air

[AkhirZaman.org] Banyak orangtua yang mencoba meningkatkan kemampuan kognitif mereka dengan berbagai macam cara. Namun sesungguhnya terdapat sebuah minuman ajaib yang bisa berdampak terhadap kemampuan kognitif anak.

Tanpa banyak disadari, air putih merupakan minuman ajaib yang mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak. Hal ini diketahui berdasar sebuah penelitian terbaru.

Dilansir dari New York Post, penelitian ini dilakukan oleh professor Charles Hillman dari Northeastern University dan Naiman Khan dan University of Illinois. Diketahui bahwa mengonsumsi air dan menjaga supan air bisa meningkatkan kemampuan anak untuk multitasking dan meningkatkan reaksi mereka. Penelitian ini telah dipublikasikan pada Journal of Nutrition.

“Anak dengan asupan air lebih besar bisa lebih baik dalam mengerjakan tugas yang membutuhkan fleksibilitas mental, multitasking, serta kinerja memori,” terang Hillman.

“Penelitian ini merupakan yang pertama menggunakan desain kelompok terkontrol acak untuk mempelajari hubungan dari hidrasi dan kognisi pada anak,” sambungnya.

Air Mungkin Mempengaruhi Proses Kognisi
Selama dua dekade, Hillman telah mempelajari bagaimana aktivitas fisik dan fitness bisa berdampak pada otak dan kognisi. Penelitian terbarunya ini dilakukan dengan menggandeng perusahaan air mineral untuk melihat bagaimana efek hidrasi pada otak.

Pada penelitian ini, peneliti melihat hasil tes dari 75 anak di Illinois antara usia 9 hingga 11. Kemampuan kognitif mereka ditunjukkan setelah mengonsumsi beragam jenis air.

Hasil dari penelitian ini, Hillman mengungkap bahwa terdapat korelasi antara berapa banyak air yang dikonsumsi dan seberapa cepat mereka berganti ke tugas lain. Penelitian sebelumnya telah menemukan hubungan antara dehidrasi dan fungsi kognitif yang buruk pada anak-anak.

“Anak-anak yang lebih baik mendapat hidrasi, cenderung memiliki kemampuan lebih baik dalam multitasking dan memiliki kecepatan reaksi lebih baik. Anak-anak yang konsumsi airnya meningkat, kemampuan multitaskingnya juga meningkat,” terang Khan.

“Hal ini menunjukkan pada kita bahwa manfaat air mungkin berguna proses kognitif yang berhubungan dengan multitasking,” tandasnya.

https://www.merdeka.com/sehat/air-putih-bisa-jadi-minuman-yang-paling-bermanfaat-bagi-perkembangan-otak-anak.html

Air merupakan kebutuhan pokok bagi semua makhluk hidup, dan sudah menjadi anggapan umum di mana kita menemukan air, maka di sana ada harapan akan kehidupan. Pada waktu bangsa Israel keluar dari Mesir, mereka pernah mengalami ketiadaan air di Horeb:

Maka pergilah Musa dan Harun dari umat itu ke pintu Kemah Pertemuan, lalu sujud. Kemudian tampaklah kemuliaan TUHAN kepada mereka. TUHAN berfirman kepada Musa: “Ambillah tongkatmu itu dan engkau dan Harun, kakakmu, harus menyuruh umat itu berkumpul; katakanlah di depan mata mereka kepada bukit batu itu supaya diberi airnya; demikianlah engkau mengeluarkan air dari bukit batu itu bagi mereka dan memberi minum umat itu serta ternaknya.” (Bil 20:6-8)

“sesudah itu Musa mengangkat tangannya lalu memukul bukit batu itu dengan tongkatnya dua kali maka keluarlah banyak air, sehingga umat itu dan ternak mereka dapat minum.” (Bil 20:11)

Batu yang dipukul itu adalah satu gambaran Kristus, dan melalui lambang ini diajarkan kebenaran-kebenaran rohani yang paling indah. Sebagaimana air yang memberi kehidupan itu mengalir dari dalam batu yang dipukul itu, demikian pula dari Kristus, “yang dipalu Allah,” “yang terluka bagi pelanggaran kita.” “yang dihancurkan karena kejahatan kita” (Yesaya 53:3, 4), mata air keselamatan itu telah mengalir bagi umat manusia yang telah sesat. Sebagaimana batu itu telah dipukul satu kali, demikian pula Kristus “satu kali dipersembahkan akan menanggung dosa orang banyak.” Ibrani 9:28.

Juruselamat kita tidak boleh dikorbankan untuk kedua kalinya; dan bagi mereka yang mencari berkat-berkat daripada anugerahNya dapat memperolehnya hanya dengan cara memintanya dalam nama Yesus, sambil mencurahkan keinginan hati dalam doa yang penuh pertobatan. Doa seperti itu akan membawa ke hadapan Tuhan alam semesta luka Yesus, dan kemudian akan mengalir dengan segarnya darah yang memberikan hidup itu, yang dilambangkan oleh mengalirnya air hidup bagi Israel.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here