dokter-ilustrasi-xyz-131128bcde Copy

[AkhirZaman.org] Dokter yang sejati adalah seorang pendidik. Dia tahu tanggungjawabnya, bukan hanya terhadap orang sakit yang langsung berada di bawah pengawasannya, tetapi juga terhadap masyarakat di mana dia tinggal. Dia berdiri sebagai pengawas kesehatan fisik dan moral. Usahanya bukan hanya mengajarkan cara pengobatan yang benar bagi orang sakit, tetapi untuk mendorong kebiasaan hidup yang benar, dan untuk menyebarluaskan pengetahuan akan prinsip yang benar.

 Perlunya Pendidikan Prinsip-prinsip Kesehatan

Pendidikan prinsip-prinsip kesehatan tidak pernah lebih dibutuhkan seperti sekarang ini. Walaupun telah ada kemajuan luar biasa di pelbagai bidang yang berhubungan dengan kesenangan dan kelengkapan hidup, bahkan dalam soal kebersihan dan pengobatan penyakit, penurunan kesehatan fisik dan kemampuan ketahanan tubuh sangat mengkhawatirkan. Hal ini memerlukan perhatian semua orang yang mempedulikan kesejahteraan sesama manusia.

Peradaban kita yang semu ini mendorong kejahatan untuk merusak prinsip-prinsip yang sehat. Adat kebiasaan dan mode sedang berperang melawan alam. Praktik-praktik yang dilakukan dan pemanjaan-pemanjaan yang mereka pelihara, semuanya menurunkan kekuatan fisik maupun mental, dan menimbulkan beban berat bagi umat manusia. Kejahatan dan ketidakbertarakan, penyakit dan penderitaan, ada di mana-mana.

Banyak orang melanggar peraturan kesehatan karena kebodohan, dan mereka memerlukan petunjuk. Tetapi lebih banyak manusia yang mengetahui apa yang lebih baik dari yang mereka lakukan. Mereka perlu diyakinkan tentang pentingnya menerapkan pengetahuan sebagai penuntun hidup. Seorang dokter mempunyai banyak kesempatan untuk membagikan pengetahuan akan prinsip-prinsip kesehatan dan menunjukkan betapa penting untuk mengamalkannya. Dengan petunjuk yang benar, dia dapat berbuat banyak untuk memberantas kejahatan yang mengakibatkan bahaya laten.

Penggunaan minuman keras yang beracun secara bebas adalah satu kebiasaan jelek yang meletakkan dasar bagi penyebaran sejumlah besar penyakit bahkan kejahatan yang lebih serius. Apabila diserang penyakit, banyak orang tidak lagi peduli mencari penyebabnya. Mereka hanya ingin membebaskan diri dari rasa sakit dan kesusahannya. Jadi mereka menggunakan obat paten yang hanya sedikit diketahui unsurnya, atau mereka pergi ke dokter meminta obat untuk menetralkan akibat kesalahan mereka, tanpa memikirkan perubahan dalam kebiasaan yang tidak menyehatkan. Kalau khasiatnya tidak langsung terlihat, mereka mencoba obat lain, dan yang lain lagi. Begitulah seterusnya.

awsobt CopyOrang-orang harus diajar bahwa obat tidak menyembuhkan penyakit. Memang benar obat itu kadang-kadang menghilangkan rasa sakit, dan nampaknya pasien itu sembuh karena menggunakannya; ini disebabkan karena alam mempunyai cukup tenaga vital untuk membuang racun dan memperbaiki kondisi yang ditimbulkan oleh penyakit. Kesehatan dipulihkan tanpa obat itu. Tetapi dalam kebanyakan kasus obat itu hanya mengubah bentuk penyakitnya atau memindahkan lokasi penyakit itu. Sering akibat racun itu nampaknya teratasi untuk sementara, tetapi pengaruhnya tetap ada dalam tubuh dan mengakibatkan bahaya besar di kemudian hari.

Dengan menggunakan obat-obat yang beracun, banyak orang mendatangkan bagi dirinya penyakit seumur hidup, dan banyak nyawa hilang yang seharusnya dapat diselamatkan dengan metode penyembuhan alami. Racun yang terkandung dalam apa yang disebut obat itu membentuk kebiasaan dan selera yang berarti merusak tubuh dan jiwa. Banyak obat populer yang disebut obat paten, malahan sebagian dari obat itu diberikan oleh dokter, berperan dalam meletakkan dasar dari kebiasaan minum minuman keras, penggunaan candu, penggunaan morfin, yang menjadi kutuk sangat mengerikan bagi masyarakat.

Satu-satunya pengharapan yang lebih baik ialah mendidik orang banyak tentang prinsip-prinsip yang benar. Biarlah para dokter mengajar masyarakat bahwa kemampuan pemulihan bukan terdapat dalam obat, melainkan di alam. Penyakit adalah usaha alam untuk membebaskan tubuh dari kondisi sebagai akibat dari pelanggaran aturan-aturan kesehatan. Dalam kasus penyakit, penyebabnya harus dicari. Kondisi yang tidak sehat haruslah diubah, dan kebiasaan buruk harus diperbaiki. Kemudian, alam harus dibantu dalam usahanya untuk membuang sampah-sampah dari dalam tubuh dan memulihkan kembali kondisi tubuh yang baik.

Obat-obat Alami
Udara bersih, sinar matahari, bebas dari pemakaian obat, istirahat, olahraga, makan yang teratur, penggunaan air bersih dan percaya pada kuasa ilahi–inilah obat-obat yang sebenarnya. Setiap orang harus mengetahui bahan obat-obat alami dan bagaimana cara menggunakannya. Adalah penting untuk memahami prinsip-prinsip yang berkaitan dengan perawatan orang sakit dan untuk mendapatkan pelatihan praktis yang akan menyanggupkan seseorang dapat menggunakan pengetahuan itu dengan benar.

imagesold CopyPenggunaan obat-obat alami memerlukan banyak perhatian dan usaha, sehingga banyak orang tidak bersedia melakukannya. Proses penyembuhan dan pemulihan alami berjalan secara bertahap, dan kepada yang tidak sabar hal ini tampaknya lambat. Diperlukan pengorbanan untuk membuang kegemaran yang merusak. Tetapi pada akhirnya akan didapati bahwa alam, kalau tak dihalangi, akan melakukan tugasnya dengan baik dan bijaksana. Mereka yang tekun menuruti hukum-hukumnya akan menuai upah yaitu kesehatan tubuh dan kesehatan pikiran.

Pada umumnya sangat kurang perhatian diberikan kepada pemeliharaan kesehatan. Jauh lebih baik mencegah penyakit daripada mengetahui bagaimana cara mengobatinya setelah diserang penyakit. Adalah kewajiban setiap orang, demi keuntungan dirinya, dan demi umat manusia, untuk membekali diri dengan pengetahuan akan aturan-aturan hidup dan dengan setia menaatinya. Semua orang perlu berkenalan dengan apa yang paling ajaib dari semua organisme, yaitu tubuh manusia. Mereka perlu memahami fungsi alat-alat tubuh dan saling ketergantungannya antara satu dengan yang lain demi fungsi yang menyehatkan bagi semua. Mereka harus mempelajari pengaruh pikiran terhadap tubuh dan hukum-hukum yang mengaturnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here