jantung

[AkhirZaman.org] Dibawah ini ada beberapa tips hidup sehat agar jantung kuat:

  1. Hindari semua produk hewani, kecuali untuk susu non fat agar mengurangi kolestrol makanan sampai minimum. Sumber vitamin B12, yang hanya berasal dari produk-produk hewan, penting. Margarin jauh lebih baik dibanding mentega. Putih telur tidak mengandung kolestrol, kolestrol ada dalam kuning telur. Ikan akan merendahkan triglyceride tetapi menaikkan kolesterol LDL. Sering organ daging dan makanan-makanan laut tidak tinggi lemak jenuhnya tetapi tinggi kolestrolnya dan seharusnya dihindari. Daging sapi yang tidak berlemak mempunyai kolestrol sama banyaknya dengan daging sapi yang penuh lemak. Tanpa kolestrol, lemak jenuh tidak menjadi satu masalah tetapi karena sebagian besar orang mengkonsumsi sangat banyak kolestrol maka lemak jenuh menjadi sebuah faktor yang mengganggu. 68% lemak jenuh kita berasal dari produk-produk hewan dan 100% kolestrol kita berasal dari produk-produk hewan. Sulit untuk menghasilkan atherosclerosis yang hebat dalam makanan tanpa kolesterol dalam makanan.
  2. Dapatkan persediaan SERAT yang cukup khususnya serat yang dapat larut seperti oat, buncis, apel, gerst (sejenis gandum) dan buckwheat (soba). Gunakan produk-produk biji padi-padian yang utuh (whole wheat bread (roti gandum), beras merah (beras pecah kulit)). Roti gandum menunjukkan mengurangi siko serangan jantung kira-kira sebanyak 40% jika dibanding dengan roti putih. Terutama sangat membantu, 75 gram oat sehari , walaupun secangkir buncis atau 2 buah apel juga akan mengontrol kolestrol darah anda.
  3. Makanlah bermacam-macam sayuran khususnya yang berdaun hijau dan sayur-sayuran yang berwarna kuning oranye untuk mendapatkan karotin yang cukup.  Beberapa penelitian menunjukkan berkurangnya 50% resiko serangan jantung  beta-karotin, tetapi penelitian-penelitian yang lain tidak. Kenyataannya, suplemen beta-karotin  meningkatkan angka kematian yang disebabkan karena kanker paru-paru pada para perokok. Kesepakatannya adalah dapatkan beta-karotin dalam makanan dan bukan sebagai suplemen.

    HOMOCYSTEINEMIA adalah faktor resiko utama untuk penyakit jantung yang disebabkan karena kekurangan asam folic, vitamin B-12 atau B-6. Asam folic berasal dari sayur-sayuran  berdaun hijau dan sayur-sayuran lain dan buah-buahan. 400mcg yang direkomendasikan untuk wanita hamil. Diperkirakanada 13.500 kematian karena kekurangan CHD pada pria setiap tahunnya di AS jika mereka mendapat jumlah yang sama.

  4. Kacang-kacangan, seperti almond dan walnut (sejenis kenari), yang dimakan 5 kali seminggu menunjukkan berkuranya resiko serangan jantung sekitar 50% bila digunakan dalam jumlah kecil 50-75 gram sehari.
  5. Gunakan 1-2T satu dari MINYAK yang lebih baik setiap hari. Tiga minyak yang berguna : jenis jagung, bunga matahari atau saffflower; minyak zaitun; minyak canola. Hindari margarin yang mengandung minyak kelapa jika mengkonsumsi produk-produk hewani yang banyak. Penelitian menujukkan minyak zaitun mempertahankan elastisitas pembuluh arteri.; minyak jagung, safflower, dan bungan matahari merendakan kolestrol darah disebabkan karena kandungan asam linoleic yang tinggi; minyak canola mengurangi penggumpalan karena beberapa alpha linolenicnya diubah menjadi asa, eicosapentaenoic.
  6. Jagalah berat badan anda sampai tingkat optimal. Indeks masa badan (BMI) yang ideal untuk resiko serangan jantung    adalah 22.5 untuk pria dan 21,5 untuk wanita. BMI = berat dalam lbs X 704 dibagi detinggu dalam inci persegi. Perbandingan pinggang dengan  pinggul seharusnya tidak boleh lebih dari 1.0 untuk pria dam 0.85 untuk wanita. Untuk mudahnya adalah 100 lbs untuk yang tingginya lima kaki + 5 lbs untuk setiap inci tambahannya bagi wanita dan 6 lbs untuk pria. Kegemukan melipat duakan resiko serangan jantung.

    Menurunkan berat badan anda dengan tidak makan snack, mengurangi jumlah lemak (daging, minyak), menaikkan kandungan serat makanan (biji padi-padian yang utuh), menggunakan kalori yang kosong dan diolah (gula, alkohol, minyak, padi yang diselep), gunakan lebih banyak makanan yang berkalori rendah (sayuran hijau, sayur-sayuran lebih daripada daging , buah –buahan segar) dan kurangi makanan berkalori tinggi (daging-daging, dessert), makanlah makan pagi yang baik tetapi sedikit atau atau jangan makan malam.
     

  7. Jagalah jumlah GULA sampai minimum untuk menjaga triglyceride darah turun dengan menghindari banyak dessert. Kombinasi susu, gula, dan telur ( lemak jenuh, gula) seperti dalam puding dan ice cream mempunyai efek yang besar dalam menaikkan kolestrol darah dan triglycerid anda.
  8. Kurangi penggunaan GARAM sampai 1 t setiap hari (5 gram) untuk mengurangi resiko tekanan darah tinggi. Ini dilakukan dengan memakan makanan dalam keadaan alami lebih daripada makanan-makanan yang dikemas. Dua pertiga garam kita berasal dari makanan-makanan yang dikemas lebih daripada botol garam
  9. Kontrollah DIABETES anda terutama dengan menurunkan berat badan anda  karena itu mengurangi triglycerid dan kolestrol darah  dan mengurangi kolestrol makanan anda sampai minimum. Makanan yang berlemak rendah penting bagi kontrol terbaik gula darah.  Banyak penderita diabetes menderita penyakit darah tinggi dan oleh karena itu  mengurangi garam sampai 1 t setiap hari penting.
  10. Jagalah tekanan darah anda turun sampai kurang dari 140/90. Tekanan darah tinggi megandakan resiko serangan jantung dan  melipatk gandakan resiko stroke lipta- lima. Turunkan berat badan anda, hindari garam yang berlebihan, ikuti program gerak badan yang baik, dan hindari alkohol adalah cara—cara menurunkan tekanan darah.
  11. Turunkan INSULIN DARAH anda dengan menjaga berat badan anda tetap rendah, hindari banyak gula, dan ikuti program gerak badan yang baik.
  12. Teruskan program GERAK BADAN yang baik. Berjalan kaki dua mil sehari mengurangi resiko kematian sekitar lebih dari 50%. Berjalan kaki adalah gerak badan yang aman. Jalan kaki akan mengurangi kadar insulin darah. Itu akan membantu merendahkan resiko kegemukan. Itu akan merendahkan kolestrol LDL dan meningkatkan kolestrol HDL. Jalan kaki akan mengurangi resiko banyak kanker (bahkan jika kelebihan berat badan.
  13. Hindari ALKOHOL, TEH, dan KOPI. Bukti bahwa alkohol merendahkan resiko penyakit jantung tidak cukup kuat  dan tidak direkomendasi oleh Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO) atau National Academy of Science. Kafein menonaktifkan diphosphoesterase yang kemudian membolehkan lebih banyak gula dan lemak mengalir ke dalam aliran darah. Penelitian tentang populasi resiko rendah menunjukkan 1-2 cangkir kopi sehari meningkatkan resiko serangan jantung sekitar 50-60%.
  14. Hindari TEMBAKAU yang lebih daripada menggandakan resiko serangan jantung. Jika anda adalah seorang perokok jangan beralih pada pipa dan cerutu karena anda akan menghirup dan meningkatkan jumlah nikotin anda. Pada waktu berhenti merokok, juga mengeluarkan kafein karena nikotin  biasanya menonaktifkan kafein dan tanpa nikotin kadar kafein  bertambah.                                                                                                                                                                         

Selamat mempraktekkan!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here