akhir zaman

Penjara California mengadopsi menu vegetarian vegan dan mendapati hasil yang luar biasa

[AkhirZaman.org] Pada akhir tahun 90 an, di tengah meningkatnya tingkat kriminal dan jumlah sel penjara yang terbatas, industri penjara swasta tampak sebagai sebuah peluang bisnis yang cukup menguntungkan bagi siapa saja yang bisa mengambil keuntungan. Setelah menerima laporan yang buruk dari Rosser International Inc., sebuah firma desain penjara yang berbasis di Georgia, San Bernadino County memperkirakan akan terjadi kekurangan ranjang dan peningkatan jumlah populasi narapidana yang mungkin menjadi 2 kali lipat dari jumlah sekarang pada tahun 2012. Dengan latar belakang ini, County mulai menerima tawaran-tawaran untuk sebuah penjara swasta dengan kapasitas 500 narapidana.

Terry Mooreland, CEO dari Lembaga Koreksi Swasta Maranatha LLC merupakan salah satu individu yang mengajukan tawaran untuk proyek tersebut. Hanya ada satu yang akan mendapatkan proyek tersebut pada akhirnya. Tawaran Mooreland itu termasuk ketentuan bahwa jika tawarannya diterima, para narapidana yang menjalani hukuman di fasilitas penjaranya itu akan diberi pola makan vegan.

Seperti sudah ditakdirkan, Mooreland memenangkan tawaran itu dan pada tahun 1997 ia  mulai membangun apa yang menjadi Fasilitas Perbaikan Pemasyarakatan Victor Valley di Adelanto, California; yang berjarak sekitar 120 mil di sebelah  timur laut Los Angeles. Begitu beroperasi, fasilitas ini menunjukkan hasil yang luar biasa selama tujuh tahun, sebelum perselisihan mengenai pajak telepon narapidana menyebabkan Negara Bagian California membatalkan kontrak mereka dengan Mooreland.

Sulit dipercaya bahwa sesuatu yang konyol seperti pajak telepon dapat menyebabkan sebuah Negara Bagian mengakhiri salah satu program penjara yang luar biasa sukses di negeri ini, di mana para tahanan keluar dari penjara dan tinggal di luar. Pada saat itu, Negara Bagian California memiliki tingkat resividisme sebesar 95%. Ini adalah persentase jumlah mantan tahanan yang ditahan kembali. Tingkat resividisme di Fasilitas Victor Valley hanyalah kurang dari 2%.

Jadi apakah yang menjadi kunci keberhasilan mereka? Pola Makan Vegan
Saat mereka tiba, para tahanan baru menghadiri orientasi di mana mereka menerima dua pilihan yang jelas. Mereka bisa hidup pada satu sisi penjara yang dioperasikan menggunakan pedoman standar dan menu makanan Departemen Perbaikan California (CDC), atau, mereka dapat hidup di sisi penjara lain yang dioperasikan di bawah program “NEWSTART” yang termasuk pola makan vegan, pelajaran Alkitab, pelatihan kerja dan manajemen emosi.

Dalam sebuah wawancara terekam yang  diperoleh oleh Spotlight Vegetarian, Julianne Aranda ,koordinator layanan nutrisi Victor Valley, menjelaskan bahwa “apa yang kita makan tidak hanya mempengaruhi kita secara fisik, tetapi hal itu mempengaruhi sikap mental kita, keagresifan kita dan kemampuan kita untuk membuat keputusan yang baik”. Melalui beberapa wawancara sudah jelas bahwa sang staff program NEWSTART ini berkeyakinan bahwa pikiran dan tubuh harus dibersihkan agar para narapidana dapat mencapai perubahan perilaku positif.

Awalnya, meskipun Negara Bagian California sangat mendukung konsep NEWSTART,  mereka mengatakan pada Mooreland mereka tidak percaya bahwa akan ada lima narapidana (dari 500) yang akan menerima jenis pola makan itu. Bahkan, mereka mengatakan pada Mooreland bahwa narapidana mungkin akan “membakar tempat itu sebelum mereka menjadi vegetarian”. Namun, setelah program ini berlangsung, realitanya justru sebaliknya. Rata-rata, 85% dari narapidana memilih sisi NEWSTART sementara hanya 15% memilih program CDC.

Perubahan perilaku yang begitu jelas bahkan terlihat di luar di halaman penjara dimana menurut petugas penjara, tidak ada yang “memiliki” atau mengendalikan halaman itu. Garis pemisah yang biasanya terdapat di antara narapida kulit hitam, kulit putih, Hispanik, anggota geng dan kelompok-kelompok lainnya tidak didapati di sana. Di sisi NEWSTART, semua orang bermain basket bersama dan memiliki persahabatan yang erat. Sedangkan di sisi CDC terdapat perpisahan antar ras yang biasa didapati di  setiap penjara lainnya.

Dalam kesaksiannya, para narapidana menegaskan bahwa makanan yang anehnya lezat rasanya itu membuat mereka merasa lebih baik, memiliki energi yang lebih besar, stamina yang meningkat dan mengurangi masalah dengan jerawat. Memang efektivitas diet vegetarian vegan di pusat-pusat rehabilitasi telah disahkan secara ilmiah.

Meskipun Negara Bagian California tampaknya lebih suka mengejar pajak telepon dari para narapidana yang direhabilitasi, keberhasilan Lembaga Fasilitas Victor Valley memberi kita suatu pemikiran baru. Dapatkah diet semacam ini membantu kita dalam membesarkan anak-anak kita?

“TUHAN, Allah kita, memerintahkan kepada kita untuk melakukan segala ketetapan itu dan untuk takut akan TUHAN, Allah kita, supaya senantiasa baik keadaan kita dan supaya Ia membiarkan kita hidup, seperti sekarang ini.”
{Ulangan 6:24}

By: Vegetarian Spotlight

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here