pasangan

[AkhirZaman.org] Pelajari Pasangan Anda. Ny. Ruth Peale berkata: “Kalau saya boleh memberi sebuah  nasehat kepada para pengantin wanita, dan cukup satu saja, maka nasehat itu adalah: “Pelajarilah pasangan anda….Cari tahu apa kesukaannya dan apa yang dia tidak sukai, kekuatannya dan kelemahannya, suasana jiwa dan perangainya. Mencintai seorang pria itu bagus, tetapi itu tidaklah cukup. Untuk hidup bersama seseorang dengan mulus anda harus mengenali dia, dan untuk mengenali dia maka anda harus mempelajari dirinya,”

Nasehat yang bagus untuk kedua pasangan. Dengan mempelajari hal itu, anda akan tahu apa saja yang membuat pasangan anda kesal dan hal-hal apa yang membuat dia gembira. Anda akan tahu kapan pasangan anda itu membutuhkan dorongan dan kapan dia perlu ditenangkan dan berpikir secara rasional.  

Mempelajari pasangan anda tidak akan pernah berhenti, sebab kalau berhenti, pasangan anda itu mungkin akan mengatasi anda dengan berlalunya waktu. Namun, jika anda benar-benar mengenali pasangan anda setelah bertahun-tahun, anda bisa mengenali dia lebih daripada anda mengenali diri anda sendiri.

Ruang sidang pengadilan cerai penuh dengan pasangan-pasangan yang tidak sempat mengambil waktu, mengerahkan tenaga, atau cukup peduli untuk mempelajari pasangan mereka. Mereka gagal untuk memenuhi kebutuhan dan mencermati tanda-tanda amaran selagi masih sempat untuk memperbaiki hubungan mereka.

Perhatikan Pasangan Anda. Kembangkan kemampuan anda mengamati sehingga anda dapat mendeteksi dalam diri pasangan anda itu berbagai sikap dan kemampuan baru atau sikap-sikap yang belum dikenali yang dapat anda hargai. Lupakan diri anda dan lihatlah berbagai hal dari sudut pandang berbeda. Sementara anda menjadi lebih bisa menerima maka anda akan menjadi lebih mampu untuk memahami mengapa pasangan anda itu bertindak dan berpikir berbeda dari anda. Sementara anda lebih memahami dia, maka pasangan anda itu akan menjadi lebih nyata bagi anda, dan pola-pola perilaku baru akan muncul untuk anda pelajari.

Perlihatkan kesetiaan anda untuk turut serta, setidaknya sekali-kali, dalam kegiatan-kegiatan yang disukai pasangan oleh anda. Para istri senang kalau melihat bahwa suami mereka menunjukkan perhatian dalam usaha mereka mendandani rumah, dan kegiatan-kegiatan sosial, kemasyarakatan, atau berbelanja. Para suami mungkin gemar olahraga, berkebun, atau menyukai mobil sport, tetapi istri mungkin tidak menunjukkan minat pada soal-soal itu. Terkadang minat semula hanya basa-basi saja bisa bekembang menjadi kegemaran sungguhan.

Dengarkan Pasangan Anda. Sungguh satu cara yang luar biasa untuk saling mengenal! Kita sangat memerlukan sebuah pentas dimana kita bisa menguji gagasan, harapan, impian, ambisi, masalah, dan konflik batin yang sulit dipecahkan sendirian. Kita semua membutuhkan seseorang dengan siapa kita dapat mencurahkan isi hati tanpa khawatir akan ditertawai atau ditolak. Perlihatkan perhatian dan ajukan pertanyaan-pertanyaan yang dengan senang hati akan di jawab pasangan anda. Semua orang menyukai seorang pendengar yang baik.

Sumber: Nancy Van Pelt, The Compleat Marriage

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here