1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

SABAT-HARI KESUKAAN (2)

qualitytime with family CopySediakan Makanan yang Istimewa pada Waktu Makan.
[AkhirZaman.org] Janganlah kita menyediakan makanan yang lebih banyak pada hari Sabat atau lebih banyak jenis makanan dari hari-hari biasa. Gantinya demikian, makanan itu harus lebih sederhana, dan dikurangi sedikit, supaya pikiran bisa jadi terang dan bergairah untuk memahami perkara-perkara rohani. Makan dengan berlebih-lebihan akan menggelapkan pikiran. Kata-kata yang paling berharga mungkin didengar tetapi tidak dihargai, oleh karena pikiran dikacaukan oleh makanan yang tidak sepatutnya. Oleh makan yang berlebih-lebihan pada hari Sabat, banyak orang telah berbuat lebih banyak perkara yang tidak menghormati Allah daripada yang dipikirkannya. 

Sementara pekerjaan memasak pada hari Sabat harus dihindari, tidak perlulah bagi kita memakan makanan yang dingin. Di dalam cuaca yang dingin biarlah makanan yang disediakan pada hari sebelumnya dipanaskan. Dan biarlah makanan itu, sekalipun sederhana, disajikan dengan menarik dan lezat. Sediakanlah sesuatu yang akan dianggap sebagai makanan yang istimewa, sesuatu yang tidak diperoleh anggota keluarga setiap hari."

Istirahat dari Hari Itu Berharga. 
Sekolah Sabat dan kumpulan kebaktian hanyalah mengambil sebagian daripada hari Sabat. Bagian yang sisa bagi keluarga dapat dijadikan sebagai waktu yang paling suci dan paling indah dari segala jam-jam hari Sabat itu. Sebagian besar dari waktu ini harus digunakan oleh orang tua bersama-sama dengan anak-anak mereka.

Rencanakan Bacaan dan pembicaraan yang Patut.
Hari Sabat--Oh! jadikanlah itu sebagai hari yang paling indah dan yang paling berbahagia dari hari-hari sepanjang minggu. . . .

Orang tua dapat dan harus memberikan perhatian kepada anak-anak mereka, membacakan kepada mereka bagian-bagian yang paling menarik dari sejarah Alkitab, sambil mendidik mereka untuk menghormati hari Sabat, dan memeliharanya sesuai dengan hukum itu. Hal ini tidak dapat dilaksanakan bilamana orang tua tidak merasakan perlunya menarik perhatian anak-anak mereka. Tetapi mereka dapat menjadikan hari Sabat sebagai hari kesukaan jikalau mereka mengadakan langkah-langkah yang patut. Anak-anak bisa dijadikan tertarik kepada bacaan yang baik atau pembicaraan yang baik tentang keselamatan jiwa mereka. Tetapi mereka harus dididik dan dilatih. Hati yang alamiah tidaklah suka untuk memikirkan tentang Allah, tentang sorga, atau tentang perkara-perkara sorga. Harus ada usaha yang terus-menerus untuk membendung arus keduniawian dan kecenderungan kepada kejahatan dan membiarkan terang sorga itu masuk.

Jangan Bersikap Acuh tak Acuh Terhadap Kegiatan Anak-anak.
Telah didapati bahwa pada hari Sabat banyak orang yang bersikap acuh tak acuh dan tidak mengetahui di mana anak-anak mereka itu berada, dan apa yang mereka sedang lakukan.

Para orang tua, di atas segala sesuatunya awasilah anak-anakmu pada hari Sabat. Jangan biarkan mereka melanggar hari Allah yang suci dengan bermain-main di dalam atau di luar rumah. Jikalau engkau membiarkan anak-anakmu itu berbuat demikian, maka itu berarti engkau sendiri mengadakan pelanggaran terhadap hari Sabat, dan bilamana engkau membiarkan anak-anakmu berjalan-jalan serta membiarkan mereka bermain-main pada hari Sabat, maka Allah menganggap kamu sebagai orang-orang yang melanggar hari Sabat.

Di Luar Rumah Bersama-sama dengan Anak-anak.
Young people out in the park CopyOrang tua dapat membawa anak-anak mereka keluar rumah untuk melihat Allah di alam. Kepada mereka dapat dibawa pada bunga-bunga yang sedng mekar dan kuncup yang sedang berkembang, pepohonan yang tinggi dan rumput-rumput yang indah, dan mengajarkan bahwa Allah telah menjadikan semuanya ini dalam enam hari dan beristirahat pada hari yang ketujuh dan menyucikannya. Dengan demikian orang tua dapat menanamkan segala pelajaran ini ke dalam diri anak-anak mereka, sehingga bilamana anak-anak ini memandang kepada benda-benda alam itu, mereka akan dapat mengingat Khalik mereka yang agung itu. Pikiran mereka akan dituntun kepada Allah alam ini--kembali kepada saat dijadikannya dunia ini, bilamana dasar daripada hari Sabat diletakkan, dan semua anak-anak Allah berseru-seru dalam kesukaan. Demikianlah pelajaran-pelajaran seperti itu harus ditanamkan di dalam pikiran anak-anak kita.

Janganlah kita mengajarkan kepada anak-anak kita bahwa mereka tidak boleh merasa senang pada hari Sabat, bahwa salahlah berjalan-jalan di luar rumah. Oh, tidak. Kristus menuntun murid-murid-Nya pergi ke luar ke tepi danau pada hari Sabat dan mengajar mereka. Khotbah-khotbah-Nya pada hari Sabat tidaklah selalu diberikan di dalam ruangan yang tertutup.

Pelajaran-pelajaran Lain dari Alam--Bahan-bahan Pelajaran. 
Ajar anak-anak melihat Kristus di dalam alam. Bawa mereka ke ruang terbuka, di bawah pohon-pohon yang tinggi, ke dalam taman; dan di alam kejadian yang indah itu ajar mereka untuk melihat pernyataan kasih-Nya. Ajar mereka bahwa Ia menjadikan undang-undang yang memerintah segala benda hidup, bahwa Ia telah menjadikannya sebagai undang-undang bagi kita, dan semua undang-undang ini adalah demi kebahagiaan dan kesenangan kita. Jangan jadikan mereka letih dengan doa yang panjang-panjang dan nasihat-nasihat yang membosankan, tetapi melalui bahan-bahan pelajaran dari alam ajar mereka mentaati hukum Allah.

Berikan Pandangan yang Benar Tentang Tabiat Allah. 
Bagaimanakah anak-anak dapat menerima suatu pengetahuan yang lebih tepat mengenai Allah, dan pikiran mereka dapat diyakinkan dengan lebih baik, selain dengan memakai sebagian dari waktu mereka di luar rumah, bukan untuk bermain-main, tetapi bersama dengan orang tua mereka? Biarlah pikiran mereka yang masih muda itu didekatkan dengan Allah dalam pemandangan-pemandangan yang indah dari alam; biarlah perhatian mereka diarahkan kepada bukti-bukti kasih-Nya kepada manusia di dalam hasil ciptaan-Nya, dan merekapun akan menjadi tertarik. Mereka tidak akan berada dalam bahaya untuk menyamakan tabiat Allah dengan sesuatu yang bersifat keras dan kejam; tetapi apabila mereka melihat benda-benda yang indah yang telah diciptakan-Nya demi kebahagiaan manusia, mereka akan dituntun untuk memandang Dia sebagai seorang Bapa yang lemah lembut dan penuh kasih. Mereka akan melihat bahwa segala larangan dan nasihat-Nya dan penuh kasih. Mereka akan melihat bahwa segala larangan dan nasihat-Nya diadakan bukan sekedar untuk menunjukkan kuasa dan wewenang-Nya, tetapi bahwa Ia memikirkan kebahagiaan anak-anak-Nya. Apabila tabiat Allah terlihat dalam aspek-aspek kasih, dermawan, keindahan dan penuh dengan penarikan, maka mereka akan ditarik untuk mengasihi Dia. Engkau dapat mengarahkan pikiran mereka kepada burung-burung yang indah yang memenuhi udara dengan nyanyian-nyanyiannya yang menggembirakan, ke rumput-rumput dan bunga-bunga yang berwarna-warni di dalam kesempurnaan mereka menjadikan udara semerbak dengan harum baunya. Semuanya ini menyatakan kasih dan keahlian Seniman sorga itu, dan menunjukkan kemuliaan Allah.

Orang tua, mengapa tidak menggunakan pelajaran-pelajaran indah yang telah diberikan Allah kepada kita di dalam buku alam, untuk memberikan kepada anak-anak kita suatu pendapat yang benar tentang tabiat-Nya? Mereka yang mengorbankan kesederhanaan kepada mode dan menutup diri mereka sendiri dan keindahan alam tidak bisa menjadi orang yang berpikiran rohani. Mereka tidak dapat memahami keahlian dan kuasa Allah sebagaimana yang dinyatakan dalam hasil ciptaan-Nya; oleh sebab itu hati mereka tidak dipenuhi oleh kasih dan perhatian yang baru, dan mereka tidak dipenuhi dengan rasa kagum dan hormat apabila mereka melihat Allah di alam.

Satu Hari untuk Mengalami Kehidupan di Eden. 
Nilai hari Sabat sebagai alat pendidikan adalah di luar perkiraan. Apapun yang kita miliki dituntut Allah dari kita, Ia kembalikan lagi dengan lebih limpah, dan dipermuliakan dengan kemuliaan-Nya sendiri. . .

Hari Sabat dan rumah tangga sama-sama ditetapkan di Eden, dan di dalam rencana Allah keduanya itu berhubungan dengan eratnya sehingga tidak dapat dipisahkan. Pada zaman ini lebih dari yang lainnya, adalah mungkin bagi kita untuk mengalami kehidupan Eden. Rencana Allah dalam kebaktian dan rekreasi, bapa sebagai imam rumah tangganya, dan baik bapa dan ibu sebagai para guru dan sahabat anak-anak mreka. Tetapi akibat-akibat dosa, setelah mengubahkan keadaan hidup, sedemikian jauh telah menghalangi pergaulan seperti itu. Sering bapa sepanjang minggu tidak melihat wajah anak-anaknya. Ia hampir-hampir tidak mempunyai kesempatan untuk bersahabat atau untuk memberikan petunjuk. Tetapi kasih Allah telah menetapkan satu batas kepada tuntutan dari usaha pekerjaan. Ia telah meletakkan tangan-Nya yang penuh dengan rahmat itu ke atas hari Sabat. Pada hari-Nya sendiri Ia telah mengasingkan kesempatan bagi keluarga untuk berhubungan dengan Dia, dengan alam, dan satu dengan yang lainnya.

Happy Family 17 CopyJadikan Hari Sabat Sebagai Satu Kesukaan. 
Semua orang yang mengasihi Allah harus berbuat apa yang mereka dapat lakukan untuk menjadikan hari Sabat sebagai suatu kesukaan, suci dan mulia. Mereka tidak dapat melakukan hal ini oleh mencari kesenangan mereka sendiri dalam hiburan-hiburan yang keji dan terlarang. Namun demikian mereka dapat berbuat banyak untuk meninggikan hari Sabat di dalam keluarga mereka dan menjadikannya sebagai hari yang paling menarik sepanjang minggu. Suatu perubahan akan memberikan satu pengaruh yang menyenangkan terhadap mereka. Kita bisa berjalan-jalan bersama-sama dengan mereka di udara terbuka; kita bisa duduk bersama dengan mereka di kebun-kebun dan di bawah sinar matahari, dan memberikan kepada pikiran mereka yang selalu bekerja itu sesuatu untuk dipikirkan dengan bercakap-cakap bersama-sama mereka tentang pekerjaan Allah, dan mengilhami mereka dengan kasih serta sikap hormat dengan menarik perhatian mereka kepada benda-benda yang indah di alam.

Hari Sabat harus dijadikan demikian menariknya kepada keluarga kita sehingga kedatangannya setiap minggu akan disambut dengan penuh kesukaan. Orang tua tidak dapat meninggikan dan mempermuliakan hari Sabat dengan cara yang lebih baik daripada dengan cara memberikan pengajaran-pengajaran yang patut kepada keluarga mereka dan menjadikan mereka tertarik dengan perkara-perkara rohani, sambil memberikan kepada mereka pandangan yang benar tentang tabiat Allah dan apa yang dituntut-Nya dari kita supaya dapat menyempurnakan tabiat Kristen dan memperoleh hidup kekal. Orang tua, jadikan hari Sabat sebagai satu kesukaan, agar anak-anakmu selalu menunggu-nunggu kehadirannya dan memberikan satu sambutan di dalam hati mereka terhadap hari itu.

Tutup Hari Sabat dengan Doa dan Nyanyian
Apabila matahari terbenam, biarlah doa dan nyanyian pujian menandai akhir daripada jam-jam yang suci itu, dan mengundang hadirat Allah sepanjang minggu kerja yang baru.

Dengan demikian orang tua dapat menjadikan hari Sabat, sebagaimana harusnya, sebagai hari yang paling menyenangkan sepanjang minggu. Mereka dapat menuntun anak-anak mereka supaya memandangnya sebagai satu hari kesukaan, hari di atas segala hari, satu kesucian Tuhan, dan hari yang mulia.

 

 

 

 

 

Artikel Terkait:

1. 5 ALASAN KITA TIDAK BERHAK MENILAI DAN MENGHAKIMI HIDUP ORAN

5

[AkhirZaman.org] Manusia hidup di muka bumi untuk sawang-sinawang, saling 'memandang' dan introspeksi. Tetapi bukan berarti kita memiliki hak untuk berkomentar, menilai, apa lagi menghakimi tindak-tanduk manusia lain. ...
149 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. KUNCI PERNIKAHAN BAHAGIA

Kunci

[AkhirZaman.org] Sebagaimana yang mungkin sudah Anda ketahui, hampir 50 % dari pernikahan di zaman sekarang berakhir dengan perceraian, meninggalkan pasangan yang sakit hati dan anak-anak yang kehilangan pegangan. ...
154 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. HOMOSEKSUALITAS

Homoseksualitas

[AkhirZaman.org] Ketidakmurnian Sodom. Aduh, betapa menjengkelkan bagi Allah kurangnya usaha yang dilakukan oleh mereka yang mengaku hamba Allah untuk memurnikan sidang-Nya, usaha yang nampaknya dilakukan dengan sambil lalu saja, tak bersemangat dan tidak menyatakan Roh Kristus. ...
164 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. PERLAKUAN TERHADAP PIKIRAN DAN ANJURAN YANG TIDAK MURNI

Perlakuan

Perlu Kejernihan Pandangan Mata Rohani. [AkhirZaman.org] Belum pernah ada zaman seperti sekarang ini di mana pria dan wanita Kristen dari segala lapisan memerlukan pandangan mata rohani yang jernih. Tidaklah aman mengalihkan pandangan dari Kristus untuk sesaat pun. ...
170 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. MENGABAIKAN HUKUM KETUJUH

Mengabaikan

Hukum Allah Jalan Kebahagiaan. [AkhirZaman.org] Sebelum dunia dibinasakan oleh air bah pada zaman Nuh, penduduk dunia hidup dalam kebejatan. Segala jenis dosa dan kejahatanlah yang mereka lakukan. ...
184 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. DOSA DALAM KELAKUAN YANG TIDAK SENONOH

Dosa

Penyelamatan Dari Dosa Dan Kenajisan. [AkhirZaman.org] Apabila hukum Allah tertulis dalam hati maka itu akan nampak dalam kehidupan yang murni dan suci. Hukum-hukum Allah bukanlah huruf-huruf yang mati. ...
189 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. PERPISAHAN DAN ALASAN PERCERAIAN

PERPISAHAN

PerpisahanSeorang Istri Yang Dikuasai Setan.[AkhirZaman.org] Saudara D yang terhormat: Saya harap perubahan yang nampak dalam diri istrimu pada waktu pertemuan di Chicago akan berlangsung terus dan saya sangat bersyukur kepada Bapa kita yang di surga ketika saya mendengar ...
194 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. TEMAN HIDUP YANG SENGAJA DIBUAT CACAT

TEMAN

Nasihat Untuk Walter dan Laura (Janji Pernikahan Yang Mengikat)[AkhirZaman.org] Tanggal 9 Januari 1888, saya mengadakan wawancara dengan saudara Walter C. Permohonannya yang sungguh-sungguh telah berhasil membujuk saya untuk pergi bersama-sama ke St. Helena untuk berbicara dengan istrinya.... ...
198 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. MENIKAH DENGAN YANG TIDAK SEIMAN

MENIKAH

Kelakuan Teman Hidup Kristen (Tidak Ada Pikiran Untuk Bercerai)[AkhirZaman.org] Ditinjau dari sudut pandang hukum-hukum Tuhan, jika sang istri adalah seorang yang tidak seiman dengan suami dan bersifat menentang, suaminya yang beriman tidak boleh menceraikannya hanya berdasarkan hal tersebut sebagai alasan. ...
202 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. PERNIKAHAN JANDA DENGAN DUDA

Pernikahan

Pernikahan Dalam Usia Lanjut Yang Membawa Kebaikan. [AkhirZaman.org] Saudara Hare yang terhormat: Menjawab surat saudara yang pertama saya terima, saya tidak mempunyai penjelasan mengenai hal yang menjadi perhatian saudara. ...
217 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
[RH] KOTA-KOTA HARUS DIBE...
Dan seorang malaikat lain, malaikat kedua, menyusul dia dan berkata, "Sudah...
Read More...
IMAGE
[RH] SETIAP ORANG MENURUT...
Sebab hal kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar...
Read More...
IMAGE
[RH] KHIDMATNYA PENGHAKIM...
Maka la akan menjawab mereka, Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala...
Read More...
IMAGE
[RH] PERSATUAN YANG DICAR...
Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
RI Sayangkan Sikap Malays...
[AkhirZaman.org] Kementerian Luar Negeri Indonesia menyangkan sikap Polisi...
Read More...
IMAGE
Rusia: Kebijakan AS di Su...
[AkhirZaman.org] Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan, kebijakan...
Read More...
IMAGE
Sudah 40 Tahun Tinggal di...
[AkhirZaman.org] Seorang dokter yang telah berada di Amerika Serikat (AS)...
Read More...
IMAGE
Turki Bombardir Afrin, DK...
[AkhirZaman.org] Dewan Keamanan (DK) PBB membahas serangan intensif Turki...
Read More...
IMAGE
China Sebut AS Pembuat On...
[AkhirZaman.org] Surat kabar China menyebut Amerika Serikat sebagai pembuat...
Read More...
IMAGE
Tujuh Cara Meredam Stress...
[AkhirZaman.org] Apakah Anda pernah mengalami kesulitan mengatasi anak-anak...
Read More...
IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...

Data Kunjungan

017279395
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
5205
10874
22218
104662
272703
16583202
17279395

IP Anda: 54.234.45.10
Tanggal: 2018-01-23 16:20:41

Online Saat Ini

We have 73 guests and no members online