susah makan

[AkhirZaman.org] Anda mungkin kecewa saat anak tidak mau makan, tetapi faktanya anak-anak memang rewel soal makanan dan itu penyebab utama keprihatinan para ibu. Tidak peduli seberapa keras usaha yang telah dicoba, tetapi anak-anak hanya menolak untuk makan.

Saat anak menolak makan, seorang ibu sering mencoba membujuk mereka untuk makan dengan cara yang berbeda, sebagian ada yang mengancam, memarahi dan bahkan melarang mereka bermain atau menolak memberi hadiah.

Tapi anak-anak tetap bersikeras pada pendiriannya dan bisa memberi orang tua pilihan yang sulit. Alih-alih marah dan frustrasi, kaum ibu perlu mengerti mengapa anak-anak bersikap seperti itu? Ada banyak alasan untuk anak tidak makan. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dari adalah, adakah kesenjangan yang cukup antara waktu makan anak Anda? Apakah makanan disiapkan sesuai dengan selera anak? Apakah anak Anda terbiasa ngemil sebelum makan?

Apakah anak Anda aktif dan energik dan cukup berolahraga fisik? Jika jawabannya tidak, mungkin Anda perlu memperbaikinya.

Masalah ini pun membuat orang tua menjadi khawatir dengan jumlah nutrisi yang harus mereka dapatkan agar bisa tumbuh dengan baik dan hal lain yang terkait dengan nutrisi yang tidak tepat.

Nah, untuk itu, pastikan waktu makan anak dijadwalkan dengan benar dan setidaknya harus memiliki jarak antara 3-4 jam antara setiap makanan. Pastikan juga bahwa makanan yang disiapkan sangat menarik untuk selera selera anak Anda.

Anda harus benar-benar menghindari pemberian makanan ringan setidaknya setengah jam sebelum makan karena ini membunuh nafsu makan. Jika anak tidak energik atau aktif, dia mungkin tidak merasa lapar saat makan.

Jika anak susah makan/menolak untuk makan, bahkan setelah mempertimbangkan poin di atas, mungkin ada beberapa alasan dibaliknya. Penting bagi ibu untuk mencatat hal-hal ini dan memahami alasan sebenarnya dari anak yang tidak makan, alih-alih memaksa mereka memberi makan mereka. Nah, seperti dilansir Boldsky, ada beberapa alasan anak menolak untuk makan.

1. Rasa sensitif anak
Beberapa anak terlahir dengan lebih banyak citarasa pada permukaan lidah mereka. Hal ini membuat anak sangat peka terhadap rasa dan akan menolak untuk makan makanan yang rasanya tidak enak.

2 Anak merasa terganggu
Sudah menjadi kebiasaan umum bahwa anak-anak makan saat menonton TV atau video. Ini merusak selera makan mereka dan mengganggu pikiran mereka untuk mencegah makan yang penuh perhatian.

3. Terlalu banyak pilihan
Jika Anda memberi anak beragam makanan dan terlalu banyak pilihan, sekarang saatnya untuk mengurangi. Anak-anak menjadi bingung dan menolak makanan bersama dalam kasus seperti itu. Beri mereka pilihan untuk karbohidrat (nasi atau roti) dan mereka ingin makan bersama dengan sayuran yang telah disiapkan.

4. Masalah kesehatan atau penyakit
Jika anak baru saja pulih dari sakit, mereka mungkin merasa makanan itu hambar. Dalam kasus seperti itu, penting untuk memberi anak waktu pulih sepenuhnya dan mencicipi makanan secara normal lagi. Memaksa mereka untuk makan akan memiliki dampak negatif pada mereka.

5. Tidak menyukai tekstur tertentu
Hal-hal kecil sangat penting bagi anak-anak. Ada banyak anak yang sangat rewel ketika sampai pada tekstur yang membuat mereka menolak makan berhari-hari dan Andda berusaha keras untuk menemukan alasan di balik itu.

Jika anak menyukai nasi agak lembut, pastikan untuk menyiapkannya persis seperti itu. Jika mereka suka chapatis lembut dan tipis dengan ghee, berikan upaya ekstra untuk membuatnya seperti itu. Bila Anda menghargai pilihan mereka, mereka tidak akan mengecewakan Anda.

6. Alergi makanan
Alergi makanan tertentu dapat mencegah anak-anaknya untuk makan beberapa jenis makanan tertentu. Anak Anda mungkin memiliki alergi tanpa Anda sadari. Jika anak Anda secara konsisten menolak jenis makanan, cobalah untuk mencari tahu apakah dia sedang mengembangkan masalah setelah memakainya atau berbicara dengan mereka mengapa mereka menolak untuk makan.

7. Lingkungan
Apakah Anda memberikan makanan terpisah untuk anak, sementara anggota keluarga memiliki makanan lain? Kemungkinannya anak telah muak dengan “makanan bayi” yang Anda berikan. Cobalah untuk memasukkan anak dengan makanan yang sama. Jika anggota keluarga makan makanan pedas, cobalah untuk membuat bagian makanan khas anak yang terpisah dan kurang pedas untuk dikonsumsi. Ini bisa membuat anak mencoba makan.

*(Ezr_th)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here