FamilyCounselingPic Copy

[AkhirZaman.org] Anak-anak tidak bertanggung jawab membayar angsuran bulanan, memasak, bekerja mencari uang. Tetapi seperti orang dewasa, mereka memiliki kekhawatiran tersendiri. Biasanya mereka khawatir tentang nilai di sekolah, ujian- ujian, serta perubahan bentuk fisik, serta target yang tidak tercapai serta hal kecil lainnya. Secara alamiah, masing-masing anak memiliki tingkat kekhawatiran yang berbeda-beda. Untungnya, orang tua dapat menolong anak-anak mereka mengatasi masalah khawatir yang mereka hadapi.

1. Cari tau apa yang ada di pikiran mereka.

Perhatikan apa yang terjadi di sekolah, dan di pergaulan di mana anak Anda berada. Ambil waktu untuk bertanya bagaimana anak Anda di sekolah atau di kegiatan yang lain. Sambil mendengarkan cerita dari anak Anda, pastikan untuk bertanya tentang apa yang anak Anda pikirkan dan rasakan tentang kegiatan yang ia ikuti.

Jika anak Anda tampaknya khawatir tentang sesuatu, Anda harus bertanya tentang hal itu. Dorong anak Anda untuk menggambarkan apa yang mengganggu mereka dalam kata-kata. Kemudian dengar dengan penuh perhatian. Bagikan pengalaman Anda untuk meringankan beban mereka.

2. Tunjukan bahwa bahwa Anda peduli dan mengerti keadaan mereka.

Menjadi tertarik pada maslah anak Anda, menunjukan mereka penting bagi Anda akan membantu anak-anak merasa didukung. Komentar yang menenangkan biasanya sangat membantu.

3. Tuntun anak Anda kepada solusi

Anda mengurangi kekhawatiran anak Anda dengan cara menuntunnya kepada solusi. Pecahkan masalah secara bersama, tapi ingat, jangan Anda yang menyelesaikan masalah, tetapi biarkan anak Anda sendiri yang menyelesaikannya.
Dengan demikian anak Anda akan terbiasa. Tetapi tetap dalam pantauan anda.

4. Motivasi yang sehat

Tanpa merendahkan mental anak Anda, terangkan bahwa semua masalah hanyalah bersifat sementara dan dapat di pecahkan. Katakan bahwa akan ada hari yang lebih baik serta kesempatan yang lain untuk mencoba bangkit dari kegagalan. Dengan mengajar anak Anda bagaimana menghadapi masalah, dapat memantu membangun kekuatan, ketahanan dan optimisme untuk mencoba lagi. Ingatkan anak Anda bahwa apapun yang terjadi, semuanya akan baik- baik saja.

5. Informasi yang benar sangat menolong

Anak- anak kadang khawatir akan hal- hal besar- seperti teroris, perang, pemanasan global- yang mereka dengar di sekolah atau dari teman. Maka orang tua dapat menolong mereka dengan cara mendiskusikan hal-hal tersebut sambil memberikan penjelasan yang benar dan jelas. Orang tua juga harus berhati- hati oeh sebab penjelasan yang mereka berikan akan turut mempengaruhi cara anak menyikapi masalah- masalah tersebut. Harus juga disampaikan bagaimana usaha- usaha yang dilakukan untuk memastikan bahwa mereka dalam keadaan aman.

6. Berikan contoh yang baik

Pelajaran yang paling berharga yang kita ajarkan kepada anak adalah apa yang kita sendiri lakukan. Jadi, reaksi Anda terhadap masalah dan kekhawatiran Anda akan sangat mempengaruhi cara anak Anda menghadapi masalah mereka. Hadapi masalah dan kekhawatiran Anda bijaksana serta rasa optimis yang tinggi , maka anak Anda juga akan melakukan yang sama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here