help-people Copy

[AkhirZaman.org] Kesulitan dalam hidup bisa berdampak terhadap kesehatan mental, seperti depresi. Jika terjadi pada orang terdekat seperti orangtua, saudara, teman, bahkan kekasih pasti timbul pertanyaan bagaimana membantu mereka mengatasi rasa depresi agar tidak menjadi semakin parah?

Dirangkum detikHealth dari beberapa sumber, Anda bisa melakukan 5 langkah ini untuk membantu orang terdekat mengatasi depresinya.

1. Membantu berpaling dari masa lalu

Kegelisahan dari masalah di masa lalu mungkin salah satu alasan mereka mengalami depresi. Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melupakannya dan mulai menata kembali kehidupan di masa kini.

“Jadi jangan sampai membuat rendahkan mereka. Sebagai gantinya, bantu mereka berhubungan kembali dengan momen saat ini. Anda bisa melakukan ini dengan meminta mereka untuk memejamkan mata dan memerhatikan tubuh mereka atau apa yang terjadi di sekitar mereka. Perasaan kaki mereka menyentuh tanah, berat tangan mereka di pangkuan,” ujar Chief Science Officer, dr Andrew Shatté.

2. Ajak mereka bergerak

Bantu mereka untuk menenangkan tubuh mereka dengan menarik napas dalam untuk mengurangi kegelisahan. Bernapas secara mendalam mengaktifkan sistem saraf parasimpatis yang menyeimbangkan antara saraf simpatik dan usahanya untuk menenangkan.

Ajaklah mereka berjalan-jalan atau berolahraga, agar bisa memotivasi mereka kembali.

3. Bantu mereka mendapatkan perspektif baru

Orang yang depresi biasanya memiliki sudut pandang yang sempit dan tidak berkembang. Ini lah yang membuat sulit untuk menghilangkan rasa depresinya.

Untuk itu, membantu mereka mendapatkan perspektif baru merupakan salah satu langkah untuk mengatasi depresi. Ajak bicara, beri saran-saran positif, dan dorong mereka untuk bangkit dan terus berpikir positif.

4. Tanyakan ‘lalu apa yang akan dilakukan?’

Setelah memiliki perspektif baru, tanyakan pertanyaan tersebut pada mereka. Tujuannya adalah untuk merencakan sesuatu hal yang di kemudian hari. Hal ini bisa membuatnya siap untuk menghadapi kemungkinan terburuk nantinya.

5. Berikan hal positif

Yang terpenting adalah selalu berikan hal positif pada mereka. Ini yang sangat dibutuhkan mereka untuk mengatasi dan menghilangkan depresinya.

 

 

 

Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here