosot ke taraf perkarka-perkara-perkara yang biasa. Sikap hormat yang ditunjukkan oleh orang banyak zaman dahulu terhadap kaabah itu, di mana mereka bertemu dengan Allah dalam upacara yang suci itu, sebagian besar telah pudar. Namun demikian Allah Sendiri telah memberikan peraturan sehubungan dengan perbaktian kepada-Nya, sambil meninggikan hal itu lebih daripada perkara-perkara yang sifatnya sementara dan biasa.

Rumah Allah sering dinodai, dan hari Sabat dilanggar oleh anak-anak orang-orang yang percaya akan hari Sabat. Di dalam beberapa masalah malahan mereka dibiarkan berlari-lari di sekeliling rumah itu, bermain-main dan berkata-kata, dan menunjukkan sifat mereka yang jahat itu di tempat perkumpulan tempat orang suci harus menyembah Allah di dalam kesucian. Dan tempat yang seharusnya suci, dan di mana ketenangan yang suci harus memenuhinya, dan di mana harus ada aturan yang sempurna, kerapihan dan kerendahan hati, telah dijadikan sebagai satu Babil yang sempurna, "kekacauan." Hal ini cukup untuk menurunkan murka Allah dan menutup hadirat-Nya dari perhimpunan kita.

Kita Mempunyai Lebih Banyak Alasan untuk Bersikap Hormat Lebih daripada Bani Ibrani.
Sangatlah benar bahwa sikap hormat bagi rumah Allah telah hampir-hampir musnah. Perkara-perkara dan tempat-tempat yang suci tidak dipahami, yang suci dan yang mulia tidak dihargai. Apakah tidak ada satu penyebab atas adanya kekurangan dalam peribadatan yang sungguh-sungguh di dalam keluarga kita? Bukankah hal itu disebabkan oleh karena ukuran yang tinggi dari agama itu telah dibiarkan tertimbun di dalam debu? Allah telah memberikan peraturan-peraturan, sempurna dan tepat, kepada umat-Nya pada zaman dahulu. Sudahkah tabiat-Nya berubah? Bukankah Dia adalah Allah yang besar dan berkuasa yang memerintah di dalam langit di atas segala langit? Bukankah baik bagi kita supaya sering membaca segala petunjuk yang diberikan oleh Allah sendiri kepada bangsa Ibrani, agar kita yang mempunyai terang kebenaran yang mulia itu yang bersinar kepada kita bisa meniru sikap hormat mereka terhadap rumah Allah? Kita mempunyai banyak sebab. . . untuk menjadi lebih bersikap hormat di dalam kebaktian kita daripada bangsa Yahudi. Tetapi musuh sedang bekerja untuk menghancurkan iman kita di dalam perbaktian Kristen yang suci itu.

Gereja--Kaabah daripada Perhimpunan Itu.
Rumah adalah kaabah bagi keluarga, dan kamar atau kebun adalah tempat yang paling tenang untuk perbaktian pribadi; tetapi gereja adalah kaabah perhimpunan. Harus ada aturan sehubungan dengan waktu, tempat dan cara perbaktian.

Ajar Anak-anak Masuk dengan Sikap Hormat.
Orang tua, angkat tinggi ukuran kekristenan di dalam pikiran anak-anakmu; bantu mereka menjalin Yesus ke dalam pengalaman mereka; ajar mereka memiliki sikap hormat yang tertinggi bagi rumah Allah dan untuk memahami bahwa bilamana mereka masuk ke dalam rumah Tuhan, itu harus dilakukan dengan hati yang dilembutkan dan dipenuhi oleh pemikiran-pemikiran seperti ini: "Allah ada di sini; ini adalah rumah-Nya. Saya harus mempunyai pikiran yang suci dan motivasi yang paling bersih. Saya tidak boleh mempunyai kesombongan, iri hati, kecemburuan, niat yang jahat, kebencian atau tipu daya di dalam hati saya; oleh karena saya sedang masuk ke dalam hadirat Allah yang suci. Ini adalah tempat di mana Allah bertemu dan memberkati umat-Nya. Yang agung dan suci itu yang menduduki kekekalan sedang memandang kepadaku, menyelidik hatiku, dan membaca segala pikiran dan tindakan hidupku yang tersembunyi.

Tetap Tinggal dengan Orang Tua Mereka.
Cita rasa akhlak orang-orang yang berbakti di dalam kaabah Allah yang suci haruslah diangkat tinggi, diperhalus dan disucikan. Hal ini dengan amat menyedihkan telah diabaikan. Maknanya yang penting itu telah diabaikan, dan sebagai akibatnya ketidakteraturan dan sikap tidak hormat telah merajalela, dan Allah telah dihinakan. Bilamana para pemimpin di dalam sidang, pendeta dan orang banyak, bapa dan ibu, tidak memiliki suatu pandangan yang luhur tentang hal ini, apakah yang dapat diharapkan dari anak-anak yang tidak berpengalaman itu? Mereka sering didapati berkelompok-kelompok, jauh dari orang tua mereka, siapakah yang harus bertanggung jawab atas diri mereka itu. Sekalipun demikian mereka itu berada di hadirat Allah, dan mata-Nya sedang memandang kepada mereka; mereka bersenda gurau; mereka berbisik-bisik dan tertawa, acuh tak acuh, tidak bersikap hormat dan tidak menaruh perhatian.

praying the church CopyHarus Menjadi Siuman dan Tenang.
Janganlah menunjukkan sikap hormat yang begitu sedikit terhadap rumah dan kebaktian kepada Allah sehingga berani berkata-kata satu dengan yang lain selama waktu khotbah. Jikalau mereka yang melakukan kesalahan ini dapat melihat malaikat-malaikat Allah sedang memandang kepada mereka dan mencatat perbuatan mereka itu, maka mereka akan dipenuhi dengan rasa malu dan kekejian diri mereka sendiri. Allah menghendaki orang-orang yang menjadi pendengar yang penuh perhatian. Sementara orang sedang tidur, musuh itu menaburkan lalang.

Janganlah Bertindak Seperti di Satu Tempat yang Biasa.
Harus ada satu tempat yang suci, seperti kaabah pada zaman dahulu, di mana Allah akan bertemu dengan umat-Nya. Tempat itu janganlah digunakan sebagai satu ruangan untuk makan atau seperti satu tempat untuk dagang, melainkan hanya untuk berbakti kepada Allah. Bilamana anak-anak bersekolah di tempat yang sama di mana mereka berkumpul untuk berbakti pada hari Sabat, mereka tidak dapat disuruh untuk merasakan kesucian tempat itu, dan bahwa mereka harus memasukinya dengan disertai sikap hormat. Yang suci dan yang biasa dicampurbaurkan dengan rupa sehingga sukarlah untuk membedakan keduanya.

Dengan alasan inilah rumah atau kaabah Allah yang ditahbiskan kepada Allah jangan dijadikan satu tempat yang biasa. Kesuciannya tidak boleh dicampurbaurkan dengan perasaan atau usaha hidup yang sehari-hari. Harus ada perasaan khidmat di dalam diri orang-orang yang berbakti apabila mereka memasuki kaabah itu, dan mereka harus meninggalkan segala pemikiran duniawi yang biasa, oleh karena itu adalah satu ruang pertemuan dengan Allah yang besar dan kekal; oleh sebab itu kesombongan dan nafsu, pertengkaran dan ketinggian diri, sifat mementingkan diri, dan ketamakan, yang dinyatakan Allah sebagai penyembahan berhala, tidaklah patut bagi tempat seperti itu.

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait:

1. 5 ALASAN KITA TIDAK BERHAK MENILAI DAN MENGHAKIMI HIDUP ORAN

5

[AkhirZaman.org] Manusia hidup di muka bumi untuk sawang-sinawang, saling 'memandang' dan introspeksi. Tetapi bukan berarti kita memiliki hak untuk berkomentar, menilai, apa lagi menghakimi tindak-tanduk manusia lain. ...
150 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. KUNCI PERNIKAHAN BAHAGIA

Kunci

[AkhirZaman.org] Sebagaimana yang mungkin sudah Anda ketahui, hampir 50 % dari pernikahan di zaman sekarang berakhir dengan perceraian, meninggalkan pasangan yang sakit hati dan anak-anak yang kehilangan pegangan. ...
155 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. HOMOSEKSUALITAS

Homoseksualitas

[AkhirZaman.org] Ketidakmurnian Sodom. Aduh, betapa menjengkelkan bagi Allah kurangnya usaha yang dilakukan oleh mereka yang mengaku hamba Allah untuk memurnikan sidang-Nya, usaha yang nampaknya dilakukan dengan sambil lalu saja, tak bersemangat dan tidak menyatakan Roh Kristus. ...
165 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. PERLAKUAN TERHADAP PIKIRAN DAN ANJURAN YANG TIDAK MURNI

Perlakuan

Perlu Kejernihan Pandangan Mata Rohani. [AkhirZaman.org] Belum pernah ada zaman seperti sekarang ini di mana pria dan wanita Kristen dari segala lapisan memerlukan pandangan mata rohani yang jernih. Tidaklah aman mengalihkan pandangan dari Kristus untuk sesaat pun. ...
171 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. MENGABAIKAN HUKUM KETUJUH

Mengabaikan

Hukum Allah Jalan Kebahagiaan. [AkhirZaman.org] Sebelum dunia dibinasakan oleh air bah pada zaman Nuh, penduduk dunia hidup dalam kebejatan. Segala jenis dosa dan kejahatanlah yang mereka lakukan. ...
185 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. DOSA DALAM KELAKUAN YANG TIDAK SENONOH

Dosa

Penyelamatan Dari Dosa Dan Kenajisan. [AkhirZaman.org] Apabila hukum Allah tertulis dalam hati maka itu akan nampak dalam kehidupan yang murni dan suci. Hukum-hukum Allah bukanlah huruf-huruf yang mati. ...
190 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. PERPISAHAN DAN ALASAN PERCERAIAN

PERPISAHAN

PerpisahanSeorang Istri Yang Dikuasai Setan.[AkhirZaman.org] Saudara D yang terhormat: Saya harap perubahan yang nampak dalam diri istrimu pada waktu pertemuan di Chicago akan berlangsung terus dan saya sangat bersyukur kepada Bapa kita yang di surga ketika saya mendengar ...
195 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. TEMAN HIDUP YANG SENGAJA DIBUAT CACAT

TEMAN

Nasihat Untuk Walter dan Laura (Janji Pernikahan Yang Mengikat)[AkhirZaman.org] Tanggal 9 Januari 1888, saya mengadakan wawancara dengan saudara Walter C. Permohonannya yang sungguh-sungguh telah berhasil membujuk saya untuk pergi bersama-sama ke St. Helena untuk berbicara dengan istrinya.... ...
199 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. MENIKAH DENGAN YANG TIDAK SEIMAN

MENIKAH

Kelakuan Teman Hidup Kristen (Tidak Ada Pikiran Untuk Bercerai)[AkhirZaman.org] Ditinjau dari sudut pandang hukum-hukum Tuhan, jika sang istri adalah seorang yang tidak seiman dengan suami dan bersifat menentang, suaminya yang beriman tidak boleh menceraikannya hanya berdasarkan hal tersebut sebagai alasan. ...
203 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. PERNIKAHAN JANDA DENGAN DUDA

Pernikahan

Pernikahan Dalam Usia Lanjut Yang Membawa Kebaikan. [AkhirZaman.org] Saudara Hare yang terhormat: Menjawab surat saudara yang pertama saya terima, saya tidak mempunyai penjelasan mengenai hal yang menjadi perhatian saudara. ...
218 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...
IMAGE
[RH] KOTA-KOTA HARUS DIBE...
Dan seorang malaikat lain, malaikat kedua, menyusul dia dan berkata, "Sudah...
Read More...
IMAGE
[RH] SETIAP ORANG MENURUT...
Sebab hal kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar...
Read More...
IMAGE
[RH] KHIDMATNYA PENGHAKIM...
Maka la akan menjawab mereka, Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala...
Read More...
IMAGE
[RH] PERSATUAN YANG DICAR...
Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
RI Sayangkan Sikap Malays...
[AkhirZaman.org] Kementerian Luar Negeri Indonesia menyangkan sikap Polisi...
Read More...
IMAGE
Rusia: Kebijakan AS di Su...
[AkhirZaman.org] Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan, kebijakan...
Read More...
IMAGE
Sudah 40 Tahun Tinggal di...
[AkhirZaman.org] Seorang dokter yang telah berada di Amerika Serikat (AS)...
Read More...
IMAGE
Turki Bombardir Afrin, DK...
[AkhirZaman.org] Dewan Keamanan (DK) PBB membahas serangan intensif Turki...
Read More...
IMAGE
China Sebut AS Pembuat On...
[AkhirZaman.org] Surat kabar China menyebut Amerika Serikat sebagai pembuat...
Read More...
IMAGE
Tujuh Cara Meredam Stress...
[AkhirZaman.org] Apakah Anda pernah mengalami kesulitan mengatasi anak-anak...
Read More...
IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...

Data Kunjungan

017284187
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
2032
7965
27010
104662
277495
16583202
17284187

IP Anda: 54.82.57.154
Tanggal: 2018-01-24 04:43:00

Online Saat Ini

We have 192 guests and no members online