792826_42751048_b

Pendahuluan

Jika diizinkan, malaikat-malaikat jahat akan mengerjai [memikat dan mengendalikan] pikiran manusia sampai manusia itu tidak mempunyai pikran atau kehendak mereka sendiri – MS 64, 1904

12
Gambar yang khas dan yang paling terkenal yang memiliki pesan subliminal (alam bawah sadar)

[AkhirZaman.org] Penglihatan subliminal (bawah sadar) adalah sebuah proses yang disengaja yang dibuat oleh teknisi komunikasi, dimana anda akan menerima dan menanggapi informasi dan instruksi tersebut tanpa menyadarinya. Pesan-pesan yang berada didalam kata-kata yang di cetak, gambar-gambar atau bahkan suara-suara yang disajikan atau diperkenalkan entah sangat cepat atau sangat tersamar  melewati kesadaran dan kewaspadaan anda. Sesuatu yang terasa secara sadar dapat dievaluasi, dikritiki, didiskusi, dibantah dan mungkin saja ditolak. Sesuatu yang terprogram secara subliminar untuk alam bawah sadar tidak menemui halangan. Informasi subliminal ini disimpan didalam otak anda dan mampu mempengaruhi pertimbangan, kelakuan dan tingkah laku.

Penggunaan teknik subliminal dalam media komunikasi cetak sudah ada di Amerika Serikat paling sedikit sejak periode perang dunia pertama. Sebagai contoh, Sampul Norman Rockwell yang pertama pada The Saturday Evening Post selama 1917 menyatukan tempelan SEXes. Kapanpun sebuah kata tempelan atau gambar secara tidak sengaja terlihat secara sadar, para pembaca akan menganggapnya sebagai lelucon, sebuah kebetulan atah hasil dari imajinasi mereka.

Percobaan iklan serius dengan memberikan pesan subliminal telah dipimpin pada pertengahan 50-an. Pada 22 Juni 1956, the British Broadcasting Corporation (BBC) mencoba memproyeksikan gambar-gambar subliminal pada televisi. Gambar-gambar tersebut telintas dilayar kaca terlalu cepat untuk dilihat secara sadar, tetapi mereka mereka telah melakukan sebuah pengaruh pada alam bawah sadar. Percobaan BBC dikuti oleh percobaan-percobaan oleh Canadian Broadcasting Corporation, Mexico’s Televisa Commercial Tv and Radio Network, US TV Station WTWO di Bangor dan ada banyak lagi.

Percobaan-percobaan tersebut tidak hanya pada televisi. Pada tahun 1958, Stasiun Radio WAAF di Chicago memancarkan iklan “subaudible” (suara yang tak terdengar secara sadar). Seattle’s KOL membalut pesan-pesan yang sulit terdengar “dibawah” permainan musik oleh disjoki (DJ). “Bagaimana dengan secangkir kopi?” adalah salah satunya, dan “Seseorang di depan pintu” adalah yang lainnya. Pada tanggal 8 Desember 1972, the New York Times melaporkan bahwa in-Flight Motion Pictures, inc sudah mulai menjual iklan subliminal yang ditempel di film-film yang mereka edarkan kepada seluruh maskapai penerbangan utama. Supermarket-supermarket lintas Negara mengalami penurunan tingkat pencurian sekitar 30-50% karena pemancaran pesan-pesan subliminal seperti “Saya tidak akan mencuri” dan “Kami sedang mengawasi anda”. Stimutech, Inc dari East Lansing, Michigan memasarkan sebuah sistem video computer yang memberikan pesan-pesan subliminal pada televisi anda sementara anda menonton tayangan rutin. Pesan-pesan subliminal disiapkan oleh kelompok ahli jiwa (psikolog) yang menggunakan ide Freudian untuk mengubah pola pikir dan tingkah laku dari si pelihat.

3Percobaan paling dikenal yang memiliki pesan subliminal dipimpin oleh seorang psikolog dan ilmuwan pemasaran, James Vicary pada tahun 1957 selama penayangan film Picnic. Setiap lima detik, kata-kata “Lapar? Makanlah Popcorn. Minum Coca Cola” ditayangkan dalam waktu 0.003 detik. Luar biasa cepat. Apa yang anda lihat pada gambar,  sebagai contoh, ditayangkan dalam 0.04 detik. Penjualan popcorn dan Coke di teater New Jersey meningkat masing-masing 57.8% dan 18.1%. Banyak sekali peneliti-peneliti ilmiah mengikuti percobaan-percobaan ini menegaskan tanpa keraguan bahwa pesan subliminal bekerja. Ketika industri periklanan dan agen-agen pemerintahan memahami potensi dari pesan subliminal ini, mereka mulai menginvestasikan jutaan uang dalam mengembangkan dan menyempurnakan teknik-teknik subliminal, yang dapat digunakan bukan hanya untuk pemasaran, tetapi juga untuk propaganda dan kendali pikiran. Pada tahun 1962, Vicary tiba-tiba mengakui bahwa dia mengarang hasil dari percobaan nya … Mengapa seseorang mendiskreditkan dirinya sendiri sedemikian rupa dan menghilangkan martabat dan kredibilitasnya? Hal ini jelas bahwa dia dibayar untuk melakukan itu oleh mereka yang menggunakan pesan subliminal untuk memanipulasi Anda. Ingat kutipan dari “Tersangka yang terlihat biasa”: Trik terbesar si Iblis yang pernah ditarik yaitu meyakinkan dunia bahwa dia tidak pernah ada … itulah trik tepat yang mereka coba tarik, I.E meyakinkan dunia bahwa teknik subliminal itu tidak bekerja. Dan mereka melakukan pekerjaan bagus yang cantik. Ada banyak sekali orang yang menolak untuk mempercayai bahwa sebuah teknologi rahasia yang mengubah tingkah laku secara terselubung, menyalurkan pokok-pokok nilai dasar, mengelola motif manusia dan mengendarai mereka ke dalam perilaku patologis untuk kepentingan struktur kekuasaan tertentu telah ada dan digunakan secara luas selama beberapa dekade atau bahkan lebih. Mereka akan memanggilmu gila jika engkau berani mengatakan sesuatu seperti itu namun pesan-pesan subliminal tetap menyerang anda terus-menerus setiap hari, melalui buku-buku, film-film, majalah-majalah, televisi, radio dan musik. Setiap Koran umum, setiap poster, setiap majalah di Amerika memiliki pesan-pesan subliminal yang tertempel di dalamnya.

Jadi, bagaimana mungkin sesuatu yang kita tidak perhatikan dapat mempengaruhi tingkah laku kita?
Tunggu dulu, tidak diperhatikan bukan berarti tidak terlihat. Mari kita pertama-tama memahami bagaimana persepsi kita bekerja. Sebagaimana anda ketahui, pikiran kita terdiri dari dua bagian yang saling berinteraksi: sadar dan bawah sadar. Bagian bawah sadar dari pikiran beroperasi dibawah level dari kesadaran (conscious awareness). Ini mengendalikan reflex, fungsi otomatis dan menangani pemrosesan dan penyimpanan informasi yang datang. Alam bawah sadar mampu memproses 20,000 bit informasi dalam waktu bersamaan, sementara bagian kesadaran hanya dapat mengurai ± 7 bit informasi di waktu yang sama.

Gantinya dari lima indera sederhana Aristoteles – penglihatan, pendengaran, pengecap, peraba dan pembau – ada paling sedikit 37 yang diketahui, membedakan sensor yang masuk ke otak. Seluruh informasi yang diangkut oleh indera-indera ini dikirim ke otak dan diserap oleh alam bawah sadar, bagaimanapun juga, hanya data yang sangat konkrit dan relevan yang akan diteruskan  ke pikiran sadar setelah itu diproses dan dikurangi. Semua yang tersisa diabaikan. Sebuah contoh yang bagus tentang ini adalah the Cocktail Party Effect (Efek Pesta Koktil). Kamu bisa berbicara dengan temanmu ditengah-tengah kerumunan orang yang sedang berpesta dan  dapat mendengar dan mengerti apa yang dia katakan bahkan jika tempat itu sangat ribut. Kamu dapat dengan sekejap mengabaikan apa yang dibicarakan seseorang yang ada didekatmu, tetapi jika seseorang di sisi yang berlawanan tiba-tiba menyebut namamu, kamu memperhatikan suara itu dan menanggapinya seketika itu juga. Bukan hanya namamu yang seketika memacu perhatianmu, biasanya juga engkau menyadari hampir keseluruhan kalimat yang masuk itu. Dari pengalaman ini, kita dapat mempelajari bahwa otak merekam segala hal yang mengambil tempat disekitar kita. Hal yang menariknya, kata-kata tertentu seperti SEX, BLOOD (darah), DEATH (Mati), FUCK (Bersetubuh) dan yang sama seperti itu memiliki efek yang sama dalam memicu perhatian kita sebagaimana nama pribadi.

Jadi, hanyalah informasi yang dianggap sebagai suatu hal yang “relevan” yang pergi ke bagian yang sadar. Informasi penting, rangsangan singkat atau samar disimpan didalam alam bawah sadar tanpa mencapai kesadaran kita. Penting untuk ditegaskan bahwa informasi-informasi tersebut tidak dibuang melainkan disimpan. S E M U A  H A L yang pernah engkau alami dihidupmu, dari setiap wajah asing yang kau pernah pandang sekilas di kerumunan orang hingga setiap jaring laba-laba yang pernah engkau tatap sewaktu kecil, dapat diambil kembali dari ingatan anda dengan cara hipnotis atau stimulasi listrik dari sel-sel otak di lobus temporal. Karena itu, apapun yang secara alam bawah sadar dimasukkan kedalam otakmu akan tetap ada disana selamanya dan di keadaan-keadaan yang tepat akan akan memicu reaksi yang tepat dalam diri Anda. Tidak dikatakan bahwa pesan subliminal menentukan tindakan anda tanpa bisa ditawar-tawar. Pendapat yang diterima adalah bahwa pesan-pesan subliminal lebih memperkuat, mempercepat dan mempertegas reaksi pada seseorang yang SUDAH CENDERUNG menuju ke subjek atau pokok dari pesan tersebut. Namun saya perkirakan, tak seorang pun dapat memastikan.

Kebanyakan pesan subliminal adalah S E X
Karena hampir semua orang memiliki pertalian yang kuat terhadap seks, pesan subliminal seksual akan menjadi yang paling efektif. Tertanam pada produk tertentu seharusnya untuk memicu perhatian pemirsa, emosi dan membangkitkan ketertarikan dalam dirinya terhadap produk. Sayangnya, seperti yang Anda akan lihat sendiri, prinsip ini telah banyak disalahgunakan, dilecehkan dan disalah-terapkan. Seksualitas terang-terangan di ambang pornografi dapat dengan mudah ditemukan dalam iklan umum, film keluarga, kartun dan produk anak-anak.

4

5
Screen Shot dari Clone High (E 09)

67
New X-Men #118

89
Harry Potter And the Half-blood prince

1011Huruf SEX dalam media cetak biasanya dimasukkan ke rambut, lipatan pakaian, garis wajah, atau permukaan latar belakang yang kasar. Seringkali beberapa kebisingan ditambahkan untuk menyamarkannya, seperti di snapshot House.

Pola-pola huruf secara alami dapat muncul pada media tersebut. Seorang seniman biasanya mencari pola-pola yang sudah ada dan memulai dari situ.
Teknik lainnya adalah dengan menulis banyak SEX di jalinan yang mirip mosaik pada lapisan transparan yang dapat dilapiskan kedalam foto apapun pada setiap tingkat intensitas yang diinginkan. Di gambar berikutnya ada banyak kata SEX transparan tertulis di seluruh wajahnya: dahi, bibir, rambut, dagu dll. Itu selain mahkota yang menyembunyikan kata SEX didalam desainnya.

1213
The Inhabited Island 2. Di menit kedelapan dari film tersebut, kamera yang digerakkan secara perlahan terfokus pada sebuah tembok sekitar 10 detik. Cukup terlihat kata SEX tergores di batu. Sebuah foto keluarga yang dekat dari situ berperan sebagai kamuflase untuk kata SEX lainnya. Ini hanyalah satu dari banyak contoh sepanjang film tersebut. Dan ironisnya, alur cerita berputar disekitar penguasa elit yang menggunakan pengendalian pikiran yang samar-samar yang berarti untuk memanipulasi masyarakat sesuai dengan keinginan mereka, dan disinilah kita: para pembuat film menggunakan teknik pengendalian pikiran yang samar-samar untuk memanipulasi penonton menjadi sesuai dengan pola mereka.

1415Teknik menarik lainnya yaitu memasukkan gambar anamorfik – seperti ketika Anda melihat ke cermin lucu di sebuah taman hiburan atau ke dalam teko kopi mengkilap di rumah. Distori ini, ataupun gambar-gambar yang aneh berfungsi sebagai umpan untuk pesan yang sesungguhnya yang dapat disembunyikan didalam tanah (dedaunan, bunga-bungaan, pemandanga, refleksi dalam botol, balok es, simbol dan banyak lagi). Walaupun itu tidak nyata secara sadar, tapi secara alam bawah sadar, bias sangat nyata dan terekam disana.

Dan mengagetkannya, cukup banyak simbol kematian subliminal juga yang digunakan – tengkorak yang tersembunyi di balok es, awan dll. Kata DEATH (mati) atau DETH sering disembunyikan di latar belakang.

Selama evolusi pembangunan manusia, persepsi subliminal tentunya telah terlibat dalam kelangsungan dan penyesuaian hidup manusia. Para inovator kreatif seperti seniman, penyair, penulis dan komposer telah memanfaatkan potensi subliminal manusia selama berabad-abad. Setidaknya dalam satu lukisan Rembrandt, misalnya, SEX tersembunyi muncul (dieja sebagai seks dalam bahasa Belanda). Lukisan Monet juga berlimpah dengan hal yang seperti itu.

Selama ribuan tahun setan telah mengadakan eksperimen pada sifat-sifat pikiran manusia dan ia telah mengetahuinya dengan baik. Dengan kerjanya yang halus pada akhir zaman ini ia menghubungkan pikiran manusia dengan pikirannya, mengilhaminya dengan pemikiran-pemikirannya; dan ia melakukan pekerjaan ini dengan cara menipu sehingga mereka yang menerima tuntunannya tidak mengetahui bahwa mereka sedang dituntun sesuai kehendaknya. Penipu besar itu berharap untuk membingungkan pikiran laki-laki dan perempuan sehingga tidak ada yang lain selain suaranya saja yang akan terdengar.
– Lt 244, 1907 (MM 111)

Setan senantiasa berusaha untuk mempengaruhi pikiran manusia oleh seni penyamarannya yang halus. Ia adalah perancang ahli,
– Signs of the Times, 18 September 1893 (HC 210)
 
Rencana dan muslihat setan mengajak kita dalam segala hal. Kita harus senantiasa mengingat bahwa ia datang kepada kita dalam penyamaran, menutupi motif-motif dan sifat pencobaannya.Kita perlu sangat berhati-hati, menyelidiki dengan cermat segala muslihatnya, supaya kita jangan tertipu.
– MS 34, 1897 (HC 88)
 
Keuntungan yang diperolehnya (setan) dari ilmu pengetahuan, ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pikiran manusia, sangat besar.
– ST 6 November 1884 (2SM 351, 352)
 
Adalah pekerjaan istimewa setan pada akhir zaman ini untuk memiliki pikiran orang-orang muda, untuk mengkorup pemikiran-pemikiran mereka dan mengobarkan keinginan nafsu mereka.
– Und MS 93 (HC 337)

Setan sedang memperhatikan sehingga ia boleh menemukan pikiran yang tidak dijaga dan dengan demikian ia boleh memiliknya.
– MS 11, 1893

Setan mengendalikan setiap pikiran yang tidak tegas di bawah pengendalian Roh Allah
– Lt 57, 1895 (YM 79)

Mereka yang tidak akan jatuh menjadi mangsa tipu muslihat setan harus benar-benar MENJAGA jalan-jalan masuk kedalam jiwa; mereka harus menghindari membaca, melihat dan mendengar hal-hal yang akan mendorong pemikiran-pemikiran yang tidak suci dan murni.Hati harus dikawal dengan ketat, kalau tidak, si jahat yang ada di luar akan membangunkan si jahat yang ada di dalam dan jiwa akan mengembara dalam kegelapan.
– AA 518 (1911)

Segala tulisan yang diilhamkan Tuhan memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.
– 2 Timotius 3:16 ITB

Sebab barang siapa yang lahir dari Tuhan mengalahkan dunia; dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia, yaitu IMAN kita
– 1 John 5:4 (Terjemahan Bebas KJV)

Disini ada ketekunan orang orang kudus. Disinilah mereka yang menjaga perintah Tuhan  dan IMAN YESUS.
– Wahyu 14:12 (Terjemahan Bebas KJV)

Sebab Tuhanlah yang bekerja didalam kamu entah menginginkan dan melakukan sesuai kerelaan-Nya
– Filipi 2:13 (Terjemahan Bebas KJV)

Setialah Dia yang telah memanggilmu, yang juga akan melakukannya.
– 1 Tesalonika 5:23 (Terjemahan Bebas KJV).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here