1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Persahabatan Umat Allah: Peristiwa Penting Menjelang Kelahiran Muhammad (2)

 

pasukan-gajah-penghancur-kabah Copy[AkhirZaman.org] Dalam artikel sebelumnya kita telah mempelajari bahwa suatu kali Abrahah Al-Asyram yang menjadi Gubernur Kerajaan Roma Katolik di Yaman bersama pasukan gajah dan tentaranya yang gagah perkasa melakukan perjalanan ke Mekah hendak menghancurkan Ka’abah di kota itu. Abdul Muththalib sebagai pemimpin pemerintahan kota Mekah dan pemegang kunci Ka’abah di Mekah, beserta dengan penduduk kota itu tidak melakukan perlawanan.

Mereka hanya berdoa kepada berhala-berhala yang ada di sisi Ka’abah, yaitu Hubal, Al-Lata, dan Al-Uzza; yang mereka anggap sebagai Tuhan, supaya melindungi Ka’abah itu. Dan doa itu terjawab ketika tiba-tiba pasukan Abrahah Al-Asyram dengan gajah-gajahnya diserang wabah penyakit ketika dalam perjalanannya hampir tiba di Mekah.

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa sepertinya Tuhan menjawab doa Abdul Muththalib supaya Ka’abah itu dilindungi dan tidak dihancurkan oleh Abrahah dan pasukan gajahnya, padahal Abdul Muththalib tidak berdoa kepada Tuhan yang benar namun kepada berhala-berhala itu?

Di akhir pelajaran sebelumnya kita telah sedikit mendapat jawabannya bahwa Tuhan tidak mau memaksa seseorang untuk meyakini-Nya secara paksa. Dia mau supaya manusia secara bebas menurut keyakinannya sendiri. Oleh karena itu, apabila seseorang yakin bahwa berhala-berhala itu dapat memberikan pertolongan (sebagaimana keyakinan kaum Quraisy Mekah, termasuk Abdul Muththalib), maka itu akan terkabul jika itu saja yang mereka ketahui tentang Tuhan.

Tetapi bukan berarti kita diperkenankan untuk menyembah berhala dan berdoa kepadanya hanya oleh karena kita lebih yakin pada berhala-berhala itu daripada Tuhan Sang Pencipta. Karena Tuhan berkata: “Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku. Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi. Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu . . . tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.” Keluaran 20:3-6.

Dan pada pelajaran kali ini kita akan mendapat jawaban yang lebih jelas mengapa sepertinya Tuhan mendengar dan menjawab doa dari Abdul Muththalib dan tidak memperkenankan rencana Abrahah untuk menghancurkan Ka’abah di Mekah meski Abdul Muththalib melayangkan doanya lewat berhala-berhala yang ada di sisi Ka’abah itu? Mari kita mulai mempelajarinya.

Menurut catatan dalam Kitab Pelajaran agama Kristen Roma Katolik yang ditulis oleh James Gibsons, seorang Kardinal Uskup Roma Katolik di Baltimore Amerika, dalam Kitab yang berjudul “Agama Yesus Kristus” yang diterbitkan oleh Tata Usaha Gereja Katolik Menado tahun 1952, halaman 78: “Patutlah ada dan tinggal dalam gereja yaitu patung Kristus dan patung Maryam (Maria) dan patung orang suci lainnya. Patutlah dilakukan kepadanya dengan hormat dan dipermuliakan dia . . . serta kita mengagumi patung-patung itu atau memberi tabik kepadanya atau bertelut di hadapannya . . . Adapun segala anak-anak Katolik mengerti bahwa dalam hal apa bedanya sebuah berhala orang kafir dan sebuah patung orang Nasrani.”

Abrahah Al-Asyram yang mendirikan Gereja Quraisy di kota Shan’a di Yaman, akan mengisinya dengan patung Yesus dan Maryam dan patung yang mereka anggap suci. Kalau cita-cita Abrahah dibiarkan terwujud, maka Gereja Quraisy di Shan’a itu akan sama dengan Ka’abah yang di kota Mekah itu, sebab di Ka’abah Mekah itu ada berhala Hubal dan di sekeliling Ka’abah itu ada patung-patung yang jumlahnya lebih dari 300 buah.

Pekerjaan Abrahah menjadi wali negeri di Shan’a itu sama dengan pekerjaan Abdul Muththalib sebegai wali negeri di Mekah. Mereka berdua adalah Kepala Pemerintahan merangkap Kepala atau Imam dalam rumah kebaktian yang juga sama-sama menghormati patung, cuma berbeda nama saja.

berhala latta  uzza CopyBerhala yang tinggal dalam Ka’abah dan di sekeliling Ka’abah Mekah itu disebut berhala orang kafir, sedang yang tinggal dalam Gereja Quraisy disebut patung orang Nasrani. Tetapi mari kita pikirkan sejenak apa bedanya berhala orang kafir dengan berhala orang Nasrani? Tidak ada bedanya. Baik berhala orang kafir dan berhala orang Nasrani sama-sama dibuat dari batu yang adalah perbuatan tangan manusia.

Kedua tindakan itu adalah pelanggaran terhadap perintah kedua dari Sepuluh Perintah Tuhan yang berbunyi: “Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi. Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya” (Keluaran 20:4, 5). Itulah sebabnya Tuhan tidak mengizinkan dan tak merestui rencana Abrahah itu.

Tuhan sesungguhnya bermaksud memusnahkan berhala dan patung-patung di Ka’abah Mekah itu, tetapi bukanlah melalui Abrahah. Karena jika dia yang melakukannya hanya akan membuat dia semakin merajalela untuk mendirikan pusat penyembahan berhala di Gereja Quraisy di Shan’a, di mana patung Yesus dan Maryam serta patung-patung lainnya sudah ada di sana. Meskipun itu di dalam gereja dan itu adalah patung Yesus sekalipun, itu tetaplah berhala dan melanggar hukum kedua Tuhan.

Seiring berjalannya waktu, rencana Tuhan untuk menghancurkan berhala-berhala itu akan terwujud karena pada awalnya Ka’abah di Mekah itu digunakan keturunan Nabi Ibrahim, yaitu Isma’il sebagai tempat untuk menyembah Allah Yang Maha Esa semasa dia hidup di Mekah, dan bukan seperti di zaman Abdul Muththalib yang berisikan banyak berhala-berhala seperti yang dilakukan oleh kaum atau abngsa Quraisy. Sehingga dengan adanya berhala-berhala itu, maka Ka’abah di Mekah itu bukan lagi tempat untuk menyembah Tuhan melainkan menjadi pusat penyembahan kepada berhala seperti pada zaman Abdul Muththalib.

Sejarah mencatat tentang penghancuran berhala-berhala itu sebagaimana disebutkan oleh Mukaddimah Qur-an terbitan Dep. Agama RI, halaman 81:

“Pada tanggal 10 Ramadhan tahun 8 Hijrah, berangkatlah Rasulullah membawa pengikutnya sebanyak 10.000 orang laki-laki dari Madinah menuju Mekah. Orang-orang Quraisy mendengar berita pasukan besar yang dibawa oleh Muhammad itu menjadi gemetar dan putus asa. Akhirnya, Abu Sofyan, pemimpin Quraisy pergi menemui Rasulullah di luar kota Mekah dan menyatakan ke-Islam-annya dan menyerah. Kemudian Rasulullah memerintahakan pasukannya memasuki Mekah dari empat jurusan (arah). Dengan demikian kota Mekah jatuh ke tangan Kaum Muslimin tanpa perlawanan sama sekali. Patung-patung dan berhala-berhala di sekeliling Ka’abah mereka hancurkan seraya meneriakkan, ‘Telah datang kebenaran, dan telah lenyap kebatilan (kepalsuan), sesungguhnnya kebatilan itu pasti lenyap.”

Cucu Abdul Muththalib sendiri yang pernah dua tahun dipeliharanya sebelum ia wafat, yang kemudian diserahkan kepada anaknya yang bernama Abu Thalib untuk memelihara Muhammad semasa ia kanak-kanak, dan Abdul Muththalib sendiri memberinya nama Muhammad karena ayah dari Muhammad (Abdullah) telah wafat waktu dia masih berusia tiga bulan dalam kandungan ibunya. Dialah yang diperkenankan Tuhan untuk menghancurkan batu-batu berhala dan patung-patung yang ada dalam Ka’abah di Mekah itu. Supaya kaum Quraisy kembali menegakkan agama Ibrahim yang terkenal di Tanah Arab dan pernah menjadi agama bangsa Arab semasa Isma’il masih hidup.

Demikianlah sejarah masuknya berhala ke dalam Ka’abah di kota Mekah itu, dibawa oleh Khuza’ah dari Arab Selatan sesudah Isma’il wafat lalu diteruskan penyembahan kepada berhala itu oleh kaum Quraisy, karena Qushai menikah dengan Hubayya puteri dari Hulail Al Kuza’y penguasa kota Mekah yang menyembah berhala. Dan batu-batu berhala serta patung-patung yang lebih dari dua abad disembah oleh kaum Quraisy peninggalan keturunan Khuza’ah itu, pada tanggal 10 Ramadhan tahun 8 Hijrah (dalam tahun 630 Masehi) dimusnahkan oleh Muhammad bersama-sama orang Islam dari Madinah.

 

 

Artikel Terkait:

1. DIBALIK CERITA DONGENG

Dibalik

[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga menginspirasi. Dilahirkan dalam sebuah keluarga Kristen yang setia sekitar tahun 385 SM di Skotlandia, dia diculik saat masih muda, diselundupkan ke Irlandia, ...
258 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. PERISTIWA-PERISTIWA AKHIR ZAMAN YANG BERSAMAAN

Peristiwa-Peristiwa

[AkhirZaman.org] Otoritas Zaman Kuno Israel (IAA) baru saja mengungumkan bahwa para ahli ilmu purbakala telah menemukan lokasi itu dimana tentara Roma, ...
401 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. HALLOWEEN DAN ORANG-ORANG KRISTEN

HALLOWEEN

[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 31 Oktober, saya dan saudara laki-laki saya mengenakan pakaian untuk Halloween dan pergi untuk menjebak orang-orang disekitar saya. ...
408 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. ANDA DAPAT MENGASIHI DIRIMU

Anda

[AkhirZaman.org] Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang yang melata yang merayap di bumi.” (Kejadian 1:26). ...
433 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. SANGAT TIPIS BEDANYA

SANGAT

[AkhirZaman.org] Janganlah terlalu saleh, janganlah perilakumu terlalu berhikmat; mengapa engkau akan membinasakan dirimu sendiri? Pkh. 7:16 ...
454 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. HARGA DIRI (SUATU TAKSIRAN NILAI YANG TERLALU TINGGI?)

HARGA

[AkhirZaman.org] Dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri.” (Filipi 2:3)  ...
460 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. PIKIRAN BENTENG PERTAHANAN UTAMA

Pikiran

[AkhirZaman.org] ”Manusia jatuh ke dalam dosa melalui pikiran.” Pikiranlah yang lebih dahulu berdosa, baru seluruh tubuh melakukan dosa. Sama halnya dengan Adam dan Hawa berdosa di Taman Eden, ...
468 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. REPUTASI VS KARAKTER

REPUTASI

[AkhirZaman.org] Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; ...
471 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. MENJADI HADIRAT YANG TENANG DI DALAM BADAI

MENJADI

[AkhirZaman.org] “Kami sedang duduk di sebuah tong bubuk,” kata Charles H. Ramsey, mantan kepala polisi di Philadelphia dan Washington, selama wawancara di NBC News ‘”Meet the Press” hari Minggu. ...
485 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. POKEMON: APA ITU?

POKEMON:

[AkhirZaman.org] Diperbarui 2016/07/16: asli CARM tentang Pokémon ditulis pada tahun 2007. Baru-baru ini, Pokemon telah mengalami kebangkitan. Bahkan, sekarang nomor satu melihat artikel di CARM. ...
504 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
Pelaku pembantaian Texas ...
[AkhirZaman.org] Tersangka pelaku penembakan di sebuah gereja di pedalaman...
Read More...
IMAGE
Mengungkap Kekayaan Pange...
[AkhirZaman.org]  - Pangeran Alwaleed bin Tahal menjadi salah satu dari...
Read More...
IMAGE
Buntut Teror New York, Tr...
[AkhirZaman.org] Presiden Amerika Serikat Donald Trump memanfaatkan serangan...
Read More...
IMAGE
Jumlah Anak Obesitas Naik...
[AkhirZaman.org] – Hasil studi yang dimuat dalam jurnal kesehatan The...
Read More...
IMAGE
Seorang istri di Pakistan...
[AkhirZaman.org] Seorang perempuan yang baru menikah di Pakistan ditangkap...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...
IMAGE
TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR...
Umat Allah Tidak Menyukai Keinginan yang Keji[AkhirZaman.org] Sekarang ini,...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
[RH] PENURUTANLAH NILAINY...
Kasihilah Tuhan Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan...
Read More...
IMAGE
[RH] TIDAK ADA DAMAI SAMA...
Jangan kamu menyangka bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi: Aku...
Read More...
IMAGE
[RH] PENGAMPUNAN PENUH DA...
Tetapi padaMu ada pengampunan, supaya Engkau ditakuti orang. Aku...
Read More...
IMAGE
[RH] KESEMPURNAAN KRISTEN
Bagi Dia, yang berkuasa menjaga supaya jangan kamu tersandung dan yang...
Read More...
IMAGE
[RH] KRISTUS ADALAH TELAD...
Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
Jenis-jenis Penyakit dan ...
Adenoids (Membesarnya hulu kerongkongan ) [AkhirZaman.org] Adenoids terdiri...
Read More...
IMAGE
Menggunakan Ponsel Sebelu...
[AkhirZaman.org] Pasti kamu pernah menggunakan atau memakai ponsel sebelum...
Read More...

Data Kunjungan

016763039
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
7805
16088
39132
120102
179837
16254340
16763039

IP Anda: 54.221.93.187
Tanggal: 2017-12-12 13:18:02

Online Saat Ini

We have 91 guests and no members online