1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Muhammad Menyeru Kaum Quraisy Meninggalkan Berhala (1)

sunsetguahira Copy[AkhirZaman.org] Setelah pernikahannya dengan Khodijah, seorang janda kaya di Mekah yang memiliki usaha barang-barang dagangan, Muhammad tak lagi menjadi orang miskin. Ia suka memberikan pertolongan kepada orang-orang miskin. Di samping itu dia selalu mengasingkan diri untuk mencari kebenaran. Pada suatu malam ia mengasingkan diri ke Gua Hira, tidak jauh dari kota Mekah untuk mencari ketenangan dan kebenaran karena ia kasihan kepada kaumnya yang menyembah berhala itu.

Mukaddimah Qur-an terbitan Dep. Agama RI hal. 59, 60 menceritakan bunyinya: “Ketika Muhammad menginjak usia 40 tahun, pada malam 17 Ramadhan, bertepatan dengan tanggal 6 Agustus 610 M, di waktu Muhammad sedang bertahanuts di Gua Hirak datanglah malaikat Jibril membawa tulisan dan menyuruhnya membaca tulisan itu. Muhammad mengatakan: ‘Aku tidak dapat membaca.’ Sampai tiga kali malaikat itu menyuruhnya membacanya. Dan tiga kali pula Muhammad mengatakan, ‘Tidak dapat membaca.’ Lalu malaikat itu merangkulnya sehingga nafasnya sesak, ikut malaikat itu membaca: “Iqrok bismi Robbikallazi Kholaq.” Yang artinya “Bacalah Dengan Nama Tuhanmu Yang Menjadikan.”

Muhammad mengerti bahwa Tuhan yang menjadikan, bukannya berhala-berhala yang biasa disembah oleh kaum Quraisy di sisi Kaabah Mekah itu. Kemudian ia pulang ke rumahnya, minta diselimuti oleh isterinya karena badannya gemetar dan suaranya parau. Sementara Muhammad tertidur, Khodijah pergi ke rumah Waraqah bin Naufal menceritakan apa yang terjadi kepada suaminya. Waraqah menjawab, “Suci, suci, sungguh telah datang kepadanya Namus akbar yang pernah datang kepada Musa.”

Mendengar itu Khodijah pulang ke rumahnya dengan hati yang senang. Setibanya di rumah, Muhammad masih tidur, tetapi tidak lama kemudian terbangun. Setelah Muhammad segar kembali, segera Khodijah mengajaknya pergi ke rumah Waraqah dengan maksud untuk bertanya lebih lanjut.

Setelah Muhammad menceritakan kepadanya segala sesuatu yang terjadi di Gua Hirak, lalu Waraqah berkata: “Suci, suci! Hai anak laki-laki saudaraku! Ini adalah rahassia besar yang pernah diturunkan Allah kepada Nabi Musa. Mudah-mudahan aku masih hidup, bilamana kaum Quraisy mengusir engkau! . . . . Kelak ketika engkau dimusuhi, aku akan menolong engkau dengan pertolongan yang sekuat-kuatnya.” (Kitab Kelengkapan Tarikh Muhammad SAW, jilid I A, hal. 206, 207).

Waraqah, yang beragama Kristen, menguatkan dan memberikan semangat kepada Muhammad supaya ia jangan takut kepada kaum Quraisy untuk mengembalikan mereka menurut agama Ibrahim dan Ismail untuk menyembah Allah Yang Esa, dengan ucapannya yang tegas, “Apabila engkau dimusuhi kelak, aku akan mennolong engkau dengan pertolongan yang sekuat-kuatnya.”

Tugas Muhammad Sesudah Peristiwa Itu
Sesudah Muhammad menerima wahyu yang menjelaskan tugas atas dirinya, mulailah dia secara tersembunyi menyeru keluarganya yang tinggal dalam satu rumah dan sahabat-sahabatnya yang terdekat, seorang demi seorang, agar mereka meninggalkan agama berhalanya dan hanya menyembah Allah Yang Esa.

Yang mula-mula percaya kepadanya adalah isterinya sendiri, Khodijah. Kemudian disusul oleh putera pamannya (anak Abu Thalib) yang bernama Ali, dan juga Zaid bin Harisah (budaknya yang kemudian menjadi anak angkatnya). [Mukadimmah Qur-an terbitan Dep. Agama RI, hal. 63].

Pada mulanya kaum Quraisy menganggap gerakan Muhammad itu adalah suatu gerakan yang tak mempunyai dasar dan tujuan hidup, dan hanya sebentar saja. Oleh karena itu sikap mereka terhadap Muhammad acuh tak acuh dan mereka membiarkan gerakan itu. Lama kelamaan gerakan itu makin meluas dan pengikut-pengikutnya bertambah banyak, dan seruan Muhammad makin tegas dan lantang. Dia mulai mengecam agama berhala kaum Quraisy. (Mukadimmah Qur-an terbitan Dep. Agama RI, hal. 64).

Reaksi Kaum Quraisy Terhadap Muhammad
jabal-nur CopyKemudian dengan tiba-tiba Abu Lahap bersuara keras dan kasar seraya marah-marah, katanya: “Hai orang-orang keturunan Abdul-Muththalib! Demi Al-Lata dan Al-Uzza! Sungguh Muhammad itu jahat! Tariklah tangannya itu ke sini! Tangkap Muhammad! Hendaklah kamu semua melarang dia berkata-kata seperti itu.” (Kitab Kelengkapan Tarikh Muhammad SAW, jilid I A, hal. 256).

Pada suatu hari bertanyalah Ubayya kepada Uqbah: “Apakah engkau sudah bertukar agama? Apakah engkau sudah mengikut agama Muhammad? Apakah engkau hendak berganti agama yang telah dipeluk orang-orang tua kita dahulu?”

Uqbah menjawab, “Demi Al-Lata dan Al-Uzza! Aku tidak berganti agama. Aku tidak ikut agama Muhammad! Hanya ada seorang laki-laki yang terhormat, termasuk keturunan bangsa Quraisy. Ia kuundang ke sini karena perjamuan ini, dengan diam-diam ia tidak mau memakan hidangan perjamuan yang saya sajikan kepadanya, kecuali jika aku sudah naik saksi di hadapannya dan mengaku beriman kepada Allah dan kepadanya.”

Sesudah mendengar cerita Uqbah itu, lalu Ubayya bin Kalaf berkata kepadanya: “Demi Al-Lata dan Al-Uzza! Mukaku haram bertemu dan berhadapan dengan mukamu selama-lamanya kecuali jika engkau bertemu dengan Muhammad di mana saja, engkau menangkap dan mencekik lehernya serta menampar dan meludahi mukanya. Jika engkau tidak berbuat demikian kepada Muhammad, tetaplah engkau seorang yang telah mengikut agamanya. Jadi engkau sudah menukar agama orang tuamu dengan agama baru yang dibawa Muhammad.” (Kitab Kelengkapan Tarikh Muhammad SAW, jilid I A, hal. 275, 276).

Abu Lahab mulai bekerja dengan sekuat-kuatnya masuk kampung keluar kampung untuk merintangi seruan Muhamad. Ia dibantu oleh isterinya, juga dibantu oleh seorang pemuda Quraisy yang bernama Amir bin Hisyam (Abu Jahal).

Abu Lahab menghasut orang laki-laki dari bangsa Quraisy dan bangsa Arab lainnya. Isterinya menghasut perempuan-perempuan dari bangsa Quraisy, juga bangsa Arab lainnya. Sedangkan Abu Jahal menghasut pemuda-pemuda Quraisy, juga pemuda-pemuda Arab lainnya.

Tiap hari tiap malam mereka sibuk memasuki kampung dan keluar kampung, mengadakan hasutan dengan mengatakan: “Muhammad itu jahat, dia seorang pemuda yang sudah hilang ingatan, dan otaknya sudah miring.”

Muhammad itu pendusta besar, menyesatkan orang banyak, meributkan orang-orang tua, membuat keonaran pada banyak orang. Semua yang diserukan Muhammad itu bohong, sekali-kali jangan percaya, karena menyengsarakan!

Demikianlah antara lain hasutan mereka terhadap Muhammad, yang pada intinya merintangi orang lain supaya jangan mengikut seruan Muhammad itu.” (Kitab Kelengkapan Tarikh Muhammad SAW, jilid I A, hal. 262).

 

 

 

 

 

Artikel Terkait:

1. DIBALIK CERITA DONGENG

Dibalik

[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga menginspirasi. Dilahirkan dalam sebuah keluarga Kristen yang setia sekitar tahun 385 SM di Skotlandia, dia diculik saat masih muda, diselundupkan ke Irlandia, ...
258 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. PERISTIWA-PERISTIWA AKHIR ZAMAN YANG BERSAMAAN

Peristiwa-Peristiwa

[AkhirZaman.org] Otoritas Zaman Kuno Israel (IAA) baru saja mengungumkan bahwa para ahli ilmu purbakala telah menemukan lokasi itu dimana tentara Roma, ...
401 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. HALLOWEEN DAN ORANG-ORANG KRISTEN

HALLOWEEN

[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 31 Oktober, saya dan saudara laki-laki saya mengenakan pakaian untuk Halloween dan pergi untuk menjebak orang-orang disekitar saya. ...
408 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. ANDA DAPAT MENGASIHI DIRIMU

Anda

[AkhirZaman.org] Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang yang melata yang merayap di bumi.” (Kejadian 1:26). ...
433 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. SANGAT TIPIS BEDANYA

SANGAT

[AkhirZaman.org] Janganlah terlalu saleh, janganlah perilakumu terlalu berhikmat; mengapa engkau akan membinasakan dirimu sendiri? Pkh. 7:16 ...
454 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. HARGA DIRI (SUATU TAKSIRAN NILAI YANG TERLALU TINGGI?)

HARGA

[AkhirZaman.org] Dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri.” (Filipi 2:3)  ...
460 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. PIKIRAN BENTENG PERTAHANAN UTAMA

Pikiran

[AkhirZaman.org] ”Manusia jatuh ke dalam dosa melalui pikiran.” Pikiranlah yang lebih dahulu berdosa, baru seluruh tubuh melakukan dosa. Sama halnya dengan Adam dan Hawa berdosa di Taman Eden, ...
468 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. REPUTASI VS KARAKTER

REPUTASI

[AkhirZaman.org] Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; ...
471 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. MENJADI HADIRAT YANG TENANG DI DALAM BADAI

MENJADI

[AkhirZaman.org] “Kami sedang duduk di sebuah tong bubuk,” kata Charles H. Ramsey, mantan kepala polisi di Philadelphia dan Washington, selama wawancara di NBC News ‘”Meet the Press” hari Minggu. ...
485 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. POKEMON: APA ITU?

POKEMON:

[AkhirZaman.org] Diperbarui 2016/07/16: asli CARM tentang Pokémon ditulis pada tahun 2007. Baru-baru ini, Pokemon telah mengalami kebangkitan. Bahkan, sekarang nomor satu melihat artikel di CARM. ...
504 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
Pelaku pembantaian Texas ...
[AkhirZaman.org] Tersangka pelaku penembakan di sebuah gereja di pedalaman...
Read More...
IMAGE
Mengungkap Kekayaan Pange...
[AkhirZaman.org]  - Pangeran Alwaleed bin Tahal menjadi salah satu dari...
Read More...
IMAGE
Buntut Teror New York, Tr...
[AkhirZaman.org] Presiden Amerika Serikat Donald Trump memanfaatkan serangan...
Read More...
IMAGE
Jumlah Anak Obesitas Naik...
[AkhirZaman.org] – Hasil studi yang dimuat dalam jurnal kesehatan The...
Read More...
IMAGE
Seorang istri di Pakistan...
[AkhirZaman.org] Seorang perempuan yang baru menikah di Pakistan ditangkap...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
Jenis-jenis Penyakit dan ...
Adenoids (Membesarnya hulu kerongkongan ) [AkhirZaman.org] Adenoids terdiri...
Read More...
IMAGE
Menggunakan Ponsel Sebelu...
[AkhirZaman.org] Pasti kamu pernah menggunakan atau memakai ponsel sebelum...
Read More...
IMAGE
[RH] PENURUTANLAH NILAINY...
Kasihilah Tuhan Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan...
Read More...
IMAGE
[RH] TIDAK ADA DAMAI SAMA...
Jangan kamu menyangka bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi: Aku...
Read More...
IMAGE
[RH] PENGAMPUNAN PENUH DA...
Tetapi padaMu ada pengampunan, supaya Engkau ditakuti orang. Aku...
Read More...
IMAGE
[RH] KESEMPURNAAN KRISTEN
Bagi Dia, yang berkuasa menjaga supaya jangan kamu tersandung dan yang...
Read More...
IMAGE
[RH] KRISTUS ADALAH TELAD...
Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...
IMAGE
TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR...
Umat Allah Tidak Menyukai Keinginan yang Keji[AkhirZaman.org] Sekarang ini,...
Read More...

Data Kunjungan

016763007
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
7773
16088
39100
120102
179805
16254340
16763007

IP Anda: 54.221.93.187
Tanggal: 2017-12-12 13:13:59

Online Saat Ini

We have 75 guests and no members online