neraka

[AkhirZaman.org] Seorang wartawan terkenal Italia menulis bahwa Paus Fransiskus mengatakan ‘neraka itu tidak ada,’ namun Vatikan mengatakan Paus tak pernah mengatakan hal itu.

Kutipan yang dipermasalahkan itu muncul di sebuah artikel di harian Italia La Repubblica. Namun Vatikan mengatakan ‘tidak ada kutipan apa pun dalam artikel itu, yang merupakan transkripsi yang dapat dipercaya’ dari kata-kata Paus.

Vatikan mengatakan artikel itu berdasarkan pada pertemuan pribadi yang dilakukan Paus dengan pendiri harian La Repubblica, Eugenio Scalfari, dan bukan wawancara.

Doktrin Gereja Katolik meyakini keberadaan neraka dan kekekalannya. Katekismus Katolik menyebut, jiwa-jiwa yang berdosa layak masuk neraka, dan mereka akan menderita di dalam ‘api abadi.’

Betapa pun, Kardinal Vincent Nichols, pastor Katolik senior di Inggris dan Wales, mengatakan “tidak ada dalam ajaran Katolik yang benar-benar menyebutkan orang masuk neraka”.

Dia mengatakan pada BBC bahwa Paus tampak berupaya mengeksplorasi “gambaran neraka:api dan belerang dan semua itu”.

“Itu tak pernah menjadi bagian dari ajaran Katolik. Hal itu menjadi bagian dari ikonografi Katolik, bagian dari ikonografi Kristen,” jelas dia.

Menurut artikel Scalfari yang diterbitkan pada Kamis lalu, dia bertanya pada Paus ke mana ‘jiwa yang jahat’ akan pergi dan di mana mereka akan dihukum. Wartawan tersebut mengakui dirinya seorang ateis.

“Jiwa tidak dihukum,” kata Paus menurut tulisan Repubblica.

“Mereka yang bertobat mendapatkan pengampunan Tuhan dan pergi bersama orang-orang yang mendoakannya. Namun mereka yang tidak bertobat dan tidak dimaafkan akan hilang. Tidak ada neraka -jiwa-jiwa yang berdosa lenyap.”

Vatikan mengatakan itu bukan wawancara, namun pertemuan pribadi dalam rangka Paskah, dan artikel Scalfari merupakan ‘hasil dari rekonstruksi’ wartawan itu sendiri.

http://www.bbc.com/indonesia/dunia-43609552

Doktrin mengenai Neraka ada dalam ajaran pada beberapa agama di dunia ini, namun tidak semua agama mengakui ajaran doktrin mengenai neraka sebab mereka takut kepada kematian.

Dalam ajaran Kristen dengan sekte yang ratusan ini mengakui kehidupan yang jahat, buruk akan mendapatkan upah perbuatan mereka di neraka jahanam. Sebaliknya mereka yang memiliki kehidupan yang baik akan disucikan oleh Tuhan Sipencipta langit dan bumi ini untuk mendapatkan kehidupan yang kekal tanpa melalui api penyucian.

Sebenarnya Tuhan tidak menghendaki kematian seorangpun di neraka kelak, lalu untuk siapakah neraka itu? Bagi Iblis dan malaikat-malaikat iblis.
*

“Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya.

“Katakanlah kepada mereka: Demi Aku yang hidup, demikianlah firman Tuhan ALLAH, Aku tidak berkenan kepada kematian orang fasik, melainkan Aku berkenan kepada pertobatan orang fasik itu dari kelakuannya supaya ia hidup. Bertobatlah, bertobatlah dari hidupmu yang jahat itu! Mengapakah kamu akan mati, hai kaum Israel?”

Matius 25:41 ; Yehezkiel 33:11.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here