Friday, March 29, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedAkhir zaman! Benarkah?

Akhir zaman! Benarkah?

 

[AkhirZaman.Org] Akhir zaman adalah istilah yang sangat istimewa sekaligus sangat kontroversial. Sepanjang zaman istilah akhir zaman sudah sangat dekat dengan manusia. Kesadaran akan adanya akhir zaman sudah muncul hampir seumur dengan keberadaan manusia . Dari waktu ke waktu kita dapat menemukan ungkapan-ungkapan manusia tentang adanya akhir zaman; sebuah ungkapan kerinduan untuk suatu kehidupan yang lebih baik.

Catatan beberapa kitab suci maupun kepercayaan-kepercayaan kuno menjelaskan akhir zaman adalah suatu periode akhir dalam siklus kehidupan manusia sebelum akhirnya memasuki kehidupan lain yang baru. Dalam Alkitab sendiri amaran akan adanya akhir zaman sudah pernah datang pada zaman permulaan sejarah manusia. Amaran atau peringatan tentang akan adanya akhir dari sejarah kehidupan manusia ini sudah dicatat dalam kitab Kejadian, kitab pertama dalam Alkitab yakni kitab yang mencatat permulaan dari cerita kehidupan manusia; suatu waktu dimana masih sangat jelas bagi manusia fakta tentang siapa manusia itu.

Difirmankan, dunia waktu itu benar-benar hampir di daur ulang. Tuhan berfirman: Aku akan menghapuskan manusia yang telah kuciptakan itu dari muka bumi, baik manusia maupun hewan dan binatang-binatang melata dan burung-burung di udara…(kej 6:7). Dalam Firman inilah pertama kali peringatan datang untuk menyadarkan manusia bahwa dunia dimana kita tinggal dengan segala isinya tidaklah kekal melainkan dapat binasa kapan saja tanpa bergantung pada keputusan manusia. Firman ini menegaskan satu kenyataaan penting yang harus selalu diingat yaitu kesudahan dari dunia ini adalah berada diluar kendali kita manusia.

Penyebab utama ancaman berakhirnya peradaban seluruh dunia waktu itu adalah karena Allah menilik bumi itu dan sungguhlah rusak benar, sebab semua manusia menjalankan hidup yang rusak di bumi…segala kecenderungan hati mereka selalu membuahkan kejahatan semata kej 6:5,13), atau yang lebih kita kenal penyebab itu adalah dosa. Pembersihan terhadap dosa menjadi sebab dunia kita yang berdosa ini tidak kekal. Akan tiba waktunya dosa dengan segala pengaruhnya yang buruk diakhiri.

Semenjak saat itu dari zaman ke zaman setiap lahirnya generasi yang baru kesadaran tentang akan adanya akhir zaman melekat pada setiap manusia; tertanam dalam jiwa bahkan menjadi sesuatu yang sangat dinanti-nanti. Ada banyak tokoh-tokoh dalam Alkitab maupun diluar Alkitab yang meramalkan ataupun mengungkapkan kerinduan akan datangnya akhir zaman.

Seiring waktu tatkala manusia hidup semakin lama di dunia berdosa di mana perubahan terus terjadi dengan begitu cepat, maka pengertian tentang akhir zaman itu menjadi beragam bahkan mulai menjadi kabur. Perubahan terhadap pengertian akan akhir zaman terjadi seiring ilmuh pengetahuan yang semakin bertambah-tambah dimana manusia mulai berfilsafat dan berandai-andai. Namun bersamaan munculnya keraguan di hati manusia akan adanya akhir zaman, manusia akhirnya kembali harus mengakui bahwa bumi dimana kita tinggal tidaklah kekal karena dari waktu ke waktu, dunia kita tidaklah menjadi lebih baik melainkan menjadi sungguhlah rusak benar dan manusia menjalankan kehidupan yang semakin rusak di bumi.

Keadaan dunia dan manusia semakin memprihatinkan dan sangat memiluhkan. Seharusnya kenyataan itu saja sudah cukup untuk membuat kita sadar bahwa akhir dari dunia ini hampir tiba dan kita tidak perluh dibodohi oleh filsafat-filsafat kosong ataupun pernyataan-pernyataan yang mengatasnamakan penelitian yang hanya berspekulasi dan cepat sekali berubah-rubah tanpa dapat dipertanggung jawabkan.

Kita sangat perluh untuk mencari tahu setiap kebenaran tentang akhir zaman agar dapat membuat sikap yang tepat pada waktu yang tepat. Lalai untuk tahu akanlah benar-benar sangat berakibat fatal. Waktu dimana dunia ini akan dibersihkan dari dosa benar-benar akan terjadi dan kita sedang menuju kesana. Bersikaplah benar tepat pada waktunya.

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?