1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Peranan Seimbang Antara Suami dan Istri

suami_istri1

[AkhirZaman.org] Hidup rukun dan sejahtera dalam rumah tangga bukanlah hasil cinta sehari, atau turun dari langit, uangpun tidak akan dapat membelinya, melainkan hal itu adalah hasil perjuangan, ketabahan seumur hidup.

Maka untuk membinah rumah tangga rukun dan sejahtra itu dibutuhkan element penting yang harus dihidupkan yaitu: Kasih, Kesabaran, Pengampunan, dan Mezbah keluarga. Salomo yang bijaksana itu berkata, “Ada tiga hal yang mengherankan aku, bahkan, ada empat hal yang tidak kumengerti: jalan rajawali di udara, jalan ular di atas cadas, jalan kapal di tengah-tengah laut, dan jalan seorang laki-laki dengan seorang gadis” (Amsal 30:18-19).Apabila kita menyimak makna ,” jalan seorang laki-laki dengan seorang gadis” maka Alkitab memberikan sifat kasih itu; Pertama: Tinggi (seumpama jalan rajawali di udara) susah untuk dijangkau bila ungkapan dengan kata-kata. Kedua; Mengherankan (bagaikan jalan ular di atas cadas) sukar untuk dipahami bagaimana dua orang yang berlatar belakang beda tapi bisa berjalan dengan baik di atas cadas kehidupan yang penuh kesukaran. Ketiga; luas dan dalam (seperti jalan kapal di tengah-tengah laut). Sejauh mata menjangkau luasnya laut apabila anda ditengah laut, maka langit dan air seakan bertemu menjadi satu, jalannya jauh lebih sulit untuk dipahami!

Perhatikanlah hai para suami, tidaklah gampang menjadi seorang bapak, ayah dan kepala rumah tangga; ia harus mampu menyukakan dan membahagiakan istri, ia mampu member perlindungan untuk segenap keluarga, bahkan ia harus dapat menjadi imam keluarga untuk dapat membawa anggota keluarganya dekat kepada Allah.

Demikianpun terhadap istri, tidaklah muda menjadi seorang ibu, ratu dalam keluarga, pendamping suami, seorang ibu amat banyak menentukan kelanggengan bahtra keluarga tersebut, ia adalah ibu yang penuh sabar dan dedikasih untuk mengurus keluarganya.

PERAN SUAMI

Dahulu laki-laki sebelum ia menikah, ia menyebut wanita idamannya sebagai: Jantung hatiku, Manisku, Merpatiku, ”Aku ditemui peronda-peronda kota. "Apakah kamu melihat jantung hatiku? Aku tidur, tetapi hatiku bangun. Dengarlah, kekasihku mengetuk. "Bukalah pintu, dinda, manisku, merpatiku, idam-idamanku, karena kepalaku penuh embun, dan rambutku penuh tetesan embun malam!” (Kidung Agung 3:3; 5;2). Sekarang, setelah berkeluarga ia berubah secara drastis, suka bertengkar, sering bersungut, kurang pengertian. Semuah hal ini merupakan penyakit rumah tangga dewasa ini.

Alkitab dalam I Korintus 11:3 menegaskan bahwa  suami sebagai seorang pemimpin rumah tangga berada di bawah pimpinan Kristus! Maka, seorang suami yang memilih tidak mauh tunduk kepada Kristus, jangan ia terlalu berharap bahwa istrinya sepenuhnya tunduk kepadanya.

Kita hanya dapat mengharapkan ketaatan, sepanjang kita sendiri taat. Kepala dari suami adalah Kristus, kepala dari istri adalah suami. Itu adalah hirarki wewenang dan ketaatan. Istri tunduk kepada suami sepanjang suami tunduk kepada Kristus sebagai kepalanya. Suami dalam hal ini mewakili Kristus untuk memimpin istri dan seisi rumah tangganya, itulah alasannya mengapa Alkitab menyuruh para istri tunduk kepada suami seperti tunduk kepada Tuhan (Efesus 5:22).

Suami harus memimpin keluarganya dalam wibawa serta wewenang kepadaNya (Kristus), maka setiap keputuan dan rencana yang dibuatnya haruslah putusan, rencana, yang berkenan kepada Kristus. Jadi, suami yang mau menyakiti hati istri dan anaknya bukanlah suami yang sepenuhnya tunduk kepada Kristus sebagai kepalanya, dalam hal ini ia sedang menempatkan dirinya di pihak iblis.

Suami yang benar dan diakui oleh kerajaan Surga sebagai kepala keluarga adalah suami yang membuat keputusan, kebijaksanaan, rencana, perintas, serta peraturan dalam hirarki ketaatan kepada Kristus!

Tanggung jawab dan rahasia ini besar tetapi suci! Itulah sebabnya Paulus mengugkapkan demikian; “Sebab laki-laki tidak perlu menudungi kepalanya: ia menyinarkan gambaran dan kemuliaan Allah. Tetapi perempuan menyinarkan kemuliaan laki-laki.” (I Korintus 11:7). Suami yang tunduk kepada Allah akan membawa sebagian dari Allah dalam hidupnya, roman muka dan sikapnya haruslah memantulkan tabiat Kristus! Maka, suami yang telah dihinggapi oleh kemuliaan Allah, tidak perlu lagi dinasehati orang lain karna prilakunya yang kurang pantas kepada istrinya.

Istri mencerminkan kemuliaan suaminya. Jika suaminya memiliki kemuliaan pastilah istrinya kebagian. Adakah para istri melihat kemuliaan Allah terpancar dalam kehidupan suaminmu? Atau adakah seorang suami yang belum tahu menerima kemuliaan itu dari Allah? Adakah anda seorang suami yang hanya asal nama saja? Apakah mata istri melihat adanya kekosongan dalam diri anda sebagai seorang suami? Sekarang ini juga, isi dan benahilah diri anda agar wajah anda bersinar, perilakumu wajar karna membawa kemuliaan Allah.

PERAN ISTRI

Emansipasi wanita adalah berkat, tetapi hal itu terbatas. “hak sama” dalam emansipasi wanita jangan sekali-kali menghilangkan kepribadian mereka sebagai wanita. Jabatan dalam masyarakat dapat sama dengan pria, kemampuan intelektual bisa sederajat dengan kaum pria. Tetapi jangan terjun terlalu jauh seperti goncangan emansipasi wanita di Amerika yang menurut free love, free sex, free abortion (kebebasan bercinta, kebebasan sex, dan kebebasan menggugurkan) dan lain-lainnya. Kaum Hawa haruslah mengingat hal ini: Bayaran, pekerjaan boleh sama dengan kaum pria, bahkan anda dapat menjadi seorang pemimpin negara, tetapi kemampuan kepemimpinan anda dalam masyarakat tidak bisa dijadikan patokan agar anda menjadi pemimpin rumah tangga. Dalam keluarga walaupun anda sanggup atau lebih mampu dari seorang laki-laki!

Alkitab satu-satunya di dunia ini yang paling menghargai dan menghormati serta memihak istri. Jadi, jika isi Alkitab yang berkaitan dengan wanita di paparkan, itu berarti bahwa Alkitab melindungi hak  dan kewajiban seorang istri! Janganlah emansipasi wanita melahirkan pertengkaran dalam keluarga anda, sebab pertengkaran seorang istri adalah seperti tiris yang tidak henti-hentinya menitik, “Anak bebal adalah bencana bagi ayahnya, dan pertengkaran seorang isteri adalah seperti tiris yang tidak henti-hentinya menitik” (Amsal 19:13), selanjutnya, “lebih baik tinggal dipadang gurun dari pada tinggal dengan perempuan yang suka bertengkar dan pemarah,” (Amsal 21:19). Atau “Lebih baik tinggal pada sudut sotoh rumah dari pada diam serumah dengan perempuan yang suka bertengkar.” (Amsal 21:9).

Sebenarnya, seorang wanita secara alamiahnya tidak suka bertengkar, kebanyakan pertengkaran itu sering harus dilampiaskan wanita karena rasa jengkelnya. Maka seorang istri tidak pantas bertengkar, marah dengan suaminya. Sadarilah! “Isteri yang cakap adalah mahkota suaminya, tetapi yang membuat malu adalah seperti penyakit yang membusukkan tulang suaminya.” (Amsal 12:4).

Apa obat supaya tidak timbul pertengkaran? Mudah saja! Obat itu berada di tangan suami-istri. Si suami harus berlaku, bertindak benar dan adil terhadap istri sama seperti Kristus berlaku berlaku benar dan adil terhadap jemaat-Nya. Dan istri harus tunduk kepada suami yang membawa kemuliaan Kristus, walaupun dalam zaman emansipasi! Patokan ini adalah peredam emosi anda! Itu adalah berkat bagi suami dan istri. Tunduk kepada suami bukan berarti dia adalah inferior dan suami adalah superior. Hal itu adalah hukum kerukunan rumah tangga yang ditetapkan Allah.

Mengapa harus suami menjadi kepala rumah tangga? Karena wanita berasal dari laki-laki, bagian dari pria, Hawa diambil dari tulang rusuk Adam, “ Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging. Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu. Lalu berkatalah manusia itu: "Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki.” (Kejadian 2:21-23). Jadi pantas sekali apabila pria itu berfungsi semestinya, sebagai Kepala Keluarga.

Artikel Terkait:

1. 5 ALASAN KITA TIDAK BERHAK MENILAI DAN MENGHAKIMI HIDUP ORAN

5

[AkhirZaman.org] Manusia hidup di muka bumi untuk sawang-sinawang, saling 'memandang' dan introspeksi. Tetapi bukan berarti kita memiliki hak untuk berkomentar, menilai, apa lagi menghakimi tindak-tanduk manusia lain. ...
28 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. KUNCI PERNIKAHAN BAHAGIA

Kunci

[AkhirZaman.org] Sebagaimana yang mungkin sudah Anda ketahui, hampir 50 % dari pernikahan di zaman sekarang berakhir dengan perceraian, meninggalkan pasangan yang sakit hati dan anak-anak yang kehilangan pegangan. ...
33 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. MENGABAIKAN HUKUM KETUJUH

Mengabaikan

Hukum Allah Jalan Kebahagiaan. [AkhirZaman.org] Sebelum dunia dibinasakan oleh air bah pada zaman Nuh, penduduk dunia hidup dalam kebejatan. Segala jenis dosa dan kejahatanlah yang mereka lakukan. ...
63 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. HAL APA YANG PERLU DIKETAHUI SEBELUM MENIKAH ?

HAL

[AkhirZaman.org] Sekali-kali tidaklah bijaksana untuk membangun mahligai rumah tangga sebelum kedua belah pihak mengerti dengan sesungguhnya tentang kewajiban-kewajiban sehari-hari dalam rumah tangga.  ...
1737 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. JAGALAH JALAN-JALAN JIWA

Jagalah

[AkhirZaman.org] Kita mempunyai kewajiban untuk melawan pencobaan. Mereka yang tidak akan jatuh menjadi mangsa alat-alat Setan harus menjaga baik-baik jalan-jalan jiwanya; mereka harus menghindarkan diri dari membaca, melihat/menonton, atau mendengarkan hal-hal yang akan mendorong pemikiran-pemikiran yang tidak bersih.   ...
1787 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. TIDAK KEHILANGAN INDENTITAS

Tidak

[AkhirZaman.org] Kepribadian Istri. Seorang wanita yang selamanya tunduk kepada setiap perintah sampai kepada hal yang sekecil-kecilnya pun, wanita yang kehilangan identitasnya, bukanlah wanita yang akan membawa banyak berkat ke dalam dunia ini dan tidak mampu mengemban tugas yang dimaksudkan Tuhan baginya. Ia menjadi seperti mesin yang dikendalik...
1852 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. KUNCI PADA KEBAHAGIAAN

KUNCI

[AkhirZaman.org] Kebahagiaan Bergantung atas Penurutan. Biarlah para bapa dan ibu dan pendidik di dalam sekolah-sekolah Kristen mengingat bahwa adalah satu cabang pendidikan yang tinggi untuk mengajarkan kepada anak-anak tentang penurutan. Masih terlalu sedikit perhatian yang diberikan kepada bidang pendidikan ini. Anak-anak akan lebih bahagia, ja...
1935 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. KEBUTUHAN SEORANG WANITA AKAN HARGA DIRI

Kebutuhan

[AkhirZaman.org] Dalam sebuah survey yang diadakan oleh Dr. James Dobson tentang sumber depresi pada wanita, mereka mencatat bahwa rasa harga diri yang rendah merupakan masalah paling menyusahkan bagi mereka. Dia bahkan mengamati bahwa wanita muda yang nampaknya memiliki pernikahan yang sehat dan bahagia, rasa rendah diri dan kurang percaya diri a...
1936 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. PENCEMARAN RUMAH TANGGA

Pencemaran

[AkhirZaman.org] Rumah tangga adalah institusi ciptaan Allah, bukan pikiran manusia, melainkan karya besar Allah demi kebahagiaan manusia. Keluarga adalah perpaduan  suami-istri yang dipersatukan, dari dua menjadi satu daging, “Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya m...
1940 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. ANAK IKUTI TELADAN

Anak

[AkhirZaman.org] Orang tua dapat mengajarkan nilai-nilai mereka dengan menghidupkan secara nyata. Kalau mereka ingin anak-anaknya itu berlaku jujur, orang tua harus mempraktekkannya setiap hari. Di Amerika pernah diadakan sebuah survey di kalangan anak-anak berusia di bawah 12 tahun. Tujuannya adalah untuk menemukan hal-hal apa saja yang paling di...
1954 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
[RH] TERIMA KRISTUS SEPER...
 Barangsiapa datang kepadaKu, ia tidak akan Kubuang. Yoh 6:37 ...
Read More...
IMAGE
[RH] BERDOALAH UNTUK MEND...
Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu,...
Read More...
IMAGE
[RH] BILAMANA BERBUAT SAL...
Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya, dan orang jahat meninggalkan...
Read More...
IMAGE
[RH] KRISTUS MEMINTA PERS...
Supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku...
Read More...
IMAGE
[RH] YANG MANA PIHAK YANG...
Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini...
Read More...
IMAGE
[RH] ANGKATLAH PIALA KEME...
Aku akan mengangkat piala keselamatan dan akan menyerukan nama Tuhan. Mazmur...
Read More...
IMAGE
TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR...
Hukum Allah Tampak di Langit[AkhirZaman.org] Maka kelihatanlah di langit...
Read More...
IMAGE
TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR...
(Masa Kesusahan Besar. Bagian I) Cawan Murka Allah Akan...
Read More...
IMAGE
PENUTUPAN PINTU KASIHAN (...
Para Pemimpin Keagamaan Akan Sangat Optimistis [AkhirZaman.org] Bilamana...
Read More...
IMAGE
PENUTUPAN PINTU KASIHAN (...
Tak Seorang Pun Mengetahui Kapan Pintu Kasihan Ditutup[AkhirZaman.org] Allah...
Read More...
IMAGE
Gempa hantam Meksiko, kor...
[AkhirZaman.org] Gempa berkekuatan 7,1 pada skala Richter mengguncang...
Read More...
IMAGE
Gereja Katolik Kolombia g...
[AkhirZaman.org] Sebuah pusat perbelanjaan di sebelah barat laut Bogota pada...
Read More...
IMAGE
Tempat Perlindungan
[AkhirZaman.org] Fakta yang Menakjubkan: Pada tanggal 20 Mei 2013, tornado yang...
Read More...
IMAGE
Dunia terancam 'robot-rob...
[AkhirZaman.org] Lebih dari 100 ahli robot terkemuka mendesak Perserikatan...
Read More...
IMAGE
Membebaskan Jiwa-jiwa yan...
[AkhirZaman.org] Baru-baru ini, pasangan dari Inggris yang sedang melakukan...
Read More...
IMAGE
Menjaga Kesehatan Mental
[AkhirZaman.org] Mental merupakan salah satu bagian yang penting dalam tubuh....
Read More...
IMAGE
Perbedaan Stress dengan D...
[AkhirZaman.org] Mendengar kata stres, rasa-rasanya tak jauh dari sesuatu yang...
Read More...
IMAGE
Bagaimana Membantu Orang ...
[AkhirZaman.org] Kesulitan dalam hidup bisa berdampak terhadap kesehatan...
Read More...
IMAGE
Kesepian Akut?
[AkhirZaman.org] Statistik terbaru mengungkapkan bahwa hampir setengah dari...
Read More...
IMAGE
6 bahaya kesehatan karena...
[AkhirZaman.org] Polusi memiliki banyak macamnya. Ada polusi udara, polusi air,...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...

Data Kunjungan

015914262
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
6795
8327
6795
149219
317235
15378418
15914262

IP Anda: 172.68.65.20
Tanggal: 2017-09-24 22:43:06

Online Saat Ini

We have 126 guests and no members online