otak
Lobus Frontal

[AkhirZaman.org] Hai, Adik-adik.. Kakak mau tanya nih, kalian tahu gak apa yang ada di balik dahi kalian? Di balik dahi manusia ada bagian otak namanya Lobus Frontal, ini loh yang membuat kita berbeda dari ciptaan Tuhan lainnya. Di atas adalah contoh gambar dari Lobus Frontal.

Fungsi utama dari bagian otak ini adalah supaya kita bisa:

1) Mempertimbangkan sesuatu, contohnya mau pilih pergi ke sekolah atau gak yah, lalu kalian mulai berpikir baik buruknya; dan fungsi selanjutnya,

2) Membuat keputusan, contohnya dari dua pilihan ke sekolah atau tidak, kalian akhirnya memilih ke sekolah karena itu yang terbaik yang harus dipilih. Nah, kayak gitu lah kerja dalam otak bagian lobus frontal kita.

Hal yang pasti adalah Tuhan mau kita mengatakan Ya untuk hal yang baik dan katakan tidak untuk hal yang jahat. Kakak kasih kalian contoh yang lain, mana yang kalian mau pilih berolahraga di alam dan menghirup udara segar atau merokok dan menghirup asap rokok beracun? Tentunya pilihan yang benar dan baik adalah kita memilih untuk berolahraga di alam sambil menghirup udara segar.

Tuhan mau agar kita terus melatih otak lobus depan ini untuk memilih yang benar, setiap saat.

Sekarang coba kalian bayangkan kalau otak kita itu rusak, kita tidak akan bisa berpikir dengan baik lagi dan gak bisa membuat keputusan/pilihan yang tepat. Hal-hal yang bisa membuat otak lobus depan kita ini rusak adalah:

  1. Kecelakaan sampai otak kita rusak
  2. Kebanyakan main gadget
  3. Zat makanan yang merusak seperti dalam keju, cokelat dan gula berlebihan
  4. Kurang berolahraga
  5. Malas belajar

Jadi, kakak mau ajak adik-adik untuk menghindari 5 hal yang diatas, supaya otaknya tetap bisa berfungsi dengan baik. Kalau kita latih pikiran kita untuk hal yang baik dan benar, pasti kita akan memiliki kehidupan yang lebih sehat dan bahagia.

Hari ini, mari kita sama-sama membuat pilihan yang benar sama seperti yang dilakukan Yosua dan keluarganya:

 “…pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN.”

Tuhan mengasihimu.

-DRK

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here