1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Rumah Tangga dan Kumpulan Pertarakan (2)

family-cooking-healthy CopyCita Rasa dan Selera Makan Harus Dididik.
[AkhirZaman.org]Orang tua harus menjadikan sebagai tugas yang pertama untuk memahami undang-undang hidup dan kesehatan, agar jangan ada satu pun hal yang mereka lakukan menyediakan makanan, atau melalui kebiasaan lainnya, yang akan perkembangkan kecenderungan-kecenderungan yang salah di dalam diri anak-anak mereka. Betapa cermatnya para ibu harus mempelajari cara untuk menyediakan meja makan mereka dengan makanan yang sederhana dan menyehatkan, agar jangan alat-alat pencernaan dilemahkan, kekuatan syaraf dijadikan tidak seimbang, dan petunjuk yang harus mereka berikan kepada anak-anak mereka dilawan oleh makanan yang di di hadapan mereka. Makanan akan melemahkan atau menguatkan alat-alat dalam perut dan mempunyai pengaruh yang banyak dalam mengendalikan kesehatan tubuh dan akhlak anak-anak, yang merupakan milik yang telah dibeli dengan darah.

Betapa satu tugas yang suci yang diserahkan kepada orang tua, untuk melindungi bangunan tubuh dan akhlak anak-anak mereka, agar susunan syaraf dijadikan seimbang dan jiwa tidak terancam bahaya!

Saudari-saudari kita dapat berbuat banyak dalam tugas besar untuk keselamatan orang lain dengan menghidangkan hanya makanan yang bergizi dan menyehatkan di atas meja makan mereka. Mereka dapat menggunakan waktu mereka yang berharga dalam mendidik cita rasa dan selera makan anak-anak mereka, dalam membentuk kebiasaan untuk bertarak dalam segala hal, dan dalam mengembangkan penyangkalan diri dan kedermawanan demi kebaikan orang lain.

Orang Tua yang Lalai Bertanggung Jawab.
Banyak orang tua, untuk menghindarkan diri dari tugas supaya dengan sabar mendidik anak-anak mereka kepada kebiasaan menyangkal diri, telah memanjakan mereka dalam hal makan dan minum kapan saja mereka kehendaki. Keinginan untuk memuaskan cita rasa dan memuaskan kecenderungan tidaklah berkurang dengan bertambahnya usia mereka; dan anak-anak muda yang dimanjakan ini, apabila mereka bertumbuh, diperintah oleh dorongan hati, menjadi budak kepada selera makan. Bilamana mereka mengambil tempat mereka di antara masyarakat dan memulai hidup bagi diri mereka sendiri, maka mereka tidak berdaya melawan penggodaan. Di dalam diri orang yang gelojoh, pecandu tembakau, . . . dan di dalam diri pemabuk kita menyaksikan akibat-akibat buruk dari pendidikan yang salah....

Bilamana kita mendengar ratapan yang menyedihkan dari orang orang Kristen terhadap akibat-akibat yang mengerikan dari kebiasaan yang tidak bertarak itu, dengan segera pertanyaan timbul: Siapakah yang telah mendidik anak-anak muda itu? Siapakah yang telah memperkembangkan di dalam diri.mereka selera makan yang tidak patut ini? Siapakah yang telah mengabaikan tanggung jawab yang khidmat untuk membentuk tabiat mereka agar dapat berguna di dalam dunia ini dan dapat bersahabat dengan malaikat malaikat sorga di dalam hidup yang akan datang nanti?

Pekerjaan yang Sesungguhnya Dimulai di Rumah Tangga.
Dimulai di rumah tanggalah pekerjaan yang sebenarnya itu harus dimulai. Beban yang terbesar terletak di atas bahu mereka yang mempunyai tanggung jawab untuk mendidik anak-anak muda, untuk membentuk tabiat mereka. Di sini ia satu pekerjaan bagi kaum ibu, dalam menolong anak-anak mereka untuk membentuk kebiasaan yang benar dan cita rasa yang bersih, untuk memperkembangkan ketahanan akhlak, nilai akhlak yang sejati. Ajar mereka agar jangan mau dipengaruhi oleh orang lain, agar mereka jangan mau menyerah kepada pengaruh-pengaruh yang salah, melainkan mempengaruhi orang-orang lain kepada hal yang baik, untuk mengangkat dan mengagungkan orang-orang teman sepergaulan mereka. Ajarkan kepada mereka bahwa jikalau menghubungkan diri mereka dengan Allah, maka mereka akan beroleh kekuatan dari Dia untuk melawan penggodaan yang paling hebat sekalipun.

Kebiasaan Bertarak Bukanlah Satu Perkara untuk Dijadikan Bahan Senda Gurau.
Banyak orang menjadikan pelajaran tentang pertarakan sebagai bahan untuk senda gurau. Mereka mengatakan bahwa Tuhan tidak terlalu menyusahkan diri-Nya dengan perkara-perkara remeh seperti soal makan dan minum. Tetapi jikalau Tuhan tidak mempedulikan hal-hal ini, maka Ia tidak akan menyatakan diri-Nya Sendiri kepada isteri Manaoh, sambil memberikan kepadanya petunjuk yang pasti dan dua kali memerintahkan dia supaya berhati-hati jangan sampai dia mengabaikannya. Bukankah ini satu bukti yang cukup bahwa Ia memang memperhatikan semuanya ini?

Pembaharuan Dimulai di dalam Diri Ibu.
Sikap berhati-hati dengan mana seorang ibu harus menjaga kebiasaan hidupnya, diajarkan di dalam Kitab Suci. Pembaharuan harus dimulai di dalam diri ibu sebelum kelahiran anak-anaknya; dan jikalau petunjuk-petunjuk Allah ditaati dengan setia, maka kebiasaan tidak bertarak tidak akan ada.

Bukan hanya kebiasaan-kebiasaan ibu, tetapi juga pendidikan anak tercakup dalam petunjuk malaikat yang diberikan kepada kaum ibu bangsa Ibrani. Tidaklah cukup bahwa Simson, anak yang akan membebaskan Israel itu, memperoleh satu warisan yang baik pada waktu dilahirkan. Hal ini harus diikuti oleh pendidikan yang saksama. Dari sejak masa bayi ia harus dilatih kepada kebiasaan bertarak dengan ketat....

Perintah yang diberikan sehubungan dengan anak-anak Ibrani mengajarkan kepada kita bahwa tidak ada sesuatu yang mempengaruhi kesejahteraan jasmani daripada seorang anak bisa diabaikan. Tidak ada sesuatu yang tidak penting. Setiap pengaruh yang mempengaruhi kesehatan tubuh mempunyai pengaruh terhadap pikiran dan tabiat.

Pertarakan dan pengendalian diri harus diajarkan semenjak di atas buaian. Di atas bahu ibu terletak sebagian besar beban pekerjaan ini, dan dengan dibantu oleh bapa, ia dapat melaksanakannya dengan berhasil.

Teruskan Pelajaran pelajaran Itu di Rumah Tangga dan di Sekolah.
Fast-food-you-should-eat CopyAdalah satu perkara yang paling sukar untuk menghapuskan kebiasaan-kebiasaan yang telah dimanjakan sepanjang umur hidup dan telah mendidik selera makan. Sifat jahat ketiadaan bertarak ini tidak mudah dikalahkan. Hal itu mempunyai kekuatan raksasa dan sukar dikalahkan. Tetapi biarlah para orang tua memulai satu usaha untuk melawan kebiasaan tidak bertarak di rumah tangga mereka sendiri, di dalam keluarga mereka sendiri, di dalam prinsip-prinsip yang mereka ajarkan kepada anak-anak agar mereka ikuti semenjak masa bayi mereka, dan mereka bisa berharap untuk berhasil. Itu akan memberikan upah kepadamu, para ibu, untuk menggunakan jam-jam yang berharga yang telah Allah berikan kepadamu dalam membentuk, memperkembangkan dan dalam mendidik tabiat anak-anakmu, dan dalam mengajar mereka untuk berpegang teguh kepada prinsip-prinsip pertarakan dalam hal makan dan minum.

Petunjuk dalam bidang ini harus diberikan di dalam setiap sekolah dan di dalam setiap rumah tangga. Anak-anak dan orang muda harus memahami pengaruh alkohol, tembakau dan racun racun lainnya yang sejenis dalam merusak tubuh, menggelapkan pikiran, dan menodai jiwa. Harus dijelaskan bahwa tidak seorangpun yang menggunakan bahan-bahan ini dapat memiliki kekuatan yang sepenuhnya dari jasmani, pikiran atau akhlak untuk jangka waktu yang lama.

Jelaskan Akibat akibat Penyelewengan yang Kecil kecil.
Awal daripada kejahatan harus dicegah. Di dalam petunjuk yang diberikan kepada orang muda akibat-akibat penyelewengan yang nampaknya kecil dari yang benar harus dijelaskan.... Biarlah anak-anak muda diingatkan dengan pemikiran bahwa mereka harus menjadikan majikan, dan bukan budak. Dari kerajaan yang ada di dalam diri mereka Allah telah menjadikan mereka sebagai pemerintah, dan mereka harus menggunakan kuasa mereka sebagai raja yang telah ditetapkan Allah bagi mereka itu. Bilamana petunjuk-petunjuk seperti itu dengan setia diberikan, maka akibatnya akan terasa bukan hanya pada diri anak-anak muda itu saja. Pengaruh-pengaruhnya akan meluas, yang akan dapat menyelamatkan ribuan pria dan wanita yang sudah berada di tepi jurang kebinasaan.

Bangun Ketahanan Akhlak yang akan Melawan Penggodaan.
Usaha pribadi di pihak yang benar diperlukan untuk mengalahkan kejahatan dari kebiasaan tidak bertarak yang sedang bertambah-tambah itu. Oh, sekiranya kita dapat menemukan kata-kata yang dapat membakar dan menembusi hati setiap orang tua di dalam negeri ini!

Orang tua dapat meletakkan bagi anak-anak mereka dasar untuk kehidupan yang sehat dan berbahagia. Mereka dapat membiarkan anak-anak mereka itu pergi dari rumah mereka dengan ketahanan akhlak untuk melawan penggodaan, dan dengan keberanian dan kekuatan untuk bergumul melawan persoalan-persoalan hidup dengan berhasil. Mereka dapat memberikan inspirasi kepada anak-anak mereka itu tentang tujuannya memperkembangkan kesanggupan untuk menjadikan hidup mereka satu kehormatan bagi Allah dan satu berkat bagi dunia ini. Mereka dapat meluruskan jalan untuk kaki anak-anak mereka itu melalui sinar matahari dan bayang gelap, untuk menuju ke tempat yang mulia di atas.

Allah mengajak kita supaya berdiri di atas mimbar yang luas dari kebiasaan bertarak dalam hal makan, minum dan berpakaian. Orang tua, tidak maukah engkau bangun dan menyadari akan tanggung jawab yang telah diberikan Allah kepadamu? Pelajarilah prinsip pembaharuan kesehatan dan ajarkan kepada anak-anakmu bahwa jalan penyangkalan diri adalah satu-satunya jalan yang selamat.

Mendidik & Membimbing Anak, Pasal 64

 

 

 

 

Artikel Terkait:

1. 5 ALASAN KITA TIDAK BERHAK MENILAI DAN MENGHAKIMI HIDUP ORAN

5

[AkhirZaman.org] Manusia hidup di muka bumi untuk sawang-sinawang, saling 'memandang' dan introspeksi. Tetapi bukan berarti kita memiliki hak untuk berkomentar, menilai, apa lagi menghakimi tindak-tanduk manusia lain. ...
150 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. KUNCI PERNIKAHAN BAHAGIA

Kunci

[AkhirZaman.org] Sebagaimana yang mungkin sudah Anda ketahui, hampir 50 % dari pernikahan di zaman sekarang berakhir dengan perceraian, meninggalkan pasangan yang sakit hati dan anak-anak yang kehilangan pegangan. ...
155 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. HOMOSEKSUALITAS

Homoseksualitas

[AkhirZaman.org] Ketidakmurnian Sodom. Aduh, betapa menjengkelkan bagi Allah kurangnya usaha yang dilakukan oleh mereka yang mengaku hamba Allah untuk memurnikan sidang-Nya, usaha yang nampaknya dilakukan dengan sambil lalu saja, tak bersemangat dan tidak menyatakan Roh Kristus. ...
165 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. PERLAKUAN TERHADAP PIKIRAN DAN ANJURAN YANG TIDAK MURNI

Perlakuan

Perlu Kejernihan Pandangan Mata Rohani. [AkhirZaman.org] Belum pernah ada zaman seperti sekarang ini di mana pria dan wanita Kristen dari segala lapisan memerlukan pandangan mata rohani yang jernih. Tidaklah aman mengalihkan pandangan dari Kristus untuk sesaat pun. ...
171 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. MENGABAIKAN HUKUM KETUJUH

Mengabaikan

Hukum Allah Jalan Kebahagiaan. [AkhirZaman.org] Sebelum dunia dibinasakan oleh air bah pada zaman Nuh, penduduk dunia hidup dalam kebejatan. Segala jenis dosa dan kejahatanlah yang mereka lakukan. ...
185 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. DOSA DALAM KELAKUAN YANG TIDAK SENONOH

Dosa

Penyelamatan Dari Dosa Dan Kenajisan. [AkhirZaman.org] Apabila hukum Allah tertulis dalam hati maka itu akan nampak dalam kehidupan yang murni dan suci. Hukum-hukum Allah bukanlah huruf-huruf yang mati. ...
190 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. PERPISAHAN DAN ALASAN PERCERAIAN

PERPISAHAN

PerpisahanSeorang Istri Yang Dikuasai Setan.[AkhirZaman.org] Saudara D yang terhormat: Saya harap perubahan yang nampak dalam diri istrimu pada waktu pertemuan di Chicago akan berlangsung terus dan saya sangat bersyukur kepada Bapa kita yang di surga ketika saya mendengar ...
195 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. TEMAN HIDUP YANG SENGAJA DIBUAT CACAT

TEMAN

Nasihat Untuk Walter dan Laura (Janji Pernikahan Yang Mengikat)[AkhirZaman.org] Tanggal 9 Januari 1888, saya mengadakan wawancara dengan saudara Walter C. Permohonannya yang sungguh-sungguh telah berhasil membujuk saya untuk pergi bersama-sama ke St. Helena untuk berbicara dengan istrinya.... ...
199 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. MENIKAH DENGAN YANG TIDAK SEIMAN

MENIKAH

Kelakuan Teman Hidup Kristen (Tidak Ada Pikiran Untuk Bercerai)[AkhirZaman.org] Ditinjau dari sudut pandang hukum-hukum Tuhan, jika sang istri adalah seorang yang tidak seiman dengan suami dan bersifat menentang, suaminya yang beriman tidak boleh menceraikannya hanya berdasarkan hal tersebut sebagai alasan. ...
203 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. PERNIKAHAN JANDA DENGAN DUDA

Pernikahan

Pernikahan Dalam Usia Lanjut Yang Membawa Kebaikan. [AkhirZaman.org] Saudara Hare yang terhormat: Menjawab surat saudara yang pertama saya terima, saya tidak mempunyai penjelasan mengenai hal yang menjadi perhatian saudara. ...
218 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
[RH] KOTA-KOTA HARUS DIBE...
Dan seorang malaikat lain, malaikat kedua, menyusul dia dan berkata, "Sudah...
Read More...
IMAGE
[RH] SETIAP ORANG MENURUT...
Sebab hal kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar...
Read More...
IMAGE
[RH] KHIDMATNYA PENGHAKIM...
Maka la akan menjawab mereka, Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala...
Read More...
IMAGE
[RH] PERSATUAN YANG DICAR...
Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
RI Sayangkan Sikap Malays...
[AkhirZaman.org] Kementerian Luar Negeri Indonesia menyangkan sikap Polisi...
Read More...
IMAGE
Rusia: Kebijakan AS di Su...
[AkhirZaman.org] Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan, kebijakan...
Read More...
IMAGE
Sudah 40 Tahun Tinggal di...
[AkhirZaman.org] Seorang dokter yang telah berada di Amerika Serikat (AS)...
Read More...
IMAGE
Turki Bombardir Afrin, DK...
[AkhirZaman.org] Dewan Keamanan (DK) PBB membahas serangan intensif Turki...
Read More...
IMAGE
China Sebut AS Pembuat On...
[AkhirZaman.org] Surat kabar China menyebut Amerika Serikat sebagai pembuat...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...
IMAGE
Tujuh Cara Meredam Stress...
[AkhirZaman.org] Apakah Anda pernah mengalami kesulitan mengatasi anak-anak...
Read More...
IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...

Data Kunjungan

017284148
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
1993
7965
26971
104662
277456
16583202
17284148

IP Anda: 54.82.57.154
Tanggal: 2018-01-24 04:39:44

Online Saat Ini

We have 194 guests and no members online