pswrd stolen Copy

[AkhirZaman.org] Peneliti keamanan siber di Project Zero, kerja sama Google dengan dunia akademik dan industri, menemukan bugs Meltdown dan Spectre, yang menyerang informasi sensitif seperti kata kunci dan informasi bank di perangkat yang menggunakan prosesor Intel, AMD dan ARM.

Spectre dan Meltdown menyerang semua perangkat mulai dari komputer, tablet hingga ponsel yang menggunakan prosesor tersebut, seperti diberitakan laman The Guardian.

Salah satu peneliti dari Graz University of Technology, Daniel Gruss, menyebut Meltdown sebagai bugs terburuk yang pernah ditemukan.

Meltdown diperkirakan menyerang prosesor Intel buatan 1995 kecuali server chip Itanium dan prosesor Atom sebelum 2013. Peretas dapat melewati penghalang perangkat keras antara aplikasi yang dijalankan pengguna dan inti memori komputer, akibatnya kecepatan kerja mesin terpengaruh hingga 30 persen.

Sementara Spectre menyerang prosesor modern yang dibuat oleh Intel, AMD dan ARM, peretas berpotensi mengelabui aplikasi untuk mendapatkan informasi rahasia.

Meski pun lebih sulit digunakan peretas, Spectre menurut Gruss juga lebih sulit diperbaiki dan akan menjadi masalah yang lebih besar dalam jangka panjang.

Intel dan ARM menyatakan masalah tersebut bukan disengaja dan akan meminta pengguna untuk mengunduh patch dan memperbarui sistem operasi mereka.

Apple dan Microsoft dikabarkan memiliki patch yang sudah disiapkan untuk perangkat yang terkena Meltdown, begitu juga dengan Linux.

Google menyatakan sudah memberi tahu perusahaan-perusahaan tersebut mengenai Spectre pada 1 Juni 2017 dan Meltdown sebelum 28 Juli 2017.

Intel dan Google akan memberikan penjelasan mengenai cacat keamanan tersebut pada 9 Januari.

https://goo.gl/1HkKqn

Keamanan merupakan kerinduan dari setiap orang pada setiap segi kehidupannya. Banyak orang berupaya memperoleh kenyamanan di tempat tinggal mereka dan meningkatkan kewaspadaan,serta dalam perjalanan mereka kemana saja. Tak lupa juga pada hubungan bisnis mereka. Tapi banyak orang yang kurang waspada terhadap keterbukaan rahasia mereka yang dapat dijangkau dengan mudah oleh perjalanan di dunia maya. Komputer adalah salah satu alat modern saat ini yang sangat menolong banyak pengguna di seluruh muka bumi dalam bisnis dan juga personal.

Namun tidak semua orang yang ahli dalam media ini memberikan rasa nyaman kepada orang lain, yang tentu sangat merugikan. Oleh karena itu semakin sering kita menghabiskan banyak waktu dan pekerjaan kita di dunia maya, maka semakin besar pula peluang kejahatan yang banyak orang dan bahkan anda sendiri mengalaminya. Namun menjadi pertanyaannya adalah; Apakah anda akan kapok untuk mengurangi waktu anda berselancar di dunia maya ataukah semakin kecanduan menghabiskan waktu anda..

Efesus 5:16,17 “dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.”

Ez.th

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here