scnd cming Copy

Murid-Murid Bertanya Kepada Kristus Tentang Kedatangan-Nya
[AkhirZaman.org] Kata-Kata Kristus (Matius 24:2) telah diucapkan dan didengar oleh sejumlah besar orang, tetapi tatkala Ia berada sendirian, Petrus, Yohanes, Yakobus dan Andreas datang menghampiri-Nya sementara la duduk di Bukit Zaitun. ‘Katakanlah kepada kami,’ ujar mereka, ‘bilamanakah itu akan terjadi dan apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia? ‘Katakanlah kepada kami,’ ujar mereka, ‘bilamanakah itu akan terjadi dan apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia?’

Yesus tidak menjawab murid-murid-Nya itu dengan memisahkan peristiwa kehancuran Yerusalem dan hari besar itu dengan kedatagan-Nya. la menggabungkan keterangan tentang kedua peristiwa itu. Andaikata la menyingkapkan kepada murid-murid segala peristiwa yang akan datang itu sebagaimana la melihatnya, maka mereka tidak akan tahan menyaksikan pemandangan itu. Karena merasa kasihan kepada mereka maka la memadukan keterangan dari kedua krisis besar itu, membiarkan murid-murid itu mempelajari sendiri maknanya.—DA 628 (1898).

Waktu Kedatangan Kristus Tidak Diketahui
Banyak orang yang menamakan diri umat Advent sudah menjadi bagaikan pengatur waktu. Waktu demi waktu sudah ditentukan bagi Kristus untuk datang, tetapi yang terjadi ialah kegagalan yang berulang-ulang. Waktu yang pasti dari kedatangan Tuhan kita di luar pengetahuan makhluk hidup. Para malaikat pun, yang melayani mereka yang akan menjadi sebagai pewaris keselamatan, tidak mengetahui hari atau saatnya. ‘Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di surga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri.’–4T 307 (1879).

Kita tidak mengetahui saat yang pasti tentang kecurahan Roh Kudus atau tentang kedatangan Kristus. . . . Mengapa Allah tidak memberikan pengetahuan ini kepada kita? — Karena kita tidak akan memanfaatkannya secara benar sekiranya la mengatakannya. Satu keadaan akan timbul sebagai akibat dari pengetahuan ini di kalangan anggota kita yang akan sangat menghambat pekerjaan Allah dalam menyiapkan satu umat untuk bertahan pada hari besar yang akan datang. Kita tidak boleh hidup atas rangsangan waktu. . . .

Kamu tidak akan dapat mengatakan bahwa la akan datang dalam satu, dua atau lima tahun, dan kamu pun tidak akan dapat menunda kedatangan-Nya dengan mengatakan bahwa mungkln itu tidak akan terjadi dalam sepuluh atau dua puluh tahun.–RH. 22 Maret 1892.

Kita sedang mendekati hari besar Allah itu. Tanda-tanda sedang digenapi. Namun tak ada pekabaran yang mengatakan kepada kita tentang hari dan saatnya kedatangan Kristus. Tuhan secara bijaksana telah menyembunyikan hal ini dari kita agar kita senantiasa berada dalam keadaan berharap dan bersedia bagi kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus yang kedua kali di awan-awan surga. -Surat 28, 1897.

Waktu yang tepat dari kedatangan Anak Manusia yang kedua kali itu adalah rahasia Allah.-DA 633 (1898).

Pekabaran Kita Bukan Bersifat Menetapkan Waktu
Kita bukanlah golongan yang menentukan urutan perlstiwa yang terjadi dengan tepat sebelum kedatangan Yesus yang kedua kali dengan kuasa dan kemuliaan yang besar. Sebagian orang telah menetapkan waktu dan kapan terjadinya hal itu, roh mereka yang sombong itu tidak menerlma teguran, tetapi mereka menentukan dan menetapkan lagi waktu yang lain. Tetapi Kegagalan beruntun telah mencap mereka sebagai nabi-nabi palsu.-FE 335 (1895).

Allah tidak memberikan suatu pekabaran Kepada seorang pun bahwa akan ada lima tahun, atau sepuluh tahun atau dua puluh tahun sebelum penutupan sejarah dunia. la tidak akan memberi maaf Kepada makhluk mana pun untuk memperlambat persiapan bagi Kedatangan-Nya. la tidak ingin seseorang berkata, seperti hamba yang tidak setia itu, ‘TuanKu lambat datang,‘ Karena ini akan membawa Kepada mengabaikan Kesempatan dan peluang yang sudah diberikan untuk menyiapkan diri kita bagi hari yang besar itu.–RH. 27 November 1900.

Penetapan Waktu Mengakibatkan Ketidakpercayaan
Karena sudah berulang-ulang waktu yang ditetapkan itu berlalu, maka dunia menjadi lebih tidak percaya daripada sebelumnya mengenai dekatnya Kedatangan Kristus. Mereka melihat Kegagalan-Kegagalan dari mereka yang menetapkan waktu itu dengan rasa muaK, dan Karena orang-orang sudah begitu tertipu maka mereka berpaling dari Kebenaran yang didukung oleh Firman Allah bahwa Kesudahan segala perkara sudah dekat.–4T 307 (1879).

Saya tahu bahwa Saudara (E.P.) Daniel telah menentukan suatu waKtu, menyatakan bahwa Tuhan aKan datang dalam lima tahun mendatang. Sekarang saya berharap agar Kesan itu tidak akan meluas bahwa Kitalah para penentu waktu. Janganlah dileluarKan ucapan demikian. ltu tidak balk. Janganlah berusaha mendapatkan Kebangunan rohani atas dasar seperti itu, tetapi biarlah Kewaspadaan ditunjukkan dalam setiap kata yang diucapkan, agar orang-orang yang fanatik tidak mendapatkan sesuatu untuK menciptakan suatu Kegemparan sehingga Roh Tuhan disusahkan. Kita tidak mau menggerakkan perasaan orang banyak supaya membangkitkan Kekacauan, di mana perasaan dirangsang dan prinsip tidak dikendalikan. Saya rasa Kita perlu berjaga dalam segala segi, Karena Setan sedang bekerja  dengan sekuat tenaga untuk mematangkan teknik dan rancangannya menjadi satu kekuatan yang mendatangkan bahaya. Apa saja yang membuat kekacauan atau menimbulkan kegemparan atas dasar yang salah harus dltakuti, Karena reaksi pasti akan datang.—Surat 34, 1887.

Selalu akan ada pergerakan-pergerakan yang fanatik dan palsu yang diadakan oleh orang-orang dalam gereja yang mengaku dituntun oleh Allah orang-orang yang akan lari sebelum dikejar dan yang akan menentukan hari dan tanggal kejadian nubuatan yang belum digenapi. Musuh itu senang mereka melakukan hal itu, Karena kegagalan-kegagalan yang beruntun itu dan tuntunan kepada jalan-jalan yang palsu menimbulkan kebingungan dan ketidakpercayaan.—2SM 84 (1897).

Tidak Ada Nubuatan Tentang waktu Sesudah Tahun 1844
Dengan tegas saya menyatakan kepada kelompok-kelompok fanatik ini di acara perkemahan Jackson, bahwa mereka sedang melakukan pekerjaan dari musuh jiwa-jiwa itu; mereka berada dalam kegelapan. Mereka mengaku menerima terang besar bahwa pintu kasihan ditutup pada bulan Oktober 1884. Di sana saya membuat pernyataan di depan umum bahwa Tuhan merasa dengan senang hati rnenunjukkan kepada saya bahwa tidak akan ada waktu yang pasti dalam pekabaran yang diberikan Allah sejak 1844.–2SM 73 (1885).

Pendirian kita ialah menunggu dan berjaga-jaga, tanpa ada pernyataan soal waktu antara penutupan masa nubuatan tahun 1844 dengan waktu kedatangan Tuhan.-10MR 270 (1888).

Orang banyak tidak akan mendapat pekabaran lain soal kepastian waktu. Setelah jangka waktu ini (Wahyu 10:4-6), yang meliputi kurun waktu dari 1842 sampai 1844, tidak mungkin ada penelusuran yang pasti tentang masa nubuatan. Perkiraan masa yang paling panjang mencapai musim gugur di tahun 1844. -7BC 971 (1900).

Ellen White Mengharapkan Kedatangan Kristus ; Pada Zamannya
Kepada saya telah ditunjukkan sekelompok orang yangi hadir pada rapat General Conference. Berkata malaikat itu“ ‘Sebagian menjadi makanan untuk cacing, sebagian menjadii sasaran dari tujuh bala terakhir, sebagian akan tetap hidup: dan bertahan di bumi untuk diubahkan pada kedatangan Yesus.’ IT 131, 132 (1856).

Karena waktunya singkat maka kita harus bekerja dengan rajin dan dengan tenaga berlipat ganda. Anak-anak kita mungkin tidak sempat lagi memasuki perguruan tinggi.–3T 159 (1872).

Sungguh tidaklah bijaksana untuk mempunyai anak sekarang ini. Waktunya singkat, bahaya zaman akhir sudah datang menimpa kita, dan anak-anak kecil kebanyakan akan binasa sebelum ini.-—Surat 48, 1876.

Dengan umur dunia sekarang ini, sementara babak-babak sejarah dunia segera berakhir dan kita memasuki masa kesusahan yang tidak pernah terjadi sebelumnya, maka makin sedikit ikatan pernikahan diadakan akan lebih baik bagi semua orang, laki-laki maupun perempuan. -5T 366 (1885).

Akan tiba saatnya; tidak lama lagi dari sekarang, maka sebagian dari kita yang percaya akan tetap hidup di dunia ini, dan akan menyaksikan kegenapan yang sudah dinyatakan itu, serta mendengar suara penghulu malaikat dan bunyi sangkakala Allah yang akan bergema dari pegunungan, dari dataran dan dari lautan sampai ke ujung bumi.—RH, 31 Juli 1888.

Masa pencobaan sudah ada di hadapan kita, karena seruan nyaring malaikat ketiga sudah dimulai dalam penyataan kebenaran Kristus, yaitu Penebus yang mengampuni dosa.—1 SM 363 (1892).

-PPAZ

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here