1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Pencemaran Rumah Tangga

pencemaran

[AkhirZaman.org] Rumah tangga adalah institusi ciptaan Allah, bukan pikiran manusia, melainkan karya besar Allah demi kebahagiaan manusia. Keluarga adalah perpaduan  suami-istri yang dipersatukan, dari dua menjadi satu daging, “Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.” (Kejadian 2:24). Sementara tujuan berpacaran dan bertunangan, adalah untuk mendapatkan seorang istri atau seorang suami untuk hidup bersama selama berumah tangga. Istri hanya bisa satu dan suami hanya satu pula. Jadi, mereka yang mencoba mengambil pasangan lebih dari satu, ia kehilangan suami dan istri, ia hanya memperoleh laki-laki atau perempuan.

I Raja-raja 11:3 “Ia mempunyai tujuh ratus isteri dari kaum bangsawan dan tiga ratus gundik; isteri-isterinya itu menarik hatinya dari pada TUHAN.” Menerangkan bahwa Raja Salomo, seorang Raja yang tersohor di dunia ini pada zamannya, memiliki 700 istri dan 300 gundik. Dunia boleh saja menilai dia terpuji, terhormat dan bahagia. Tetapi Alkitab mencatat, “Sebab pada waktu Salomo sudah tua, isteri-isterinya itu mencondongkan hatinya kepada allah-allah lain, sehingga ia tidak dengan sepenuh hati berpaut kepada TUHAN, Allahnya, seperti Daud, ayahnya. Dan Salomo melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, dan ia tidak dengan sepenuh hati mengikuti TUHAN, seperti Daud, ayahnya.” (I Raja-raja 11:4,6). Siapakah sebenarnya istri Salomo? Tidak ada! Ia hanya memiliki 1000 wanita, sebab istri hanya boleh satu yang menjadi sepikir dengan dia. Malang bagi Salomo, para wanita itu menjerumuskan dia ke titik yang paling memprihatinkan, ia harus menyembah berhala di mana hal itu bertentangan dengan perasaannya.

  Zinah dalam Pernikahan

Allah amat menaruh perhatian dan sangat menentang perzinahan atau percabulan, sehingga dalam 10 hukum-Nya Ia menegaskan secara nyata 2 hukum tentang hal ini; Jangan Berzinah (Hukum ketujuh) dan Jangan Mengingini Istri Sesamamu (Hukum Kesepuluh).

Apabila perceraian adalah pembunuhan rumah tangga, maka percabulan, persundalan, perzinahan, dan bentuk lainya adalah pencemaran rumah tangga. Dan jikalau rumah tangga sebagai karunia Allah telah di cemari, maka Allah tidak perna berkenan atas perlakuan demikian. Alkitab menegaskan kepada suami-istri demikian: “Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri.” (I Korintus 6:18). “Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.” (Ibrani 13:4). Janganlah mencemari tempat tidur sendiri atau tempat tidur orang lain.

Tempat tidur adalah tempat yang suci dan tempat dimana kita memohon berkat. Di sana kita dilahirkan, tempat dimana kita membaringkan diri dengan tentram dan aman, “Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya TUHAN, yang membiarkan aku diam dengan aman.” (Mazmur 4:9). Ditempat yang sama juga kita diajari Tuhan melalui hati nurani kita, “Aku memuji TUHAN, yang telah memberi nasihat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku.” (Mazmur 16:7). Tempat iru pada pagi dan sore hari kita memanjatkan doa, tempat kita bergumul dengan Tuhan, tempat menderita dan sakit, tempat kenikmatan asmara suci antara suami-istri. Jangan sekali-kali mencemarinya oleh diri sendiri maupun orang lain yang tidak ada hak.

Oleh sebab itu: “Minumlah air dari kulahmu sendiri, minumlah air dari sumurmu yang membual. Patutkah mata airmu meluap ke luar seperti batang-batang air ke lapangan-lapangan? Biarlah itu menjadi kepunyaanmu sendiri, jangan juga menjadi kepunyaan orang lain. Diberkatilah kiranya sendangmu, bersukacitalah dengan isteri masa mudamu.” (Amsal 5:15-18). Air hidup suami istri yang rukun adalah dalam dan membual segar, karna ia mengalir dari batu yang hidup, yaitu Kristus. Sedangkan sumur yang kulah yang hancur karna zinah, air itu keruh hingga hilang keluar bahkan berhenti mengalir.

Hukuman Tidak Tertundah!

Janganlah perna berbuat jenis mesum apapun, pencemaran rumah tangga itu, walaupun anda merasa aman melakukan hal bodoh itu, “Oleh karna Tuhan telah menjadikan saksi antara engkau dan istri masa mudamu, yang kepadanya engkau telah tidak setia, padahal dialah teman sekutumu dan istri seperjanjianmu.”. Apabila Tuhan menjadi saksi, bagaimanapun tersembunyinya manusia melakukan kejahatan, tidak ada yang tersembunyi bagiNya, semua bagaikan buku yang terbuka yang terpampang dihadapanNya! Jikalau Allah adalah saksi, maka tidak akan ada yang salah dan seorangpun tidak akan dapat berdalih…..Sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah, “Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah” (Ibrani 13:4).  

Orang yang berbuat demikian akan terhina, dicemooh, tidak berakal budi, terperangkap, malu, harus membayar mahal hingga 7 kali lipat, merusak diri dan hukum tidak akan luput.” Janganlah menginginkan kecantikannya dalam hatimu, janganlah terpikat oleh bulu matanya. Karena bagi seorang sundal sepotong rotilah yang penting, tetapi isteri orang lain memburu nyawa yang berharga. Dapatkah orang membawa api dalam gelumbung baju dengan tidak terbakar pakaiannya? Atau dapatkah orang berjalan di atas bara, dengan tidak hangus kakinya? Demikian juga orang yang menghampiri isteri sesamanya; tiada seorang pun, yang menjamahnya, luput dari hukuman. Apakah seorang pencuri tidak akan dihina, apabila ia mencuri untuk memuaskan nafsunya karena lapar? Dan kalau ia tertangkap, haruslah ia membayar kembali tujuh kali lipat, segenap harta isi rumahnya harus diserahkan. Siapa melakukan zinah tidak berakal budi; orang yang berbuat demikian merusak diri. Siksa dan cemooh diperolehnya, malunya tidak terhapuskan. Karena cemburu adalah geram seorang laki-laki, ia tidak kenal belas kasihan pada hari pembalasan dendam;” (Amsal 6:25-34). Dosa itu bagaikan, “Sampai anak panah menembus hatinya; seperti burung dengan cepat menuju perangkap, dengan tidak sadar, bahwa hidupnya terancam.”(Amsal 7:23).

Suami-istri adalah bagaikan dua lembar kertas yang di lem rapat menjadi satu. Tidak akan ada lagi yang dapat memisahkan, dan jika dicoba akan robek. Setiap zinah dan bentuk percabulan akan menjadikan rumah tangga itu sebagai sobekan, dan kemanapun ia pergi, ia akan selalu membawa lembaran yang torso, kekotoran dan tekanan batin!

Setiap perbuatan demikian ia berdosa bagi dirinya, karna tubuhnya adalah kaabah Allah, “Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri. Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, -- dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?” (I korintus 6:18,19). Dan itu berkaitan langsung dengan balasan dan penghakiman Allah, “ Karena inilah kehendak Allah: pengudusanmu, yaitu supaya kamu menjauhi percabulan, supaya kamu masing-masing mengambil seorang perempuan menjadi isterimu sendiri dan hidup di dalam pengudusan dan penghormatan, bukan di dalam keinginan hawa nafsu, seperti yang dibuat oleh orang-orang yang tidak mengenal Allah, dan supaya dalam hal-hal ini orang jangan memperlakukan saudaranya dengan tidak baik atau memperdayakannya. Karena Tuhan adalah pembalas dari semuanya ini, seperti yang telah kami katakan dan tegaskan dahulu kepadamu. Allah memanggil kita bukan untuk melakukan apa yang cemar, melainkan apa yang kudus.” (I Tesalonika 4:3-7). Karna orang yang sudah berani merusak, mencemarkan, membinasakan Bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia, sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah adalah kamu, “Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu.” (I Korintus 3:17).

Biarlah setiap pasangan, suami-istri menghidupi firman ini; “Kepunyaan kekasihku aku, kepadaku gairahnya tertuju.” (Kidung Agung 7:10). Dan “Kekasihku kepunyaanku, dan aku kepunyaan dia yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.” (Kidung Agung 2:16). Janganlah sekali-kali suami-istri menoleh dan meniru gaya hidup orang dunia ini, yang walaupun kelihatan halus, tetapi Allah menantangnya dan akan meminta pertanggung jawaban atas segala tindakan kita, seperti kata Paulus: “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.” (Roma 12:2).

Artikel Terkait:

1. 5 ALASAN KITA TIDAK BERHAK MENILAI DAN MENGHAKIMI HIDUP ORAN

5

[AkhirZaman.org] Manusia hidup di muka bumi untuk sawang-sinawang, saling 'memandang' dan introspeksi. Tetapi bukan berarti kita memiliki hak untuk berkomentar, menilai, apa lagi menghakimi tindak-tanduk manusia lain. ...
28 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. KUNCI PERNIKAHAN BAHAGIA

Kunci

[AkhirZaman.org] Sebagaimana yang mungkin sudah Anda ketahui, hampir 50 % dari pernikahan di zaman sekarang berakhir dengan perceraian, meninggalkan pasangan yang sakit hati dan anak-anak yang kehilangan pegangan. ...
33 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. MENGABAIKAN HUKUM KETUJUH

Mengabaikan

Hukum Allah Jalan Kebahagiaan. [AkhirZaman.org] Sebelum dunia dibinasakan oleh air bah pada zaman Nuh, penduduk dunia hidup dalam kebejatan. Segala jenis dosa dan kejahatanlah yang mereka lakukan. ...
63 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. HAL APA YANG PERLU DIKETAHUI SEBELUM MENIKAH ?

HAL

[AkhirZaman.org] Sekali-kali tidaklah bijaksana untuk membangun mahligai rumah tangga sebelum kedua belah pihak mengerti dengan sesungguhnya tentang kewajiban-kewajiban sehari-hari dalam rumah tangga.  ...
1737 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. JAGALAH JALAN-JALAN JIWA

Jagalah

[AkhirZaman.org] Kita mempunyai kewajiban untuk melawan pencobaan. Mereka yang tidak akan jatuh menjadi mangsa alat-alat Setan harus menjaga baik-baik jalan-jalan jiwanya; mereka harus menghindarkan diri dari membaca, melihat/menonton, atau mendengarkan hal-hal yang akan mendorong pemikiran-pemikiran yang tidak bersih.   ...
1787 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. TIDAK KEHILANGAN INDENTITAS

Tidak

[AkhirZaman.org] Kepribadian Istri. Seorang wanita yang selamanya tunduk kepada setiap perintah sampai kepada hal yang sekecil-kecilnya pun, wanita yang kehilangan identitasnya, bukanlah wanita yang akan membawa banyak berkat ke dalam dunia ini dan tidak mampu mengemban tugas yang dimaksudkan Tuhan baginya. Ia menjadi seperti mesin yang dikendalik...
1852 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. KUNCI PADA KEBAHAGIAAN

KUNCI

[AkhirZaman.org] Kebahagiaan Bergantung atas Penurutan. Biarlah para bapa dan ibu dan pendidik di dalam sekolah-sekolah Kristen mengingat bahwa adalah satu cabang pendidikan yang tinggi untuk mengajarkan kepada anak-anak tentang penurutan. Masih terlalu sedikit perhatian yang diberikan kepada bidang pendidikan ini. Anak-anak akan lebih bahagia, ja...
1935 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. KEBUTUHAN SEORANG WANITA AKAN HARGA DIRI

Kebutuhan

[AkhirZaman.org] Dalam sebuah survey yang diadakan oleh Dr. James Dobson tentang sumber depresi pada wanita, mereka mencatat bahwa rasa harga diri yang rendah merupakan masalah paling menyusahkan bagi mereka. Dia bahkan mengamati bahwa wanita muda yang nampaknya memiliki pernikahan yang sehat dan bahagia, rasa rendah diri dan kurang percaya diri a...
1936 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. PERANAN SEIMBANG ANTARA SUAMI DAN ISTRI

Peranan

[AkhirZaman.org] Hidup rukun dan sejahtera dalam rumah tangga bukanlah hasil cinta sehari, atau turun dari langit, uangpun tidak akan dapat membelinya, melainkan hal itu adalah hasil perjuangan, ketabahan seumur hidup. Maka untuk membinah rumah tangga rukun dan sejahtra itu dibutuhkan element penting yang harus dihidupkan yaitu: Kasih, Kesabaran, ...
1939 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. ANAK IKUTI TELADAN

Anak

[AkhirZaman.org] Orang tua dapat mengajarkan nilai-nilai mereka dengan menghidupkan secara nyata. Kalau mereka ingin anak-anaknya itu berlaku jujur, orang tua harus mempraktekkannya setiap hari. Di Amerika pernah diadakan sebuah survey di kalangan anak-anak berusia di bawah 12 tahun. Tujuannya adalah untuk menemukan hal-hal apa saja yang paling di...
1954 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
Gempa hantam Meksiko, kor...
[AkhirZaman.org] Gempa berkekuatan 7,1 pada skala Richter mengguncang...
Read More...
IMAGE
Gereja Katolik Kolombia g...
[AkhirZaman.org] Sebuah pusat perbelanjaan di sebelah barat laut Bogota pada...
Read More...
IMAGE
Tempat Perlindungan
[AkhirZaman.org] Fakta yang Menakjubkan: Pada tanggal 20 Mei 2013, tornado yang...
Read More...
IMAGE
Dunia terancam 'robot-rob...
[AkhirZaman.org] Lebih dari 100 ahli robot terkemuka mendesak Perserikatan...
Read More...
IMAGE
Membebaskan Jiwa-jiwa yan...
[AkhirZaman.org] Baru-baru ini, pasangan dari Inggris yang sedang melakukan...
Read More...
IMAGE
Menjaga Kesehatan Mental
[AkhirZaman.org] Mental merupakan salah satu bagian yang penting dalam tubuh....
Read More...
IMAGE
Perbedaan Stress dengan D...
[AkhirZaman.org] Mendengar kata stres, rasa-rasanya tak jauh dari sesuatu yang...
Read More...
IMAGE
Bagaimana Membantu Orang ...
[AkhirZaman.org] Kesulitan dalam hidup bisa berdampak terhadap kesehatan...
Read More...
IMAGE
Kesepian Akut?
[AkhirZaman.org] Statistik terbaru mengungkapkan bahwa hampir setengah dari...
Read More...
IMAGE
6 bahaya kesehatan karena...
[AkhirZaman.org] Polusi memiliki banyak macamnya. Ada polusi udara, polusi air,...
Read More...
IMAGE
[RH] ANGKATLAH PIALA KEME...
Aku akan mengangkat piala keselamatan dan akan menyerukan nama Tuhan. Mazmur...
Read More...
IMAGE
TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR...
Hukum Allah Tampak di Langit[AkhirZaman.org] Maka kelihatanlah di langit...
Read More...
IMAGE
TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR...
(Masa Kesusahan Besar. Bagian I) Cawan Murka Allah Akan...
Read More...
IMAGE
PENUTUPAN PINTU KASIHAN (...
Para Pemimpin Keagamaan Akan Sangat Optimistis [AkhirZaman.org] Bilamana...
Read More...
IMAGE
PENUTUPAN PINTU KASIHAN (...
Tak Seorang Pun Mengetahui Kapan Pintu Kasihan Ditutup[AkhirZaman.org] Allah...
Read More...
IMAGE
[RH] TERIMA KRISTUS SEPER...
 Barangsiapa datang kepadaKu, ia tidak akan Kubuang. Yoh 6:37 ...
Read More...
IMAGE
[RH] BERDOALAH UNTUK MEND...
Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu,...
Read More...
IMAGE
[RH] BILAMANA BERBUAT SAL...
Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya, dan orang jahat meninggalkan...
Read More...
IMAGE
[RH] KRISTUS MEMINTA PERS...
Supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku...
Read More...
IMAGE
[RH] YANG MANA PIHAK YANG...
Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini...
Read More...

Data Kunjungan

015914266
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
6799
8327
6799
149219
317239
15378418
15914266

IP Anda: 172.68.65.20
Tanggal: 2017-09-24 22:43:57

Online Saat Ini

We have 122 guests and no members online