dongeng anak Copy

[AkhirZaman.org] Komunitas Ayo Dongeng Indonesia (Ayo DI) kembali menggelar Festival Dongeng Internasional Indonesia (FDII) di gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta pada 4-5 November 2017. Ajang FDII 2017 akan mengangkat tema #CeritaAjaib, dengan menghadirkan lebih dari 50 pendongeng dari dalam dan luar negeri dan sekitar 150 relawan.

Direktur FDII, Ariyo Zidni, mengatakan, dongeng atau cerita bisa dapat membantu anak-anak mengembangkan imajinasinya. Hal tersebut, menjadi alasan pihaknya konsisten mengkampanyekan kegiatan mendongeng ke berbagai penjuru Indonesia.

“Dari cerita-cerita ajaib, kami berharap anak-anak Indonesia akan mampu berimajinasi seluas-luasnya dan mengembangkan kreativitasnya. Dan di sinilah peran orangtua dan guru untuk menunjukkan keajaiban sebuah cerita kepada anak-anaknya,” ujar Ariyo dalam siarn persnya, Minggu (29/10).

Ariyo menambahkan, karena turut meyakini pendekatan inklusi, #FDII2017 tahun ini akan melibatkan penerjemah bahasa isyarat padabeberapa sesi dongeng, baik di panggung utama maupun di Taman Cerita. “Ada pula kejutan datang dari penyanyi Andini Aisyah Hariadi alias Andien yang akan mempersembahkan sebuah dongeng di tengah-tengah festival,” tambahnya.

Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin, mengatakan, pihaknya melalui Bintang Nutricia memiliki komitmen untuk menjadi partner dari orang tua dalam masa tumbuh kembang anak. Selain pemenuhan nutrisi yang tepat, anak juga harus dibangun kecerdasan kognitifnya sehingga anak bisa tumbuh kembangnya optimal. Untuk itu, pihaknya mendukung pengembangan kognitif melalui kegiatan dongeng.

“Bagi kami dongeng adalah aktivitas yang memiliki banyak manfaat, selain sebagai alat untuk mengembangkan kecerdasan kognitif anak, juga dapat sebagai wahana mendekatkan hubungan keluarga,” tutup Arif.

https://goo.gl/16buHr

Kenyataan ini yang sedang terjadi bahwa cerita mengenai suatu kebenaran semakin tidak diminati, bahkan berita dongengpun sedang mengisi pikiran setiap lapisan masyarakat saat ini. Karena akibat dari cerita dongeng ini, menimbulkan perilaku yang tidak nyata. Dongeng adalah sesuatu yang palsu bukan nyata, sehingga anak-anak yang mengkonsumsi cerita dongeng ini lebih menyukai akan hal-hal yang mistis saja.

Firman Tuhan menasehatkan,..
1Tim 4:7, 8 “Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah. Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here