Menilik-Kelapa-Muda Copy

[AkhirZaman.org] Saat panas terik di siang bolong, kelapa muda yang manis dan segar akan menjadi pilihan yang menyegarkan memuaskan dahaga. Ternyata selain menyegarkan, mengonsumsi air kelapa juga dapat memberikan manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Kandungan Nutrisi Berlimpah

Air kelapa selama ini hanya dikenal sebagai pelepas dahaga. Bahkan ada yang beranggapan, air kelapa hanyalah limbah dari buah kelapa. Padahal, dalam larutannya memiliki nilai gizi yang luar biasa, karena bukan hanya unsur makro berupa nitrogen dan karbon tetapi juga unsur mikro yang sangat dibutuhkan tubuh. Unsur nitrogen di dalamnya berupa protein yang tersusun dari asam amino, seperti alanin, sistin, arginin, alin, dan serin.

Bila dibandingkan asam amino yang terdapat di susu sapi, asam amino yang terkandung dalam air kelapa ternyata lebih tinggi. Sementara unsur karbon dapat dijumpai dalam bentuk karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lainnya. Begitu pula dengan unsur mikro dalam air kelapa berupa mineral yang dibutuhkan sebagai pengganti ion tubuh, sehingga tidak heran tubuh kita terasa kembali segar setelah minum air kelapa muda.

Air kelapa muda juga mengndung komponen fitokimia berupa tanin. Tanin bersifat antibakteri yang akan menghambat pertumbuhan bakteri. Mineral terbanyak adalah kalium dengan kandungan 730 mg per 100 gram air kelapa muda, yang cukup banyak magnesium, dan kalorida, sedangkan natrium jumlahnya sangat sedikit. Komposisi minuman dengan rasio kalium (potasium) terhadap natrium yang tinggi sangat menguntungkan bagi kesehatan.
Dalam studi lebih jauh, pada air kelapa juga mengandung beragam vitamin. Di antaranya vitamin C yang dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Tak heran jika air kelapa juga dimenfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional sekaligus kecantikan. Demikian pula vitamin B kompleks (biotin, asam pantotenat, asam folat, dan riboflafin).

“Selain mengandung elektrolit, kalsium, potasium, sodium, air kelapa juga mengandung vitamin C yang dibutuhkan selama kehamilan.”

Bagi Hipertensi dan Jantung

Meminum air kelapa, bukan hanya efek kesegaran yang didapatkan, namun memberikan banyak manfaat bagi kesembuhan. Belum lagi karena air kelapa mengandung elektrolit alami yang sangat baik untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang dan sangat diperlukan bagi kebugaran.
Dalam suatu studi terbaru disimpulkan bahwa air kelapa terdiri dari 94 persen air dan rendah kalori, ditambah dengan merupakan sumber vitamin B, potesium, enzim, dan asam amino serta memiliki efek antioksidan dalam tubuh. Bermanfaat juga bagi pasien yang memiliki tekanan darah tinggi yang bila rutin mengonsumsi air kelapa, maka tekanan darah dapat turun hingga 71 persen. Demikian pula, beberapa penelitian baru telah menemukan bahwa air kelapa dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), yang membuatnya menjadi obat alami menjaga kesehatan kardiovaskular.

Dapat diakui pula, dibandingkan dengan minuman isotonik atau energy drink, air kelapa lebih kaya kandungan kalium daripada sodium karena sodium harus dibatasi yang bisa menyebabkan hipertensi. Kalium dan potasium diketahui bermanfaat untuk kesehatan jantung. Karena itu, para ahli menyebutkan, minuman air kelapa murni tanpa gula bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Sehingga tidak heran, Organisasi Pangan Dunia (FAO) menyatakan air kelapa sebagai minuman energi alami tanpa perlu khawatir gula darah naik.

Antidotum

Air kelapa muda juga memiliki kandungan zat kimia yang menonjol berupa enzim yang mampu mengurai sifat racun, sehingga dapat bermanfaat sebagai antidotum (antiracun) yang tinggi. Beberapa ahli pengobatan menyarankan bagi penderita keracunan bakteri Clostridium botulinum, Clostridium perfringens, Staphylococcus, dan Bacillus cereus agar mengonsumsi sebutir air kelapa muda. Lalu setelah 4-5 jam minum air kelapa tersebut, penderita meminum obat urus-urus. Langkah selanjutnya, penderita mengonsumsi kembali air dari sebutir buah kelapa muda yang hijau.

Air kelapa juga mengandung asam laurat (lauric acid) sebagaimana yang ditemukan dalam ASI. Fungsi asam ini adalah antimikroba, antibakteri, serta antijamur. Air kelapa yang diminum secara teratur sangat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh untuk melawan berbagai virus dan penyakit. Dan atibakterial dan antimikroba dalam air buah nyiur itu membuatnya menjadi pelindung tubuh dari infeksi, khususnya yang lazim dihadapi sebagian besar perempuan. Minumlah air kelapa dua kali sehari jika Anda menderita infeksi itu.

Bagi ibu hamil, air kelapa dapat meredakan morning sickness dan mencegah muntah-muntah. Selain mengandung elektrolit, kalsium, potasium, sodium, air kelapa juga mengandung vitamin C yang dibutuhkan selama kehamilan.

Penelitian di Filipina menemukan bahwa minum air kelapa hingga tiga kali seminggu bisa mengurangi ukuran batu pada kasus kandung kemih atau ginjal dan dibutuhkan untuk operasi. Dan untuk itu sebelumnya disebut sebagai diuretik alami untuk mencegah infeksi saluran kandung kemih dan batu ginjal.

Antiaging dan transfusi

Air kelapa bisa membuat kulit menjadi halus dan tampak lebih muda. Ini karena air kelapa merupakan sumber sitokinin, sekelompok hormon pertumbuhan pada tanaman yang membantu pertumbuhan sel, perkembangan, serta memperlambat penuaan (antiaging).

Sitokinin bisa menyeimbangkan tingkat pH, memperkuat jaringan ikat dan hidrat, bahkan mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan usia. Itu karena sitokinin kaya kalium, antioksidan, dan asam laurat. Jadi untuk mengurangi jerawat, selulit, noda hitam, dan kulit kendur, oleskan saja dengan air kelapa.

Dalam sejarah praktik kesehatan di era tahun 40-an, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan bahan kimia air kelapa sangat mirip dengan plasma darah dan telah digunakan dengan cara diinfus untuk menyelamatkan nyawa di negara berkembang selama Perang Dunia II. Di Pasifik, cairan kelapa disedot langsung dari buah untuk transfusi darurat bagi tentara yang terluka. Demikian juga digunakan sebagai obaat dehidrasi di rumah yang berhubungan dengan penyakit seperti kolera dan gastroenteritis.

Walau demikian, untuk kasus-kasus yang parah perlu dicermati. Prof. Aloysa Hourigan, ahli gizi senior pada Nutrition Australia, setuju bahwa saline infus bisa diganti dengan air dan garam, tapi itu tidak memberikan cukup glukosa.

Khasiat dalam Kesegarannya

Air kelapa yang adalah saripati buah kelapa muda merupakan minuman bergizi dan menyegarkan dikonsumsi di seluruh dunia. Selain menyegarkan untuk dikonsumsi, juga memiliki segudang khasiat panasea. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bahwa air kelapa makin segar semakin baik. Karena setelah terkena udara dan suhu hangat akan berfermentasi dengan cepat dan kehilangan nilai gizi.

“Air kelapa dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), yang membuatnya menjadi obat alami menjaga kesehatan kardiovaskular.”

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here