akhir zaman

[AkhirZaman.org] Orang biasa perlu mengambil tempat sebagai pekerja. Merasakan penderitaan sesama manusia sebagaimana Juru Selamat merasakan penderitaan umat manusia, dan mereka akan melihat dengan iman bagaimana Dia bekerja sama dengan mereka. Gospel Workers, hal. 38.

Dalam lapangan kerja yang jauh dan dekat, orang orang akan dipanggil dari pekerjaan membajak atau dari usaha bisnis yang paling sederhana yang umumnya memenuhi pikiran, dan akan dididik seperti dengan orang orang yang berpengalaman. Sementara mereka belajar bekerja secara efektif, mereka akan menyebarluaskan kebenaran dengan penuh kuasa. Melalui pekerjaan Ilahi yang paling menakjubkan, gunung kesulitan akan dipindahkan dan dibuang ke dalam laut. Pekabaran yang begitu berarti bagi penduduk bumi, akan didengar dan dipahami. Orang orang akan mengenal apa kebenaran itu. Pekerjaan itu akan tetap bergerak maju dan lebih maju lagi, sampai seluruh bumi sudah diberi amaran; barulah kesudahan akan tiba. Testimonies, Jld. 9, hal. 96.

Tuhan dapat dan akan menggunakan mereka yang tidak menempuh pendidikan formal dalam sekolah manusia. Kalau kita  meragukan kuasa Nya dalam hal ini, itu adalah karena kurang percaya; sama dengan membatasi kuasa dahsyat dari Dia dengan siapa tidak ada kemustahilan. Oh, sekiranya perhatian yang tidak perlu dan tidak dipercaya ini dapat dikurangi! Hal itu menyebabkan begitu banyak tenaga gereja yang tidak digunakan; malahan menutup jalan, sehingga Roh Kudus tidak dapat menggunakan manusia; itu menyebabkan orang orang yang rela dan rindu bekerja dalam Kristus akan menjadi malas; hal itu akan mengecewakan orang orang yang memasuki pekerjaan, sebenarnya banyak orang akan menjadi mitra kerja Tuhan yang terampil, sekiranya mereka diberi kesempatan yang baik. Gospel Workers, hal. 488, 489.

Adalah kesempatan setiap jiwa untuk mencapai kemajuan. Mereka yang berhubungan dengan Kristus akan bertumbuh dalam rahmat dan dalam pengetahuan akan Anak Tuhan sampai mencapai kedewasaan laki laki dan perempuan. Jikalau semua orang yang mengaku mempercayai kebenaran telah berusaha sedapat dapatnya dan menggunakan kesempatan belajar dan berbuat, mereka akan menjadi kuat di dalam Kristus. Apa pun pekerjaan mereka, apakah petani, ahli mesin, guru atau gembala, jika mereka sepenuhnya mengabdikan diri kepada Tuhan, mereka akan menjadi pekerja yang efisien bagi Guru surgawi. Testimonies, Jld. 6, hal. 423.

Mereka yang ada di dalam gereja yang memiliki keterampilan  dalam  salah   satu pekerjaan penghiburan seperti mengajar, membangun, industri dan pertanian harus dipersiapkan bekerja untuk membangun jemaat dan menjadi anggota komite, atau sebagai guru diskusi Sekolah Sabat, melibatkan diri dalam pekerjaan misionaris, atau menduduki jabatan yang berbeda beda dalam gereja. Review and Herald, 15 Februari, 1887.

Untuk melakukan pekerjaan ini, Kristus tidak memilih yang terdidik dan yang cerdas dari anggota Sanhedrin Yahudi atau penguasa Roma. Setelah melewati guru guru Yahudi yang mau benar sendiri, Guru Pekerja memilih orang orang sederhana yang tidak berpendidikan untuk memberitakan kebenaran yang mengguncangkan dunia ini. Sengaja Dia melatih orang orang ini dan mendidiknya sebagai pemimpin pemimpin gereja. Kemudian mereka akan mendidik orang lain dan mengutus mereka dengan pekabaran Injil. Agar mereka sukses dalam pekerjaannya, mereka diberikan kuasa Roh Kudus. Bukan dengan kekuatan manusia atau akal budi manusia Injil ini diberitakan, tetapi dengan kuasa Tuhan. The Acts of the Apostles, hal. 17.

Di antara mereka yang diserahi tugas oleh Juru Selamat, “Pergilah kamu, ajarlah semua bangsa,” banyak yang berasal dari masyarakat dengan jabatan rendah, yaitu laki laki dan perempuan yang belajar mengasihi Tuhan, yang bertekad mengikuti teladan pelayanan Nya yang tidak mementingkan diri sendiri. Bagi orang orang hina ini, dan bagi murid murid yang bersama Juru Selamat selama penginjilan Nya di dunia, telah diberikan satu kepercayaan yang indah. Mereka akan menyebarkan ke seluruh dunia ini kabar gembira keselamatan melalui Kristus. The Acts of the Apostles, hal. 105, 106.

Dengan mengkhotbahkan kebenaran, bukan hanya menyebarkan risalah, sehingga kita bersaksi bagi Tuhan. Marilah kita ingat bahwa tabiat yang menyerupai tabiat Kristus adalah argumen yang paling berkuasa yang dapat diajukan sesuai dengan Kekristenan, dan satu tabiat Kristen yang murahan membawa lebih banyak bahaya ke dunia ini dibanding dengan yang duniawi. Testimonies, Jld.9, hal.21.

Tidak semua buku yang dicetak dapat memenuhi tuntutan hidup yang kudus. Orang akan percaya bukan kepada apa yang dikhotbahkan pendeta, tetapi pada apa yang dihidupkan oleh gereja. Terlalu sering pengaruh khotbah yang dikhotbahkan dari mimbar dibantah oleh “khotbah” yang dikhotbahkan dari kehidupan mereka yang mengaku penganjur kebenaran. Testimonies, Jld.9, hal. 21.

Hidup Kristus adalah riak gelombang yang semakin luas tanpa dihalangi pantai, satu pengaruh yang mengikat Nya dengan Tuhan dan kepada keluarga umat manusia. Melalui Kristus, Tuhan telah menanamkan pengaruh kepada manusia yang memungkinkan dia bisa menghidupkan diri nya sendiri. Secara perorangan kita berhubungan dengan sesama manusia, sebagai bagian dari milik Tuhan secara keseluruhan, dan kita berdiri di bawah kewajiban yang disetujui bersama. Tidak ada orang yang bebas dari sesamanya; kesejahteraan masing masing mempengaruhi orang lain. Adalah rencana Tuhan agar setiap orang akan merasa penting bagi kesejahteraan orang lain, dan berusaha meningkatkan kebahagiaan mereka. Christ’s Object Lessons, hal. 339.

Agama Alkitab tidak terikat di antara dua sampul pada sebuah buku, atau dalam tembok tembok gereja. Agama itu tidak sering dibawa keluar demi keuntungan kita sendiri, dan kemudian dengan hati hati disisihkan lagi. Agama itu menyucikan hidup setiap hari, menyatakan dirinya dalam setiap transaksi bisnis dan dalam semua hubungan sosial. The Desire of Ages, hal.  306, 307.

Adalah maksud Tuhan untuk memuliakan diri Nya di dalam umat Nya di hadapan dunia ini. Dia mengharapkan mereka yang menyandang nama Kristus untuk menyatakan Nya di dalam pemikiran, perkataan dan perbuatan. Pemikiran mereka haruslah murni dan kata kata mereka mulia dan mengangkat martabat, sehingga menarik orang orang di sekitar mereka lebih dekat kepada Juru Selamat. Agama Kristus haruslah berpadu dengan apa yang mereka katakan dan lakukan. Setiap transaksi bisnis mereka seharusnya mengeluarkan bau yang harum di hadapan Tuhan. Testimonies, Jld. 9, hal. 21.

Biarlah pengusaha menjalankan bisnisnya begitu rupa sehingga ia memuliakan Tuhannya dengan kesetiaannya. Biarlah ia membawa agamanya ke dalam segala sesuatu yang dilakukannya, dan menyatakan Roh Kristus kepada sesama manusia. Biarlah para ahli mesin dengan rajin dan dengan setia memperkenalkan Dia yang telah bekerja keras di kota kota Yudea. Biarlah setiap orang yang memanggil nama Kristus bekerja begitu rupa agar orang yang melihat pekerjaannya yang baik dapat terpimpin untuk memuliakan Pencipta dan Penebusnya. Bible Echo, 10 Juni, 1901.

Oleh: Ellen White

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here