Friday, March 29, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedHampir Satu Miliar Jiwa Kelaparan di Seluruh Dunia

Hampir Satu Miliar Jiwa Kelaparan di Seluruh Dunia

Kelaparan global sepertinya telah menyebar, badan- badan amal memperingatkan bahwa jumlah anak-anak penderita gizi buruk juga meningkat.

[AkhirZaman.org] Sebuah jumlah tak tertandingi untuk kekurangan pangan parah yang telah menambah 43 juta  orang di seluruh dunia yang kelaparan tahun ini. Jutaan anak-anak sekarang menghadapi risiko kekurangan gizi akut, badan-badan amal memperingatkan. Satu minggu menjelang “KTT kelaparan” David Cameron, mereka mengatakan bahwa kecuali ada tindakan yang diambil segera, bisa lebih banyak lagi jatuh korban.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, organisasi kemanusiaan harus menanggapi tiga krisis pangan serius – di Afrika Barat, Yaman dan Afrika Timur – dalam 12 bulan terakhir, menurut Oxfam. Hampir satu miliar orang sekarang kelaparan – satu diantara tujuh orang dari populasi global – dan jumlah anak yang kekurangan gizi akut telah meningkat untuk pertama kalinya dekade ini.

Tapi masalah ini sudah diketahui. Ketika krisis kelaparan menjadi berita utama tahun lalu, setelah kelaparan dinyatakan di Somalia, diperkirakan telah menewaskan sekitar 100.000 orang dan telah berpengaruh terhadap 12 juta orang. Terjadi kematian sia-sia dan jutaan dolar telah dihabiskan hanya karena masyarakat internasional telah gagal untuk bertindak atas peringatan dini.

Aktris “Harry Potter” Bonnie Wright, 21, baru saja kembali dari Senegal, sebuah negara di wilayah Sahel Afrika Barat dan Tengah, di mana lebih dari 18 juta orang terancam oleh kekurangan pangan. Dia mengatakan kepada The Independent pada hari Minggu: “Kita sekarang berada disaat di mana kita dapat mencegah kelaparan, posisi yang paling baik bagi kita untuk membantu sekarang, daripada menunggu sampai kita berada dalam sebuah situasi yang ekstrim dimana kita dapat kehilangan orang dalam hitungan detik. “

Badan-badan amal mendesak David Cameron mengumumkan “dorongan terbesar untuk kelaparan” di acara gizi globalnya, yang akan diadakan minggu depan bertepatan dengan hari penutupan Olimpiade. Para pemimpin dunia, LSM dan orang-orang bisnis terkemuka yang diharapkan hadir – dan di antara isu-isu lain, diharapkan bahwa Perdana Menteri akan mengumumkan target untuk mengurangi jumlah balita-yang jumlahnya sekitar 180 juta – yang menderita cacat fisik dan hambatan pertumbuhan serta kekerdilan yang diakibatkan karena gizi buruk. Lebih dari dua setengah juta anak meninggal karena gizi buruk setiap tahun.

Barbara Stocking, direktur eksekutif Oxfam GB, yang menyebut KTT “langkah maju yang positif”,  menekankan: “Ini harus menjadi awal dari tindakan bersama untuk mengatasi fakta mengejutkan bahwa sementara kita memproduksi cukup makanan untuk memberi makan semua orang di planet ini, miliaran orang pada malam ini akan pergi tidur dengan perut yang lapar.

“Menyusutnya sumber daya alam dan makin lajunya peningkatan perubahan iklim berarti bahwa tanpa tindakan segera, hal-hal hanya akan bertambah buruk, dan krisis besar dapat dengan cepat bisa bergerak dari sebuah pengecualian menjadi sesuatu yang normal.”

Dia menambahkan bahwa Cameron harus mendorong peningkatan investasi bagi petani kecil, transparansi yang lebih besar di pasar komoditas dan mengakhiri subsidi biofuel.

Jika dunia gagal untuk mendengarkan ketika badan-badan amal memperingatkan tentang krisis pangan di Tanduk Afrika, para ahli mengatakan bahwa mereka harus memperhatikan ketika datang ke Sahel. Enam juta orang sudah menghadapi kerawanan pangan yang parah di kawasan itu, dan lebih dari satu juta anak beresiko gizi buruk.

Siklus kekeringan dikombinasikan dengan rendahnya tingkat investasi pertanian, degradasi lingkungan, pertumbuhan penduduk yang tinggi dan tingkat kemiskinan akut berkontribusi pada konteks kerentanan “kronis”, menurut Oxfam. Konflik di Mali dan tingginya harga pangan – di seluruh wilayah, harga makanan yang lebih tinggi rata-rata 25 sampai 50 persen bila dibandingkan dengan rata-rata lima tahun terakhir – telah memperburuk krisis. Badan amal ini telah mengupayakan dan bertujuan untuk mencapai 1,8 juta orang dengan bantuan darurat di Senegal, Burkina Faso, Chad, Mali, Mauritania, Niger dan Gambia.

Justin Forsyth, chief executive Save the Children, mengatakan, kawasan itu dalam sebuah “krisis pangan permanen”. Dia menambahkan:.. “Hal ini meluncur dari satu krisis ke krisis yang berikutnya, satu tahun yang buruk telah membuat keluarga-keluarga telah melewati batas, dan dunia merespon keadaan darurat, tapi ini adalah puncak gunung es di bawah permukaan, ada krisis yang sedang berlangsung besar dimana tidak kita sadari. “

Perdana Menteri mengatakan kepada The IOS bahwa ia dan Wakil Presiden Brazil, Michel Temer, yang adalah co-hosting untuk acara minggu depan, ingin “menggunakan KTT untuk menemukan cara baru dalam mengatasi gizi buruk – mengembangkan inovasi di bidang bioteknologi, mendorong kuat kerjasama antara pemerintah dan memastikan akuntabilitas yang lebih baik dengan Pemerintah yang menerima bantuan “.

Dia menambahkan bahwa dia berharap untuk “menyetujui paket kebijakan” untuk “mengubah kehidupan jutaan anak-anak” sebelum Olimpiade Rio. Save the Children memperkirakan bahwa akan ada empat juta anak lagi terhambat oleh Olimpiade berikutnya, jika kecenderungan ini terus berlanjut.

Unicef ​​Inggris mengatakan bahwa kekurangan gizi adalah  sebuah “tantangan diam” untuk pembangunan global. Pada tahun 2008, delapan dari ekonom terkemuka di dunia, termasuk lima pemenang Hadiah Nobel, menyatakan bahwa dengan menyediakan anak-anak muda mengonsumsi mikronutrien sebagai cara yang paling hemat biaya untuk memajukan kesejahteraan global.

David Cameron menambahkan, “Untuk setiap 1 £ dihabiskan secara efektif mengatasi kekurangan gizi, £ 30 dari manfaat yang akan dihasilkan.”

Studi kasus

Assan Adaman, 33 tahun ibu dari 6 anak, telah tinggal di desa yang sama di Kédougou, Senegal, seumur hidupnya. Seorang petani padi, biasanya ia menghasilkan hasil produksi sebanyak enam karung di musim yang baik, tahun lalu, tingkat produksi telah berkurang setengahnya. Saat ia mulai kehabisan makanan, dia khawatir tentang beberapa bulan ke depan dan bagaimana dia akan memastikan anak-anaknya cukup makan.

“Saya menam padi tahun lalu, tapi tiga karung tidak cukup untuk memberi makan keluarga saya saya benar-benar khawatir tentang bagaimana saya akan memberi mereka makan selama beberapa bulan berikutnya, seperti kita mendekati periode buruk.. Saya tidak bisa tenang ketika anak saya tidak memiliki cukup makanan, saya harus menjaga mereka agar tetap sehat. Kami terpaksa harus mengandalkan tetangga dan masyarakat untuk membantu kami melalui masa-masa sulit..

“Ketika saya menerima uang Oxfam, saya akan dapat memberikan makanan anak-anak saya Tapi saya berharap bahwa masa depan akan berubah untuk anak-anak saya ketika mereka tumbuh dewasa..”

Aissatou Kanle  40 tahun seorang ayah dari delapan anak, tinggal di Kédougou. Dia adalah petani jagung dan beras juga seorang pedagang tetapi sekarang bekerja sebagai penambang – yang harus berjalan kaki enam jam pulang pergi dari rumahnya – untuk memberi makan keluarganya, yang telah tertinggal.

“Tahun lalu panenan jagung telah dihancurkan oleh banjir, hujan juga menghancurkan panen padi saya, jadi, selama setahun terakhir, saya tidak punya cukup beras atau jagung untuk dijual atau untuk dimakan keluarga saya …. Saya harus pergi dan menemukan pekerjaan membangun toilet di tambang, sehingga saya bisa mengumpulkan uang untuk diberikan kepada istri saya untuk menyediakan makanan untuk 10 orang keluarga saya. Saya harus berjalan tiga jam pulang pergi tetapi hanya dengan makanan yang sangat sedikit untuk diri saya sendiri.

“Masa depan untuk keluarga saya adalah pendidikan. Saya tidak bisa hanya memberi mereka makan tanpa melihat mereka pergi ke sekolah, namun saya juga tidak bisa membiarkan mereka pergi ke sekolah tanpa makanan, tapi saya akan berjuang.. Saya tidak ingin melihat mereka memiliki kehidupan yang sama seperti saya. “

Bonnie Wright, Duta Besar untuk Oxfam GB.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?