Armenia

[AkhirZaman.org] Perdana Menteri Armenia, Serzh Sargsyan, mengundurkan diri — menyusul rangkaian desakan oposisi dan demonstrasi warga selama beberapa waktu terakhir yang menuntut agar pria itu menanggalkan jabatannya.

Alasan kelompok oposisi dan warga mendesak Sargsyan mundur karena pria itu dituding hendak mencengkeram kekuasaan melebihi batas periode waktu yang telah ditentukan.

Warga dan oposisi Armenia juga menilai Sargsyan memiliki kemiripan manuver politik dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin — yang berhasil mencengkeram kekuasaan sebagai kepala negara selama bertahun-tahun.

Merespons desakan berbagai pihak, Sargsyan mengatakan, “Gerakan warga itu dilakukan untuk menentang kekuasaan saya. Maka, saya menjawab tuntutan mereka,” ujarnya seperti dilansir BBC, Selasa (24/4/2018).

“Nikol Pashniyan (pemimpin kelompok oposisi Armenia) benar, saya salah,” ujar Sargsyan mengakui berbagai tudingan yang dilontarkan oleh oposisi terhadap dirinya.

“Ada sejumlah solusi sebenarnya (untuk menyelesaikan berbagai tudingan itu), tapi saya tidak akan mengambilnya … Saya (lebih memilih) meninggalkan jabatan Perdana Menteri,” ungkapnya.

Di sisi lain, Juru Bicara Kantor Perdana Menteri, Hovhannes Nikoghosyan mengatakan bahwa langkah Sargsyan adalah ‘contoh kepatuhan demokrasi’ dan ‘bentuk tanggung jawab memenuhi desakan warga’.

Presiden Armenia, Armen Sarkissian dilaporkan telah menerima pengunduran diri Sargsyan. Di sisi lain, kursi perdana menteri untuk sementara diisi oleh Karen Karapetyan.

https://www.liputan6.com/global/read/3483841/didesak-oposisi-dan-demonstrasi-warga-pm-armenia-mengundurkan-diri?medium=Headline&campaign=Headline_click_1

Politik bisa jadi permainan beberapa orang untuk mencapai tujuan kekuasaan. Tidak jarang politik kadang berlawanan dengan akal sehat seseorang karena terbungkus rapi dalam stategi untuk mencapai tujuan mereka.

Secara hukum ditentukan batas kekuasaan seseorang dalam memimpin dalam suatu pemerintah, namun bila lawan politiknya bisa menjatuhkan dengan cara-cara yang menyakitkan.

Inilah cara yang lazim saat ini yang terpopuler diseluruh dunia.
*

“Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah. Sebab itu barangsiapa melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan siapa yang melakukannya, akan mendatangkan hukuman atas dirinya.”

“Tunduklah, karena Allah, kepada semua lembaga manusia, baik kepada raja sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi, maupun kepada wali-wali yang diutusnya untuk menghukum orang-orang yang berbuat jahat dan menghormati orang-orang yang berbuat baik.”

Roma 13:1,2 ; 1Petrus 2:13,14.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here